fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Mesin, Tune Up Mobil

Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Ndut Ndutan Saat Pelan

Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Ndut Ndutan Saat Pelan

Kondisi di mana mobil ndut ndutan saat pelan tentu tidak menyenangkan. Oleh sebab itu, penanganan harus segera dilakukan. Namun bagaimana caranya?

Untuk mengatasi masalah ini, harus menemukan terlebih dahulu penyebab masalah. Dengan demikian, anda akan lebih mudah untuk:

  • Menentukan solusi terbaik untuk masalah mobil anda
  • Mengestimasi biaya perbaikan yang cocok untuk masalah mobil anda
  • Dan cara mencegah kembalinya masalah yang serupa

Oleh sebab itu, silahkan membaca artikel berikut ini dan semoga bermanfaat

Penyebab Mobil Ndut Ndutan Saat Pelan

Ada beberapa penyebab mobil ndut ndutaan hanya saat pelan, namun berjalan normal saat melaju dalam kecepatan tinggi. Hal ini tentu berbahaya karena bisa saja saat anda sedang melaju kencang, ndut-ndutan tiba-tiba terjadi. Dan kecelakaan bisa saja menjadi hal yang tak terhindarkan.

Nah, ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab munculnya masalah ini. Adapun beberapa faktor tersebut antara lain adalah:

  1. Fuel Pump yang Mampet dan Buntu

    Tapi kenapa ketika melaju kencang normal? Hal ini terjadi karena mobil anda kemungkinan menggunakan sistem pompa yang bekerja lebih keras ketika mobil melaju kencang. Dan ketika mobil lambat, pompa tidak bekerja maksimal sehingga asupan bensin tidak sampai ke pembakaran.

  2. Pompa Bensin Rusak atau Bermasalah

    Mungkin saja pompa bensin rusak sehingga tidak bekerja secara maksimal ketika mobil melaju lambat karena pasokan listrik mobil kurang. Untuk mengatasi masalah ini harus melihat apakah pasokan listrik mobil lancar, atau memang pompa yang rusak.

  3. Pasokan Listrik Naik Turun atau Tidak Stabil

    Masalah lain yang muncul adalah karena kelistrikan mobil yang tidak stabil. Kelistrikan mobil hanya bekerja ketika mobil melaju kencang. Namun ketika mobil pelan berjalan, kelistrikan mobil drop dan tidak “ngangkat”. Hal ini menyebabkan munculnya gejala ndut-ndutan.

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab umum terjadinya masalah di atas, tentu kita harus melihat juga apa solusi untuk masalah tersebut.

Solusi Mengatasi Mobil yang Ndut-Ndutan Ketika Berjalan Pelan

Berdasarkan penyebab masalah yang sudah kita temukan, anda seharusnya lebih mudah mengatasi masalah ini. Adapun beberapa solusi untuk mengatasi mobil ndut ndutan saat pelan antara lain adalah:

  1. Lakukan Tune Up

    Tune up perlu dilakukan untuk memastikan kinerja mesin, pembakaran, dan saluran bahan bakar kembali bersih seperti baru. Dengan demikian, performa mobil akan kembali seperti semula.

    Walaupun banyak jasa tune up, anda tidak boleh sembarangan melakukan tune up. Pilihlah jasa yang mampu membersihkan dalam mesin dan saluran bahan bakar tanpa menyisakan kerak atau residu dari carbon clean yang digunakan.

  2. Check dan Perbaiki Pompa Bensin

    Pompa bensin anda mungkin rusak. Cobalah check dan ambil pilihan antara melakukan service atau mengganti pompa bensin mobil anda.

  3. Gunakan Volt Stabilizer

    Jika masalah ndut ndutan saat berjalan pelan ini muncul karena kelistrikan mobil, maka volt stabilizer adalah jawabannya. Ada alasan mengapa penggunaan volt stabilizer penting. Selain untuk mencegah terjadinya gejala ndut-ndutan ini, juga untuk menjaga kualitas audio dan video serta perangkat elektronik lainnya di mobil anda.

Setelah anda menyelesaikan masalah ini, ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan. Di antaranya adalah menjaga agar masalah ini tak muncul kembali. Adapun cara pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perawatan mobil secara berkala (tune up), dan mengganti komponen secara berkala (seperti oli dan busi).

Demikianlah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah mobil ndut ndutan ini. Semoga dengan artikel ini, masalah mobil ndut ndutan saat pelan dapat cepat teratasi. Senang rasanya bisa menjadi bagian informasi yang membantu menyelesaikan masalah anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *