fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil

Penyebab Ketika Mesin Panas Mobil Ndut Ndutan dan Solusinya

Penyebab Ketika Mesin Panas Mobil Ndut Ndutan dan Solusinya

Berkendara dengan kondisi ketika mesin panas mobil ndut ndutan tentu kurang menyenangkan. Juga menimbulkan rasa khawatir di jalan. Lantas apa solusi untuk mengatasi masalah ini?

Namun sebelum kita menggali solusi masalah ini, tentunya sangat penting untuk mengetahui penyebab utama dari terjadinya masalah ini. Dengan demikian, anda akan lebih mudah untuk:

  1. Mencari solusi masalah
  2. Mengestimasi biaya dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah ini
  3. Dan cara mencegah terjadi kembalinya masalah ini.

Nah, agar tak perlu berlama-lama, berikut ini penjelasan lengkap mengenai penyebab dan solusi mengatasi mobil yang ndut-ndutan ketika mesin mobil panas. Semoga bermanfaat.

Penyebab Mesin Panas Mobil Ndut Ndutan

Ada cukup banyak hal yang menjadi faktor timbulnya masalah ini. Namun beberapa penyebab utama antara lain adalah:

  1. Pengapian

    Tak dapat disangkal bahwa penyebab mobil ndut-ndutan biasanya adalah di pengapian. Biasanya bagian yang menjadi masalah adalah di bagian busi dan kabel busi.

    Untuk menyelesaikan masalah di pengapian ini, bisa dilakukan dengan penggantian busi dan kabel busi.

  2. CDI

    Bagian mobil ini kalau rusak tidak hanya menyebabkan mobil mati total. Pada beberapa kasus justru menyebabkan mobil ndut-ndutan saat panas. Oleh sebab itu, untuk mengatasi kasus ketika mesin panas mobil ndut ndutan bisa diselesaikan dengan mengganti CDI mobil anda.

  3. Mesin Terlalu Mudah Panas Sehingga Sering Drop

    Ada cukup banyak penyebab mesin mobil panas. Seperti adanya kerusakan part, ataupun oli mobil yang habis. Akibatnya, saat mesin panas, performa mobil langsung drop untuk mencegah mesin semakin panas. Alhasil ini menyebabkan mesin mobil terasa ndut-ndutan.

    Untuk mengatasi masalah ini tentunya dengan mengatasi penyebab utama mesin panas itu sendiri.

  4. Saluran Bahan Bakar Tidak Lancar

    Saat mesin sudah panas/naik, kebutuhan akan bahan bakar akan menjadi lebih tinggi. Namun jika pasokan bahan bakar terhambat atau tersumbat, maka mesin mobil tidak dapat mencapai performa maksimalnya. Akibatnya? Mesin mobil akan ndut-ndutan atau biasa disebut dengan istilah brebet.

    Untuk mengatasi masalah ini, dapat diatasi dengan melakukan pembersihan di saluran bahan bakar.

Nah itulah beberapa penyebab dan solusi singkat mengatasi masalah ndut-ndutan ketika mesin panas. Lantas apa solusi untuk mencegah kembalinya masalah ini?

Solusi Mencegah Mesin Ndut-Ndutan Ketika Panas

Untuk mencegah terjadinya masalah ini, hal paling utama yang perlu dilakukan adalah mengatasi masalah mesin panas itu sendiri. Dengan kata lain, ada masalah di mesin mobil sehingga mobil harus menurunkan performanya agar tidak terjadi overheating.

Nah, untuk menjadikan mobil kembali nyaman dikendarai, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

  1. Melakukan Tune UP Secara Berkala

    Dengan melakukan tune up, mesin mobil akan kembali seperti baru. Dengan demikian, performa mobil akan kembali normal. Dan mesin tidak mudah panas serta secara otomatis mencegah terjadinya masalah ndut-ndutan ini.

  2. Melakukan Penggantian Oli Secara Teratur

    Kerusakan dan masalah mesin kerap terjadi karena oli yang sudah habis di dalam mesin. Atau oli yang kualitasnya sudah sangat berkurang. Akibatnya, gesekan antar logam semakin kuat dan menyebabkan mesin cepat panas. Akhirnya, performa mobil menjadi ndut ndutan.

    Penggantian oli secara teratur perlu dilakukan. Namun sangat perlu juga untuk menggunakan oli dengan kualitas terbaik. Hal ini untuk memastikan mesin mendapatkan perlindungan terbaik dari gesekan antar logam, dan mempercepat pendinginan mesin.

Itulah beberapa solusi mengatasi masalah di mana mesin panas mobil ndut ndutan sehingga menyebabkan anda khawatir berkendara. Kini anda sudah mengetahui penyebab dan solusi mengatasi masalah ini. Semoga mobil anda dapat kembali normal seperti baru. Senang rasanya bisa menjadi bagian informasi untuk anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *