Penyebab Kerusakan dan Solusi Memperbaiki Kompresor AC Mobil
 

Kompresor AC Mobil

Penyebab Kerusakan dan Solusi Memperbaiki Kompresor AC Mobil

Berikut ini adalah semua seluk-beluk kompresor AC mobil dan kerusakan yang umum dialami beserta solusi untuk masalah kompresor ac mobil anda.

Taukah anda bahwa indonesia adalah pengimport kompresor mobil TERBESAR di asia, dan importir kompresor terbesar ke 3 di DUNIA.

Hebat bukan? Indonesia adalah negara berkembang dimana otomotif adalah bagian dari sehari-hari. Mungkin karena cuaca rata – rata di indonesia yang tergolong panas maka AC mobil merupakan kebutuhan POKOK semua pengguna mobil.

Coba bayangkan, sering kali ketika ac mobil tidak dingin yang di rekomendasikan oleh bengkel untuk diganti adalah Kompresor AC nya. Kenapa? Bisa jadi karena harganya yang mahal dan pengerjaan nya yang relatif mudah. Bisa juga karena teknisi yang kurang mengerti teori sistem ac mobil sehingga berpikir bahwa part yang paling penting saja yang harus diganti. Tentusaja anda sebagai konsumen tidak mau hal ini terjadi. Maka dari itu kami Dokter Mobil akan menjelaskan tipe – tipe kompresor ac mobil dan tanda – tanda jika kompresor ac sudah tidak dapat digunakan lagi, sehingga anda dapat mendapatkan diagnosis yang tepat sebelum mengambil keputusan untuk mengganti part ac yang paling mahal.

Tipe- tipe kompresor AC mobil ada berbagai macam:

  1. Tipe PISTON

Tipe ini adalah yang paling sering digunakan dan paling tahan lama. Tipe piston memiliki swash plate yang digunakan untuk menggerakkan piston – piston tersebut untuk menghasilkan tekanan dan kompresi sehingga sistem ac mobil dapat berfungsi maksimal. Tipe ini membutuhkan oli kompresor AC mobil untuk melumasi bagian-bagian besi yang bergesekan layaknya mesin mobil.

Isi Dalam Kompresor AC Mobil
           Isi Dalam Kompresor AC Mobil
  1. Tipe Scroll atau keong

Kompresor tipe ini menggunakan putaran dan plat yang berbentuk keong untuk mendorong dan memberikan tekanan pada freon yang ada, tipe ini cukup tahan banting karena tidak banyak part besi yang bergesekan antara satu dengan lainnya, tapi jika oli kompresor berkurang, maka kompresor akan panas dan akan membakar part yang lainnya seperti magnet clutch nya.

Magnet clutch kompresor ac mobil
         Magnet clutch kompresor ac mobil
  1. Tipe wobble plate

Tipe kompressor ac ini hampir mirip dengan tipe piston. Tapi tipe ini memiliki wobble plate yang lebih besar dan dominan yang digunakan untuk memompa freon yang ada, tipe ini lebih mudah rusak dibandingkan dengan tipe piston.

Kompresor AC Mobil tipe Wobble
           Kompresor AC Mobil tipe Wobble
  1. Tipe Pisau atau Blade

Tipe ini adalah yang paling sering bermasalah, jika oli kompresor AC mobil berkurang maka pisau yang menempel di dinding kompresor akan lecet dan rusak. Ketika lecet kompresor ini akan mengeluarkan bunyi mengorok dan tekanan freon akan jauh berkurang sehingga ac tidak dingin.

kompresor ac mobil
                          kompresor ac mobil

Jenis kompresor tiap tipe mobil memang berbeda. Tetapi semua jenis kompresor ac membutuhkan rasio atau perbandingan OLI dan Freon yang presisi untuk mengasilkan kinerja kompresor ac yang sempurna. Karena jika oli kompresor terlalu sedikit atau sudah jelek maka daya lumasnya pun tidak akan bisa sempurna. Ini akan menyebabkan lecet atau keausan pada part kompresor ac mobil.

Ketika pary kompresor ac yang bergerak ini lecet, maka akan menimbulkan dua hal, yang pertama adalah tekanan freon yang tidak standar sehingga freon tidak mencapai titik panas yang optimal, hal ini akan mempengaruhi berkurangnya penguapan freon dalam sistem sehingga dingin yang dikeluarkan tidak maksimal.

Hal yang kedua adalah gram – gram besi hasil gesekan dari part yang aus akan didorong ke kondensor dan drier menyebabkan penyumbatan yang pada akhirnya akan memperparah kondisi kompresor yang ada, bahkan jika terlalu parah kompresor yang baru diganti juga akan rusak karena penyumbatan. Maka dari itu dalam beberapa kasus yang terlalu parah kami menyarankan untuk penggantian kondensor dan drier juga. Seperti yang dijelaskan di video dibawah ini: 


Jika Tidak Merawat Kompresor AC

Karena kecilnya lubang saluran freon di kondensor akan sangat sulit sekali untuk dibersihkan. jadi kemungkinan untuk bersih tuntas sangat kecil sekali. Pengelasan ketika bocor yang berfungsi untuk menambal juga berfungsi untuk menyumbat, karena lubang yang sangat kecil ketika bocor banyak bengkel yang menyarankan untuk diLAS saja atau di tambal, hal ini MUNGKIN bisa menambal yang bocor tetapi juga akan menutup lubang tersebut, hasilnya tekanan sistem yang tidak normal alias terlalu tinggi, coba saja dibayangkan yang tadinya ada misalnya 10 jalur untuk dilalui freon sekarang hanya tinggal 9 jalur, pilihannya adalah jumlah freon yang sama untuk dingin maksimal tetapi akan membebani kompresor AC mobil lebih banyak, atau jumlah freon yang dikurangi sehingga tekanan sesuai standar namun dinginya berkurang karena jumlah freon tidak cukup. Jadi sangat tidak disarankan untuk mengelas atau menambal kebocoran di kondensor atau evaporator.

Oli Kompresor AC mobil juga ada beberapa macam namun untuk di indonesia paling banyak ada tiga tipe:

  1. Viskositas < 50

Tipe ini paling banyak dipakai untuk mobil :

Toyota / Daihatsu / Lexus :

  1. Ayla / agya
  2. Avanza / Xenia
  3. Calya / sigra
  4. Rush / terios
  5. Innova / kijang
  6. Fortuner / hilux
  7. Harrier
  8. Camry
  9. Vios
  10. Yaris
  11. Altis
  12. Alphard
  13. Coopen
  14. Land cruiser
  15. Sienta
  16. Corola
  17. Mark x
  18. CHR

Semua tipe Mercedes Benz , BMW , AUDI , Volkswagen , Isuzu , Mitsubishi, HONDA

  1. Viskositas < 110

Nissan :

  1. Livina
  2. Elvira
  3. Evalia
  4. Juke
  5. Xtrail

Chevrolet

  1. Captiva
  2. Aveo
  3. Viskositas > 110

Chevrolet colorado, dan beberapa tipe FORD

Dimana jika viskositas yang tidak sesuai dimasukkan ke dalam sistem ac, maka komressor akan bekerja lebih berat atau tidak terlumasi dengan baik. Menghasilkan umur kompresor yang lebih pendek dan mudah rusak. Maka dari itu jika bengkel ac anda menganggap oli kompresor ac hanyalah sekedar pelumas maka bisa dipastikan bahwa bengkel itu tidak bisa mengerjakan ac mobil anda secara presisi. Bahkan tidak mungkin akan rusak lebih banyak daripada sebelumnya. Tentu saja anda tidak mau bukan?


Proses Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Tipe oli yang berbeda juga sudah PASTI akan merusak kompresor ac mobilnya, coba saja anda bayangkan jika mesin mobil anda di isi dengan minyak goreng, sama – sama licin tetapi memiliki fungsi yang berbeda. Pastinya akan ada kerusakan yang parah setelah pemakaian.

Jenis freon yang di isi juga mempengaruhi kinerja kompresor ac mobil, diatas tahun 1995 pabrik mobil sepakat untuk menggunakan freon baru R134a yang lebih ramah lingkungan dibanding freon yang sebelumnya R12 dan R22. Dimana memang freon R134a tidak sedingin freon yang sebelumnya. Tapi freon R134a tidak berbahaya jika dihirup manusia, sedangkan freon R12 beracun jika dihirup. Ini sangat membahayakan orand dewasa dan anak – anak yang berada di dalam mobil.

Freon model tua lebih accidic atau asam dibanding R134a maka dari itu, banyak bengkel tradisional yang tidak mengetahui hal ini dan mencampurnya guna mendapat dingin yang maksimal, padahal jenid freon yang salah akan menyebabkan korosi parah pada sistem ac mobil. Dokter Mobil memiliki alat untuk melakukan pengecekan terhadap jenis freon yang ada di mobil anda, sehingga kita dapat MENJAMIN freon yang di isi sesuai dengan mobil anda.

Tipe tabung freon yang dipakai juga penting, Kenapa? Di indonesia ada 2 tipe tabung freon yang beredar yaitu tabung besar 13kg dan tabung kecil 350gram,

Dimana tabung besar berisi freon R134a MURNI tanpa campuran Oli ataupun gas lainnya, freon jenis ini yang dokter mobil pakai sehingga kita dapat menjamin ketepatan pengisian Oli Kompresor mobilnya, sehingga dinginnya pun maksimal.

Tabung Freon AC mobil ukuran besar
      Tabung Freon AC mobil ukuran besar

Tabung freon yang kecil mengandung OLI kompresor didalamnya sehingga ketika di isi rasio perbandingan freon dan oli langsung berubah seketika. Maka dari itu kami tidak suka menggunakan freon tabung kecil.

tabung freon ukuran kecil
       tabung freon ukuran kecil

Kebocoran pada sistem AC mobil juga dapat menggangu kerja kompresor, apalagi dimana kompresor sudah di isi freon beberapa kali, kenapa? Freon di sistem ac mobil mengandung Oli kompresor, dimana jika freon itu bocor maka oli kompresor akan berkurang juga. Jika ini dilakukan terus menerus, maka kompresor akan bekerja dengan oli yang lebih sedikit yang menyebabkan lecet atau ausnya part yang ada.

Untuk mengetahui apakah kompresor ac mobil anda masih bisa di pakai atau tidak, yang paling pertama di cek adalah tekanan kompresornya, jika tekanan itu masih di batas normal dengan freon yang cukup, maka seharusnya kompresor ac mobil masih bisa dipakai. Intinya selama mobilnya masih bisa dingin jika ditambah freon, maka kompresornya masih bekerja dengan baik, untuk lebih detail anda bisa menghubungi customer service dokter mobil pada saat pengecekan GRATIS mobil anda dan tanyakan tentang DOMO TOUR, dimana Customer service kami akan menjelaskan kriteria kompresor rusak secara detail.

Banyak dari customer kami yang mengeluhkan bahwa ac mobilnya hanya dingin apabila di Gas atau sedang berjalan. Untuk mengecek hal ini kami harus memastikan bahwa sistem pendingin mobil anda bekerja dengan baik. Sehingga problem dapat kami isolasi ke kompresor ac nya saja. Nah jika salah satu tekanan Low terlalu tinggi, dan hanya turun ketika di gas. Maka kami dapat pastikan 100% bahwa kompresor itu sudah lecet dan tidak dapat melakukan tugasnya secara maksimal, hal ini dikarenakan lecetnya kompresor tidak dapat memberikan tekanan yang optimal saat mesin IDLE alias lang sam, dan harus di naikkan RPM nya sebelum tekanan ideal dapat di capai.

Kompresor AC Mobil jebol total biasanya indikasinya magnet clutch yang terbakar merah, karena magnetnya masih bekerja ketika kompresor ac nya nyangkut, sehingga besi bergesek dengan pulley kompresor dan menghasilkan panas yang kemudian membakar magnet nya, indikasi yang paling utama adalah oli kompresor AC mobil yang bercampur gram besi sehingga warnanya berubah menjadi HITAM.

Masalah kompresor AC mobil yang mengorok atau mengeluarkan bunyi dengan nada rendah, biasanya part besi yang berada di dalam kompresor sudah bergesekan dan mengeluarkan bunyi, ini memiliki 30% kemungkinan untuk diselamatkan dengan mengganti oli kompresornya saja, tetapi syarat utamanya adalah tekanan freon masih bagus. Biasanya sudah tidak dapat diselamatkan karena sudah terlanjur lecet dan aus, Tapi Dokter Mobil mau Mencoba untuk menyelamatkan dulu kompresornya sebelum betul –  betul menvonis untuk melakukan penggantian part.


Isi dalam Kompresor AC Mobil

Bunyi mendecit dan ketukan besi biasanya indikasi bahwa kompresor AC mobil sudah tidak dapat digunakan atau diselamatkan. Karena biasanya ada bearing yang pecah atau valve yang putus.

Sekian dulu penjelasan kompresor AC mobil dari kami, untuk penjelasan lebih lanjut silahkan datang langsung dan melakukan pengecekan GRATIS di Dokter Mobil terdekat, dan jangan lupa tanyakan tentang DOMO TOUR supaya anda dapat lebih jelas melihat kondisi mobil kesayangan anda.

Jika anda memiliki pertanyaan mengenai Kompresor AC Mobil, silahkan hubungi kami di DOKTER MOBIL