Mobil Bergetar Keras Ketika Mesin Dinyalakan, Cek Bagian-bagian Berikut! | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Mobil Bergetar Keras Ketika Mesin Dinyalakan, Cek Bagian-bagian Berikut!

mobil-bergetar-keras-ketika-mesin-dinyalakan-cek-bagian-bagian-berikut

mobil-bergetar-keras-ketika-mesin-dinyalakan-cek-bagian-bagian-berikut

Kalau mobil Anda terasa bergetar keras ketika mesin dinyalakan, coba cek bagian-bagian mobil. Dokter Mobil akan memberitahu bagian mana yang harus dicek. Bisa berkendara dengan nyaman menggunakan mobil adalah sesuatu yang seharusnya terjadi saat Anda mengendarai mobil. Namun bisa jadi, ketika Anda menyalakan mobil Anda, bukan suara mesin yang halus yang menyapa Anda, tetapi getaran yang sangat keras dan berisik. Ketika mobil sedang berjalan pelan atau berhenti karena macet, terutama, getaran ini benar-benar bisa mengganggu, dan akan mengurangi kenyamanan Anda dan keluarga dalam berkendara.

Getaran tersebut harus segera ditangani sebelum merusak mesin mobil Anda. Kenalilah dulu kenapa penyebab dari getaran yang terjadi, periksa bagian-bagian mobil berikut ini:

  1. Setelan mesin yang bermasalah

Ketika setelan di mesin tidak pas, maka putaran dari mesin mobil ini menjadi tak stabil. RPM atau putaran per menit bisa menjadi indikator dari mesin yang tak stabil tersebut, karena jarum penunjuknya akan bergerak naik dan turun secara drastis. Ini bisa karena tune up yang tak tepat dalam memasang komponen, atau memang karena komponen mobil ini sendiri sudah aus atau rusak. Segera periksa mesin Anda untuk mencari tahu.

  1. Busi yang aus

Busi sangatlah penting dalam proses pembakaran karena menghasilkan bunga api. Jika busi sudah aus, maka proses pembakaran di ruang bakar menjadi tak maksimal akibat tak adanya komponen untuk pemantik api yang diperlukan. Api yang kecil, kadang ada kadang tidak, itu membuat mesin menjadi ngos-ngosan, sehingga terjadilah getaran keras pada kabin mobil. Ganti segera busi mobil yang telah aus tersebut. Kalau perlu, gantilah semua busi yang ada di mesin mobil.

  1. Masalah pada dudukan mesin (engine mounting)

Sebenarnya, dudukan mesin inilah yang seharusnya meredam getaran di dalam kabin mobil saat mesin dihidupkan. Ketika ada masalah dengan mounting ini, maka tentu saja mobil jadi bergetar tidak karuan. Bisa jadi, ini karena baut yang seharusnya menghubungkan ke chassis mobil dalam kondisi kendor, atau bantalan yang terbuat dari karet telah pecah lantaran aus. Anda harus mengganti keduanya dengan yang baru.

  1. Asupan BBM tersendat

Atau bisa jadi perangkat injector Anda yang bermasalah, sehingga suplai BBM menuju ruang pembakaran jadi terhambat. Bisa jadi injector tersumbat karena kotor, sehingga mobil pun menjadi tersendat akibat proses pembakaran yang menjadi tak lancar. Segera bersihkan injector tersebut, dan lakukan kalibrasi ulang untuk mengatasinya.

  1. Piston yang goyang

Atau mungkin saja piston sudah aus sehingga bergoyang-goyang karena gerakannya sudah tidak bisa lagi menjadi tegak lurus. Getaran pun makin menjadi-jadi karenanya. Selain itu, tenaga mesin mobil yang seharusnya besar pun menjadi berkurang cukup drastis. Piston yang bermasalah seperti ini harus segera diganti sebelum mesin mobil rusak karenanya.

  1. Kanvas kopling sudah aus

Kanvas kopling yang aus akan membuat mobil terguncang karena gir boks bergetar. Ini karena mesin mengeluarkan tenaga yang besar, tetapi transmisi yang seharusnya menyalurkan tenaga tersebut ke roda tak bisa melakukannya. Akibatnya, tenaga tertahan di gir boks, membuatnya bergetar. Penggantian kanvas kopling sangat diperlukan, tak hanya demi mencegah getaran, tapi juga mencegah mobil mogok tiba-tiba akibat kopling slip.

Anda akan bisa menemukan semua solusi untuk mobil yang bergetar tersebut di Dokter Mobil. Dari membersihkan komponen-komponen yang terhambat dan kotor, sampai dengan menggantinya dengan yang baru, Anda akan bisa melakukannya di Dokter Mobil. Kunjungi kami di Boulevard Raya Blok QJ3 No.2 Kelapa Gading, Jakarta Utara, atau hubungi workshop di (021) 4587 6874.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *