Kumpulan Fakta Tentang Mobil Anda | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Kumpulan Fakta Tentang Mobil Anda

fakta-mobil-anda

fakta-mobil-anda

Inilah kumpulan fakta tentang mobil Anda dimana penggunaan AC mobil akan sangat berdampak pada awetnya pendingin kabin tersebut. Jika tidak berlebihan dengan perawatan yang teratur tentunya akan membawa AC mobil Anda dalam kondisi prima dalam cuaca apapun Anda berkendara. Simak sejumlah fakta tentang AC mobil di bawah ini.

  • Freon AC mobil tidak sama dengan bensin untuk mesin.Jika bensin semakin sering Anda sgunakan akan membuat bensin lebih cepat habis, sementara freon pada AC mobil berbeda.Apabila tidak ada kebocoran maka seberapa sering ataupun seberapa kencang blower yang Anda gunakan freon itu tidak akan pernah habis. Pada saat Anda aturkecepatan blower yang lebih tinggi hanya berpengaruh dengan kecepatannya, tidak ada hubunganya dengan freon.
  • Anda mungkin pernah mendengar mitos bahwa kompresor AC mobil akan rusak apabila di hidupkan pada saat putaran mesin tinggi, namunnyatanya rata-rata tenaga berkendara jalan di jalan tol sekitar 3000rpm dan masih bisa dalam kategori putaran normal. Pada AC mobil alat termostart tetap akan mematikan kompresor dan secara otomatis setelah beberapa saat.
  • Pipa AC mobil yang terlalu banyak dibungkus oleh isolator akan menghambat panas terbuang. Dari seluruh mobil yang di produksi bawaan pabrik, tidak ada yang membungkus isolator pada keseluruhan pipa ac mobilnya. Sebenarnya tujuan isolator hanya untuk melindungi pipa agar tidak terjadi gesekan yang dekat bodi agar tidak bocor, namun banyak yang salah mengartikannya supaya AC mobil lebih dingin.
  • Seperti halnya AC rumah saja Anda perlu service rutin kurang lebih 3-6 bulan sekali.Terlebih lagi mobil yang setiap hari Anda gunakan di jalanan yang penuh polusi. Semakin sering Anda menggunakan AC mobil, pasti akan kotor dari debu yang terhisap dari blower. Perlu dilakukan servis rutin untuk pembersihan dan pengecekan komponen agar meminimalkan kerusakan yang besar.
  • Cara kerja freon sebenarnya hanya bersirkulasi, jika tidak ada kebocoran maka tidak akan pernah bisa habis. Jika terjadi kebocoran dalam sistem, meskipun dipakai atau tidak maka freon tetap akan habis. Maka dari itu, kebutuhan penggantian freon perlu Anda cermati terlebih dahulu.
  • Masing-masing tipe mobil memiliki jenis AC tersendiri, beberapa sama namun lebih banyak yang berbeda. Jika memang hendak membersihkan sendiri bagian terluar AC sebaiknya selalu gunakan buku panduan kendaraan agar tidak justru merusak hingga bagian dalam.

Percayakan instalasi AC mobil kepada mekanik yang lebih berpengalaman. Semoga sedikit fakta di atas dapat membantu Anda lebih memahami komponen AC.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author