Inilah Penyebab Mobil Tidak Bertenaga Dan Boros BBM | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Inilah Penyebab Mobil Tidak Bertenaga Dan Boros BBM

inilah-penyebab-mobil-tidak-bertenaga-dan-boros-bbm

inilah-penyebab-mobil-tidak-bertenaga-dan-boros-bbm

Ada banyak sekali penyebab mobil tidak bertenaga dan boros BBM. Simak beberapa penyebab umum masalah AC mobil. Kondisi cuaca di Indonesia yang cenderung panas, ditambah dengan jalanan yang padat, rasanya ketersediaan AC Mobil seperti menjadi kebutuhan dan prioritas utama saat kita berkendara. Jadi jangan heran jika di sekitar kita, sering kali mendengar keluhan tentang AC mobil mereka. Mulai dari AC mobil tidak dingin, bau tidak sedap hingga yang paling populer yaitu performa mesin menjadi menurun.

Kenapa Mesin Drop Saat AC Dinyalakan

Masalahnya adalah ketika Ac Mobil dinyalakan dan sedang bekerja, tenaga mesin seperti kurang drastis dan bisa dibilang terasa drop. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah, saat berjalan pelan pun saudara terpaksa harus menginjak pedal gas lebih dalam untuk membuat mesin dapat mengeluarkan tenaganya. Jika hal tersebut terjadi pada mobil saudara, mungkin saudara perlu mengetahui penyebab turunnya tenaga mesin saudara tersebut.

Berikut ini penyebab kemungkinan yang mungkin mengakibatkan tenaga mesin mobil drop atau hilang saat AC Mobil sedang bekerja.

Untuk mobil yang belum menggunakan sistem injeksi, atau masih menggunakan karburator, tenaga mesin yang drop bisa disebabkan oleh setelan RPM pada kondisi idle masih kurang tepat / terlalu rendah. Settingan RPM ini sangat berpengaruh ke beban dan putaran mesin, khususnya saat mobil dalam kondisi diam. Untuk mobil injeksi, umumnya hal ini sudah diatur oleh ECU yang ada di mobil tersebut. Meski demikian, terkadang hal ini juga harus diperhatikan. Idealnya, RPM mobil saat diam dan tanpa menyalakan AC adalah kisaran 800 RPM. Dan jika AC dinyalakan, idle akan naik menjadi 900 – 1000 RPM.

Tenaga mesin mobil yang drop saat menggunakan AC juga bisa disebabkan oleh kompresor yang digunakan terlalu besar dari standart. Biasanya, hal ini disebabkan karena kompresor AC bukan orisinil atau juga hasil modifikasi yang kemudian kurang cocok dengan spesifikasi yang sesuai mesin mobil. Imbasnya, kompresor terlalu membebani mesin mobil.

Selain kesalahan pada bagian mesin, masalah tenaga mesin mobil yang drop saat menyalakan AC juga bisa disebabkan oleh sistem sirkulasi AC ternyata kurang optimal. Sirkulasi AC di mobil meliputi saluran AC, kondensor dan juga evaporator. Jika sirkulasi kotor, terhambat, bocor atau tidak lancar, maka kompresor menjadi kerja lebih keras. Efeknya, kompresor akan semakin membebani mesin untuk mengimbangi kerjanya.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *