Pedal Terasa Keras? Sudah Cek Booster Rem nya? | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Pedal Terasa Keras? Sudah Cek Booster Rem nya?

pedal-terasa-keras-sudah-cek-booster-rem-nya

pedal-terasa-keras-sudah-cek-booster-rem-nya

Sebagai seorang pengendara yang biasanya berada di jalan raya, tentu saja Anda juga sepakat apabila rem merupakan salah satu hal yang tidak dapat diganggu gugat kinerjanya. Bagaimana pun juga rem ini memiliki peran yang begitu penting. Jika sekali saja kinerja rem kurang diperhatikan, maka nantinya keselamatan kita sebagai seorang pengendara akan terganggu. Hal ini juga menyangkut pada mobil. Biasanya kita akan benar-benar memperhatikan kondisi dari rem saat akan pergi bekerja.

Biasanya ada berbagai macam masalah yang menyerang rem ini contohnya saja seperti rem yang terasa lebih dalam. Saat Anda sedang mengemudi da ternyata rem terasa dalam saat di injak, Anda harus lebih curiga. Biasanya saat rem terlalu dalam untuk di injak, ada sebuah masalah yang terjadi di sistem rem. Pedal rem yang di injak lebih dalam saat mengerem seringnya berasal dari master rem yang terkena masalah. Bila terjadi masalah seperti ini, Anda tidak boleh hanya mengganti sil master rem, dikarenakan dapat terjadi berbagai macam kerusakan entah di sil maupun di silinder master rem. Agar lebih aman, Anda dapat mengganti master rem dengan keseluruhan.

Masalah lainnya seperti Rem yang kurang pakem. Masalah ini seringnya dikarenakan oleh beberapa komponen. Untuk komponen yang pertama ialah master rem yang telah rusak. Biasanya ini disebabkan oleh sil yang bocor sehingga minyak rem tidak dapat bekerja secara maksimal untuk menekan piston kaliper. Selain masalah tersebut, ada pula kampas rem. Karena telah mulai menipis atau kualitas produk yang kurang baik kampas rem ini dapat menimbulkan rem yang kurang pakem. Kampas rem yang memiliki banyak kandungan metal pun juga sebenarnya dapat berbahaya untuk cakram rem dikarenakan ia memiliki sifat abrasif. Cakram ini menjadi lebih cepat untuk terkikis dan dapat bergelombang.

Masalah terakhir ialah pedal rem yang terasa keras ketika di injak. Bila pedal rem Anda terasa keras saat Anda injak, Anda dapat memulai memeriksa booster rem pada ruang mesin. Biasanya ia mengalami kerusakan dan memerlukan perbaikan bengkel. Lantas, dari mana kita mengetahui pedal rem ini mengalami kerusakan atau tidak? Bagaimana langkah awal untuk mendeteksinya?

Berikut langkah untuk mendeteksinya, antara lain:

  • Putar kontak di posisi mati,
  • Kocok dengan cara menekan dan melepas pedal rem dengan berulang kali agar bisa memperoleh posisi pedal rem yang tinggi,
  • Hidupkan mesin Anda,
  • Ketika mesin telah hidup, pedal rem dapat turun dengan sendirinya, posisi di kaki tetap menekan di pedal rem,
  • Matikan mesin,
  • Ketika mesin mati, pedal rem haruslah berada di posisi yang terbawah.

Apabila pengujian yang Anda lakukan kurang sesuai atau bahkan tidak sesuai, ada kemungkinan bila booster rem mobil Anda bermasalah. Jika terbukti bermasalah Anda harus membawanya ke bengkel karena booster rem ini haruslah dioverhoul atau bahkan di ganti. Apabila hasil dari pendeteksian tidak menunjukkan kerusakan yang berada di booster rem, bisa jadi pedal rem keras dikarenakan kurang beresnya komponen yang lainnya.

Bila sekarang ini Anda mengalami masalah tersebut serta mencari bengkel yang paling tepat untuk mengatasi masalah Anda, Anda tidak perlu risau. Anda dapat menghubungi Dokter Mobil. Dokter Mobil akan siap mengatasi masalah pada mobil Anda. Dokter Mobil berada di Jl Boulevard Raya QJ3 2 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Telepon 021 4587 6874.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , ,

About Author