fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil

Faktor Penyebab Mobil Livina Ndut Ndutan dan Solusinya

Faktor Penyebab Mobil Livina Ndut Ndutan dan Solusinya

Fungsi tune up adalah mencegah mobil Livina ndut ndutan ketika dikendarai. Namun bagaimana jika masalah ini tetap muncul? Ini Solusinya.

Namun sebelum kita membicarakan solusi, mungkin kita perlu melihat terlebih dahulu apa saja penyebab munculnya masalah ini. Dengan demikian anda bisa untuk:

  • Menentukan solusi terbaik mengatasi ndut ndutan ini
  • Mengestimasi biaya yang diperlukan untuk memperbaiki ndut ndutan pada Livina
  • Mencegah terjadi kembalinya masalah ini pada mobil kesayangan anda.

Setidaknya ada 5 penyebab utama ndut-ndutan pada Grand Livina. Dan ada beberapa solusi terbaik sesuai dengan masalah yang dihadapi. Mari kita simak dan pelajari.

Faktor Penyebab Mobil Livina Ndut Ndutan saat Dikendarai

Pada dasarnya ndut ndut an menandakan ada masalah pada mobil anda. Dan jika tidak diatasi dengan segera, kerusakan yang lebih parah bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, penanganan segera adalah wajib untuk dilakukan.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya masalah ini. Diharapkan dengan mengetahui penyebab masalah ini, anda segera menemukan solusi terbaik mengatasi mobil Livina ndut ndutan ini. Adapun faktor penyebab tersebut antara lain adalah:

  • Masalah di Sistem Pengapian

    Busi mobil yang tidak lagi prima, ataupun kabel busi yang tidak lagi berfungsi dengan baik adalah sumber penyebab masalah ini. Biasanya terjadi karena faktor usia komponen.

    Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti semua busi mobil. Ya, sebaiknya busi ganti semua. Jangan hanya satu yang dirasa bermasalah. Karena busi lama dapat mempengaruhi performa busi baru.

    Sementara itu, kabel busipun harus diperbaiki atau bahkan diganti. Nah, sebelum mengganti busi, pastikan anda mengecheck kabel businya. Jangan sampai anda mengganti semua busi, namun ternyata penyebab Livina ndut ndutan adalah kabel businya. Mubazir.

  • Masalah di Saluran Bahan Bakar

    Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi di saluran bahan bakar. Misalnya pompa bahan bakar bermasalah. Hal ini menyebabkan supply bahan bakar tidak cukup saat mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Akibatnya, tenaga mesin drop dan menyebabkan tenaga mesin ndut ndutan.

    Selain pompa bahan bakar, filter bensin Grand Livina kerap menjadi bagian yang mampet. Biasanya oleh adanya kotoran, residu bahan bakar, ataupun karat. Akibatnya, pasokan bahan bakar ke saluran pembakaran tidak cukup untuk menaikkan performa mesin. Akibatnya tenaga mesin Livina akan brebet atau nyendat. Hal inilah yang kemudian disebut dengan istilah ndut ndutan.

    Masalah di saluran bahan bakar ini dapat diselesaikan dengan melakukan tune up menyeluruh. Yang tak hanya membersihkan bagian dalam mesin mobil, namun juga ruang pembakaran dan saluran bahan bakar

Biasanya hanya kedua masalah itulah yang jadi sumber masalah ndut ndutan pada mobil Livina kesayangan anda. Namun bagaimana mencegah ndut ndutan ini? Bukankah anda tidak ingin masalah mobil Livina ndut ndutan ini menimpa anda?

Mencegah Munculnya Masalah Ndut Ndutan pada Grand Livina

Untuk mencegah munculnya masalah ini, ada beberapa solusi yang bisa anda ambil. Adapun solusi yang bisa diambil antara lain adalah:

  • Rutin Melakukan Tune Up

    Tune Up sangat penting untuk memastikan kondisi mesin selalu dalam keadaan prima dan layaknya mobil baru. Apalagi jika anda membutuhkan performa mobil yang selalu baik untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

    Nah, anda juga tidak bisa melakukan tune up secara sembarangan. Pastikan anda memilih tune up yang menyeluruh. Tidak hanya mesin saja, namun juga saluran pembakaran dan saluran bahan bakar. Dengan demikian, performa terbaik mobil bisa anda dapatkan.

  • Gunakan Bahan Bakar dengan Oktan yang Lebih Tinggi

    Penggunaan bahan bakar berkualitas dapat mencegah ndut ndutan pada Livina. Hal ini dapat terjadi karena oktan berkualitas dapat membantu mobil mengelola bahan bakar dengan lebih bersih. Tidak menyisakan residu yang dapat menyumbat filter bensin.

Demikian beberapa solusi mengatasi penyebab mobil Livina ndut ndutan saat anda kendarai. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *