Pengecekan di Bengkel AC Mobil Terbaik | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Pengecekan di Bengkel AC Mobil Terbaik

service-mobil

service-mobil

Pengecekan di bengkel AC mobil terbaik meliputi komponen yang penting pada kendaraan Anda supaya menjaga kenyamanan dan keamanan selama berkendara. AC mobil sendiri terdiri  dari  beberapa komponen  yang  saling  terhubung satu sama lain dan berkerja sesuai tugas dan perannya masing-masing antara lain:

  1. Kompresor

Komponen  ini yang tugasnya paling  berat disamping bertugas memompa dan menghisap freon untuk dialirkan ke komponen lain, terletak ada di mesin dan diputar oleh mesin melalui v-belt. Maka dari itu kondisi mesin juga harus di perhatikan perawatan kompresor.

  1. Radiator

Kondisi air di dalam penampungan tidak boleh terlalu penuh karena bisa menghambat proses penguapan atau pembuangan uap panas radiator. Begitu pula sebaliknya, air di dalam penampungan tidak boleh kurang apalagi kosong. Disarankan bawa ke bengkel spesialis radiator untuk di bersihkan dan sekaligus servis.

  1. Kondensor

Komponen ini bertugas membuang panas freon dari dorongan compressor.Apabil banyak terdapat kotoran biasanya pasir dan kerikil kecil semprot dengan  air atau mintalah disemprot saat Anda mencuci mobil. Kebocoran kondensor juga bisa terjadi akibat kondensor kelebihan panas.

  1. Receiver Dryer

Komponen ini fungsinya sangat vital untuk menunjang proses kerja AC mobil. Di samping untuk merubah gas freon menjadi cairan, filter dryer juga berfungsi menyaring kotoran dari kompresor akibat gesekan piston di dalam kompresor yang terjadi secara terus menerus.

  1. Ekspansi Valve

Ekspansi adalah suatu komponen yang berfungsi menghambat aliran freon supaya beku seperti aslinya sifat freon yang dingin. Ekspansi juga bisa mampet karena kotoran/gram yang terbawa aliran freon. Ekspansi wajib di ganti minimal setelah sudah dua kali ganti filter dryer atau ±50.000km- ±100.000km atau lebih bagus lagi setiap kali ganti filter dryer.

  1. Evaporator

Evaporator menyatu dengan custom blower tepatnya berada di bawah dashboard. Letaknya yang tersembunyi dan dekat sekali dengan kaki atau karpet sering terjadi penyumbatan pada kisi-kisinya akibat dari debu yang tersedot oleh putaran blower yang akan menempel pada kisi-kisi evaporator itu sendiri. Walaupun blower sudah di lengkapi dengan filter blower/evaporator tetap wajib diservis dan dicuci untuk menghindari bau apek.

AC mobil Anda lama kelamaan mungkin akan mengalami beberapa gejala gangguan seperti tidak dingin, kipas tidak maksimal, ataupun mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini sangat dipengaruhi penggunaan dan kondisi udara yang bersirkulasi dalam AC mobil. Oleh sebab itu, bawa mobil Anda ke bengkel untuk dikerjakan pengecekan dan perbaikan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author