Penyebab Mobil Hilang Tenaga saat Tanjakan dan Solusinya
 
Posted by Mekanik Juan bengkel mobil, Tune Up Mobil

Penyebab Mobil Hilang Tenaga saat Tanjakan dan Solusinya

Banyak penyebab masalah mobil hilang tenaga saat tanjakan atau gundukan. Salah satunya adalah masalah mesin. Tune up dapat menjadi solusi terbaik.

Saat anda mengendarai sebuah mobil maka banyak medan yang anda temui di jalan.salah satunya adalah anda akan menemui sebuah tanjakan atau turunan. Untuk dapat melewati sebuah tanjakan maka dibutuhkan mobil dengan spesifikasi tertentu. Hal ini dikarenakan pada umumnya mobil berjenis SUV menjadi salah satu rekomendasi bagi anda untuk melewati daerah yang bertanjakan.

Namun, tidak menutup kemungkinan bagi jenis mobil lainnya yang juga dapat digunakan untuk melewati jalan tanjakan. Diantaranya adalah mobil sedan atau MPV. Mobil dengan jenis tertentu dapat digunakan namun para supir harus mahir dan memiliki skill yang bagus sehingga mencegah mobil hilang tenaga saat tanjakan.

Oleh karena itu, anda harus selalu mengecek sebelum melakukan perjalanan terutama saat anda ingin pergi ke gunung. Mengapa? Hal ini dikarenakan setiap mobil memiliki spesifikasi tertentu. Tentunya anda harus pandai memilih mobil  dengan kualitas yang bagus dan nyaman untuk digunakan.

Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Tanjakan dan Jalan Bergelombang

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan mobil hilang tenaga saat tanjakan:

Ban terlalu besar
Ban yang telalu berat dapat menjadi beban saat anda melewati daerah yang menanjak. Oleh karena itu, anda harus pandai dalam memilih jenis mobil dan ban yang sesuai dengan pabrik agar meski ban mobil anda kecil tapi tetap tangguh dan dapat melewati berbagai jenis tanjakan.

Menggunakan final gear ratio standar
Pada umumnya mobil di negeri ini menggunakan final gear ratio di bawah lima. Agar mobil anda dapat diguankan untuk digunakan dalam tanjakan maka anda disarankan untuk menggantinya dengan gear ratio diatas 5.

Spesifikasi mesin kecil
Mobil anda paling tidak memiliki torsi sebesar 135 ke atas agar mampu digunakan untuk melewati jalan tanjakan.

Mobil anda terlalu berat
Semakin beban pada mobil anda berat maka semakin sulit untuk melewati jalan yang menanjak.

Sistem transmisi
Pada mobil matic sangat cocok digunakan di daerah perkotaan. Sedangkan untuk melewati jalan yang menanjak maka anda disarankan untuk menggunakan mobil yang manual.

Mesin mengalami kerusakan
Cara untuk mengecek apakah mobil anda rusak atau tidak adalah dengan melihat asap knalpot anda. Jika knalpot anda berasap maka ruang bakar mengalami kebocoran. Hal ini menyebabkan banyak tenaga yang hilang dan mobil anda tidak kuat untuk melewati jalan yang menanjak.

Pasokan udara kurang
Udara merupakan hal penting bagi mobil anda agar dapat menghasilkan output mesin yang bagus. Hal ini berlaku sebaliknya bahwa udara yang masuk kecil akan menghasilkan tenaga yang kecil. Sebaliknya jika pasokan udara banyak maka tenaga yang dihasilkan pun banyak.

Saluran bahan bakar tersumbat oleh kotoran
Penyumbatan pada saluran bahan bakar dapat berefek pada kinerja mesin mobil anda. Apabila komponen yang tersumbat adalah pada bagian injektor maka dapat menghambat penyemprotan bahan bakar ke bagian intake manifold.

Solusi Mengatasi Masalah Mobil yang Kehilangan Tenaga

Berikut ini adalah salah satu tips yang dapat anda terapkan agar mencegah mobil hilang tenaga saat tanjakan:

  1. Diameter roda mobil anda diperkecil. Apabila terlalu berat ban mobil maka dapat memperberat mobil sehingga anda tidak dapat melewati tanjakan mobil anda.
  2. Memodifikasi fina gear ratio.
  3. Mengurangi beban mobil sehingga ratio antara torsi dan beban 1 : 11.
  4. Mobil kekurangan bahan bakar. Oleh karena itu, anda disarankan untuk mengisi bahan bakar penuh untuk mencegah terjadinya mogok akibat mobil anda tidak mampu melewati jalan yang menanjak.
  5. Mobil gebul. Pada umumnya dapat terjadi karena suhu pada mesin mobil anda sangat panas.

Dokter Mobil

Jika anda membutuhkan bengkel mobil untuk mengatasi masalah ini secara profesional, silahkan menghubungi Dokter Mobil. Adapun keuntungan yang akan anda dapatkan antara lain adalah:

  • Pengerjaan yang cepat dan teliti dengan hasil memuaskan
  • Dikerjakan oleh teknisi berpengalaman lebih dari 5 tahun
  • Menggunakan alat-alat canggih berteknologi terbaru

Silahkan kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil yang terdekat dengan anda di alamat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
   
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Apapun mobilnya, masalah mobil hilang tenaga saat tanjakan cuma Dokter Mobil bengkelnya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *