Panduan Lengkap Tune Up Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Panduan Lengkap Tune Up Mobil

tune-up-mobil

tune-up-mobil

Panduan lengkap tune up mobil karena pemilik mobil tentunya ingin kendaraannya selalu prima untuk dikendarai kemanapun. Pemeliharaannya perlu lebih teliti daripada kendaraan roda dua. Maka dari itu, tune up mobil tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus melalui beberapa tahapan, tentu saja tahapan tune up untuk berbagai merek mobil memiliki beberapa perbedaan maupun mesin yang berbahan bakar bensin berbeda cara perawatannya dengan mesin mobil yang menggunakan diesel, efi, inkeksi, dan lain sebagainya.

Tune Up Mobil

Sebenarnya tune up sendiri merupakan kegiatan perawatan mesin secara berkala tanpa adanya penggantian komponen pada mesin. Tujuan dilakukannya tune up dan servis secara rutin ini ialah untuk memeriksa maupun menyetel dan mengembalikan kondisi performa mesin ke keadaan semula. Selain itu, tune up pada mobil juga sangat penting sebagai kontrol mesin saat telah digunakan sejauh 10.000 km.

Sebenarnya tune up dan servis mobil juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun pada dasarnya memang banyak pemilik mobil yang takut dan juga ragu untuk mencoba mengotak-atik mesin mobilnya.  Ada baiknya untuk membawa ke bengkel dan diserahkan pada mekanik kepercayaan Anda, sebab ada bagian-bagian tertentu pada komponen mesin mobil yang memang harus diserahkan pada ahlinya atau dalam pengawasannya. Komponen mesin mobil tersebut misalnya terkait pembersihan karburator, injeksi, serta optimalisasi kerja radiator mobil.

Urutan Tune Up Mobil

Urutan tahapan tune up mobil ini memang harus urut, agar pengulangan pekerjaan tidak terjadi dan hal tersebut akan dapat mempengaruhi beberapa komponen di mobil itu sendiri. Tune up dengan urutan pertama diawali dengan mengecek saringan angin atau air filter, saringan angin tersebut merupakan komponen mobil yang paling dingin apa bila dibandingkan dengan komponen mobil lainnya pada saat mesin telah dihidupkan.

Setelah servis saringan angin maka urutan tune up mobil selanjutnya adalah service platina, cek kabel busi, cek kondisi tutup distributor, kontrol aki, menyetel celah katup, cek busi, servis PCV, setel saat pengapian, penyetelan idel, hingga setel tali kipas.

Langkah akhir servis dan tune up mobil adalah dengan uji emisi agar mengetahui efisiensi proses pembakaran pada mesin dan jangan lupa pula untuk membereskan semua peralatan yang telah digunakan dengan baik di suatu tempat penyimpanan yang layak.

Tidak perlu ragu bawa mobil Anda ke bengkel tune up mobil, selain meningkatkan performa juga mesin semakin handal dan awet tidak mudah rusak.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags:

About Author