Manfaat Tune Up Mobil ke Bengkel Secara Rutin | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil

Manfaat Tune Up Mobil ke Bengkel Secara Rutin

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Banyak sekali manfaat tune up mobil ke bengkel secara rutin sehingga kendaraan bermotor tetap terjaga stabilitas performanya. Mempunyai kendaraan bermotor terutama mobil memang harus mau meluangkan waktu untuk merawatnya. Jika selama ini Anda hanya tahu bahwa servis kendaraan hanya mengganti oli, ternyata tidak sesederhana itu. Salah satu perawatan berkala yang perlu dilakukan adalah tune up mobil.

Secara sederhananya, Tune Up merupakan servis ringan pada mesin kendaraan bermotor Anda agar performanya tetap bagus dan tidak menurun. Hal ini perlu dilakukan karena semakin lama kendaraan dipakai dan usianya bertambah tentu kondisinya akan menjadi berbeda dengan yang masih baru. Melakukan tune up membantu menjaga stabilitas performa mobil agar tetap maksimal.

Tune up mobil sendiri harus dilakukan secara rutin agar kendaraan bermotor tetap terjaga stabilitas performanya. Tidak heran jika setiap hari bengkel kendaraan pasti penuh, karena banyak yang tidak ingin melewatkan jadwal tune up. Jika mobil dibiarkan tanpa pemeliharaan rutin, bisa dipastikan kondisi mobil tidak akan prima dan bertahan lama. Pemeliharaan rutin yang umum dilakukan adalah tune up, biasanya enam bulan sampai setahun sekali.

Langkah Tune Up Mobil

Dimulai dari pemeriksaan mendalam ke busi, celah katup, karburator, kabel tegangan tinggi, baterai, distributor hingga ke tali kipas, sistem pendingin, saringan udara dan penyetelan campuran dan putaran idle. Perlakuan tersebut dilakukan dengan urutan pengerjaan dan penyetelan yang aturannya telah dikeluarkan oleh pabrik keluaran mobil kesayangan Anda.

Umumnya, sebelum tune up mobil milik Anda, mekanik akan memanaskan mesin untuk mencari tahu apakah ada permasalahan penting di kendaraan seperti mesin pincang, suara tidak normal dan masih banyak lagi.

Bengkel Tune Up Mobil

Meskipun selama ini banyak yang mencoba untuk tune up sendiri di rumah, dan tampaknya mudah, namun tidak seperti yang dibayangkan. Dalam melakukan pemeriksaan, pengukuran dan pencocokan dengan standar pabrik diperlukan pengetahuan dan ilmu khusus. Belum lagi perbaikan dan penggantian komponen yang jika tidak pas, kendaraan kesayangan malah bisa jadi rusak.

Daripada mempertaruhkan kondisi kendaraan bermotor Anda tapi malas mengantri lama di bengkel, lebih baik panggil mekanik saja untuk servis di rumah Anda. Selain praktis, juga hemat waktu dan tentunya terpercaya. Anda bisa melakukan aktivitas lain sembari menunggu kendaraan di tune up rutin. Jika memang tidak bisa memanggil mekanik ke rumah, kontak bengkel kepercayaan Anda untuk meninggalkan mobil sementara, langkah tune up juga tidak memakan waktu sangat lama.

Berikan perhatian yang lebih untuk kendaraan Anda supaya keawetannya semakin terjaga. Apalagi jika Anda sering mengendarainya ke lokasi yang jauh.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , ,

About Author