Akibat dan Dampak Jika Oli Mesin Habis Atau Kering | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Akibat dan Dampak Jika Oli Mesin Habis Atau Kering

akibat-dan-dampak-jika-oli-mesin-habis-atau-kering

akibat-dan-dampak-jika-oli-mesin-habis-atau-kering

Inilah akibat dan dampak jika oli mesin habis atau kering. Oli merupakan cairan pelumas mesin yang akan bekerja sebagai pelindung sekaligus pendukung dari kinerja sebuah mesin. Pastinya tanpa cairan ini mesin pada kendaraan tak akan berfungsi dengan baik dan nantinya akan timbul suatu kerusakan bagi sebagian hingga beberapa dari komponen mesin itu. Sehingga setiap kendaraan memang tak bisa terlepaskan dari komponen bernama oli yang secara berkala harus diganti dengan yang baru.

Peran oli yang begitu penting memang harus dikondisikan selalu prima. Dimana pada kendaraan mobil dianjurkan dari 3.000 hingga 5.000 km harus ganti oli. Tetapi ada pula yang mencapai lebih dan biasanya dipengaruhi oleh tipe oli yang digunakan. Di samping itu, dapat dipengaruhi pula oleh kebijakan dari produk mobil bersangkutan, dan pada umumnya telah tertera pada buku panduan manual.

Tak jarang pula terjadi keadaan dimana oli pada mesin benar-benar kering dan habis. Sampai pada akhirnya kinerja mobil itu tak dapat dioperasikan dengan baik. Otomatis mesin mobil akan mati karena oli yang mempunyai peran pula sebagai pendukung performa dari mesin tersebut. Tak hanya itu saja dampak yang terjadi, tetapi juga ada efek lainnya yang antara lain ialah:

  • Dari mesin yang mati maka operasional dari komponen lainnya tak berfungsi.
  • Kruk AS dan blok mesin bisa terluka dan akibatnya harus mengganti satu perangkat mesin agar operasional mobil berjalan dengan baik lagi.
  • Terdapat beberapa resiko kerusakan hingga ketidakfungsian dari komponen mesin dan sekitarnya.
  • Area mesin berkarat dan nantinya tak layak pakai, jadinya harus diganti.

Akibat buruk tentu saja terjadi secara otomatis bilamana oli mesin telah kering bahkan habis. Perihal ini dikarenakan oli yang mempunyai fungsi begitu vital, yang antara lain ialah:

  • Melindungi tiap-tiap komponen mesin hingga setiap gesekan antar bagian.
  • Mencegah adanya korosi yang dapat terjadi pada mesin akibat dari reaksi oksidasi.
  • Membersihkan tiap-tiap kotoran yang tertempel pada sela-sela ring pada bentuk berupa sisa pembakaran dan nantinya akan dibuang dari proses pergantian oli lama dengan yang baru.
  • Mendinginkan set mesin akibat dari pembakaran sekaligus pemanasan di ruang mesin.
  • Menghaluskan sekaligus meminimalisir suara gesekan yang terjadi antar mesin.

Ada begitu banyak peran penting dari sebuah mesin dan pastinya Anda wajib tahu agar nantinya tak menjadikan oli pada mesin kekeringan. Pun begitu, dalam upaya pencegahan dimana oli mesin tak terpantau dan akhirnya habis, dapat dimulai dengan cara-cara simple seperti berikut:

  • Baca buku panduan manual yang mengharuskan pergantian mesin di km mana.
  • Perhatikan kualitas oli yang akan aktif dalam berapa km, yang pada kemasan oli pada biasanya telah tertera hitungan atas kinerja oli itu.
  • Buatlah catatan untuk masa pergantian oli di sesuai dengan hitungan yang ada.
  • Pilih oli yang berkualitas dan sesuai dengan saran atas penggunaan yang cocok pada kendaraan bersangkutan.

Terdapat beberapa cara dimana Anda bisa mengatur sekaligus mengkondisikan kecukupan mesin mobil dengan oli yang terbaik dan tepat waktu. Dimana keadaan begitu buruk akan menyerang area mesin dan komponen lainnya bilamana terjadi kekeringan. Terlebih urusan perawatan sekaligus pergantian oli berkualitas dan tepat ini bisa Anda percayakan dengan pihak bengkel. Dokter Mobil siap diandalkan dalam menangani setiap perawatan pergantian oli untuk kendaraan kesayangan Anda. Pengkondisian sekaligus perawatan untuk mesin dapat Anda percayakan kepada Kami, karena Kami telah berpengalaman dalam memberikan service ole terbaik.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author