fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil

Cara Mengatasi Mobil Ndut Ndutan dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengatasi Mobil Ndut Ndutan dengan Cepat dan Mudah

Anda wajib mengatasi mobil ndut ndutan dengan segera. Sebelum kerusakan semakin luas. Dan menyebabkan biaya perbaikan membengkak. Tidak perlu takut, karena solusi perbaikannya ternyata cukup sederhana.

Namun sebelum menemukan solusi perbaikan, sangat penting untuk terlebih dahulu mengetahui penyebab munculnya masalah ini. Dengan demikian, anda dapat lebih mudah untuk menemukan:

  • Solusi terbaik dan efektif untuk menyelesaikan masalah ini
  • Estimasi biaya yang diperlukan
  • Dan cara mencegah kembali munculnya masalah ini.

Penyebab Mobil Ndut-Ndutan

Pada dasarnya, ada 4 hal yang kerap menjadi sumber masalah, di antaranya adalah:

  1. Masalah di Saluran Bahan Bakar

    Biasanya terjadi di mana filter bahan bakar kotor dan mampet. Akibatnya, pasokan bensin menjadi tidak lancar. Dan terjadi kondisi di mana ketika ruang pembakaran membutuhkan lebih banyak bahan bakar, asupan bahan bakar tidak sesuai. Akibatnya tenaga mesin menjadi drop. Hal tersebutlah yang menimbulkan mobil terasa endut-endutan.

    Selain filter bahan bakar, pompa bahan bakarpun bisa bermasalah. Pompa bahan bakar yang bermasalah menyebabkan asupan bahan bakar tidak lancara. Akibatnya, bahan bakar tidak cukup untuk diolah oleh ruang pembakaran. Ketika mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar, bahan bakarnya kurang dan mesinpun drop.

  2. Kondisi Sistem Pembakaran

    Selain ruang bahan bakar, sistem pembakaranpun harus diperhatikan. Bisa saja ada masalah di mana busi ataupun kabel busi tidak layak fungsi. Akibatnya, performa mesin mobil selalu gagal ketika hendak naik. Dan inilah yang menyebabkan terjadinya masalah brebet (ndut-ndutan).

    Ada beberapa solusi dan cara mengatasi mobil ndut ndutan akibat busi/kabel busi bermasalah. Cara terbaik adalah dengan mengganti semua busi, atau memasang kabel busi baru.

  3. Kondisi Mesin Mobil Tidak Prima

    Mobil ndut ndutan adalah sesuatu yang terjadi karena pengaruh kondisi mesin mobil. Saat performa mesin sedang tidak baik, masalah inipun dapat muncul. Adapun beberapa masalah mesin yang menyebabkan ndut ndutan adalah mesin overheating, terlalu banyak kotoran di dalam mesin, ataupun oli yang sudah tak layak pakai.

    Untuk masalah ini solusinya bisa dari yang sederhana, sampai pada tingkat butuh perbaikan di tingkat lebih lanjut seperti overhaul ataupun turun mesin.

Nah itulah beberapa penyebab masalah ndut ndutan ini. Lantas apa solusinya? Dan bagaimana cara kita mencegah kembalinya masalah ini?

Mengatasi Mobil Ndut Ndutan

Masalah ndut-ndutan ini harus diatasi dengan segera. Sebelum kerusakan semakin meluas dan menyebabkan kerusakan semakin parah. Nah, ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan, di antaranya adalah:

  1. Lakukan Tune UP

    Dengan melakukan tune up, performa mobil dapat dikembalikan seperti baru kembali. Dengan demikian, mesin dapat bekerja secara normal dan tanpa adanya masalah ndut-ndutan ini.

    Nah, untuk masalah ndut-ndutan, sebaiknya tidak hanya melakukan tune up mesin, namun juga pada saluran pembakaran, saluran bahan bakar, dan melakukan penggantian oli dengan oli yang lebih cocok dengan jenis mobil anda.

  2. Ganti Bahan Bakar Mobil

    Salah satu penyebab ndut-ndutan adalah adanya kotoran sisa bahan bakar di saluran bensin yang menyumbat filter bensin. Kotoran ini biasanya berasal dari bahan bakar beroktan rendah. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan yang lebih tinggi. Hal ini untuk memastikan pembakaran bakar lebih sempurna.

  3. Gunakan Volt Stabilizer

    Penggunaan volt stabilizer pada mobil dapat memastikan kelistrikan mobil dapat berjalan lancar dan sempurna. Dengan demikian, tenaga mobil dapat maksimal dan mengurangi resiko terjadinya penurunan performa secara tiba-tiba dan berulang-ulang (ndut ndutan).

    Ada 2 jenis volt stabilizer terbaik di Indonesia, yaitu R-Project dan Js ONE. Anda bisa memesan salah satu dari kedua volt stabilizer itu melalui WA di nomor: 0813-1445-5239.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi mobil ndut ndutan yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan menyelesaikan masalah anda. Terimakasih dan senang rasanya kami dapat membantu anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *