Menjaga Kondisi Thermostat AC Mobil Anda | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Menjaga Kondisi Thermostat AC Mobil Anda

thermostat-ac-mobil

thermostat-ac-mobil

Bagaimana cara menjaga kondisi thermostat AC mobil Anda karena komponen ini sangat vital di dalam sistem pendinginan mesin. Komponen ini adalah berupa katup yang terbuat dari dua buah jenis logam berbeda yang mana jika dilalui oleh suhu diatas suhu kerja maka katup ini akan membuka, dan menutup kembali ketika suhu sudah kembali dingin atau kembali ke suhu kerja.

Hampir semua mobil dilengkapi dengan komponen mungil ini untuk menjaga suhu kerja mesin tetap optimal, sebab jika suhu mesin tidak dalam lingkaran suhu kerja yang derajat suhunya antara 85 hingga 90 derajat celcius akan membuat kinerja mesin itu sendiri menjadi tidak bagus.

Fungsi thermostat pada mesin mobil

Berdasarkan uraian singkat diatas maka bisa disimpulkan bahwa fungsi dari thermostat adalah sebagai katup buka dan tutup secara otomatis sesuai dengan suhu mesin sehingga temperatur kerja mesin tetap stabil agar tenaga mesin yang dihasilkan menjadi besar.

Cara kerja thermostat

Thermostat ini akan bekerja membuka katupnya ketika suhu air pendingin atau water coolant pada mesin sudah mencapai suhu kerja yang besarnya antara 85 sampai 90 derajat celcius. Dan valve thermostat akan menutup kembali ketika suhu mesin sudah menurun.Banyak sekali orang yang mengalami overheat dan mendapatkan saran dari rekan mereka untuk melepas thermostat nya saja agar tidak overheat lagi. Padahal pernyataan ini adalah salah, dan kesalahan fatal bagi mereka yang tidak tahu menahu justru mengikuti saja saran yang diberikan.

Melepas thermostat ini akan membuat temperatur kerja mesin menjadi tidak akan tercapai sehingga membuat proses pendinginan mesin menjadi berkurang. Ketika mobil dibawa dengan kecepatan tinggi akan membuat mesin malah langsung semakin overheat. Selain itu lamanya temperatur kerja mesin yang tidak akan pernah tercapai ini akan menjadikan tenaga mesin menjadi loyo serta membuat bahan bakar menjadi boros. Cukup Anda matikan mesin mobil kemudian derek ke bengkel terdekat guna mengatasi kendala ini.

Proses Sirkulasi pendinginan mesin

Pada awal mesin dihidupkan maka suhu atau temperatur kerja mesin ini masih rendah sebab suhunya masih dingin seperti suhu ruangan yang besarnya kira kira 23 sampai 25 derajat celcius. Sementara air pendingin didalam mesin akan bersirkulasi dengan bantuan pompa air dan terus berputar putar dari mesin melalui selang bypass kemudian ke pompa air begitu seterusnya sampai suhunya benar benar mencapai temperatur kerja.

Thermostat merupakan komponen yang penting diperhatikan pada saat melakukan servis AC mobil. Jangan lupa lakukan pemeliharaan rutin pada perangkat pendingin ini terutama jika Anda menggunakannya di daerah dengan kadar polusi udara cukup tinggi.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author