Penyebab AC Mobil Bau Tak Sedap dan Solusi Mengatasinya
 
Posted by Mekanik Juan AC

Penyebab AC Mobil Bau Tak Sedap dan Solusi Mengatasinya

Di antara penyebab AC mobil bau tak sedap terselip bahaya yang mengintai kesehatan anda. Ini solusi yang bisa anda pilih untuk mengatasinya.

Namun bagaimanapun juga, untuk dapat mengatasi munculnya bau tak sedap ini, anda membutuhkan informasi mengenai penyebab munculnya masalah. Dengan demikian, anda dapat lebih mudah dalam menentukan:

  • Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini
  • Hal yang harus anda lakukan untuk mencegah terjadinya hal yang sama terulang

Nah, Dokter Mobil mengumpulkan beberapa penyebab AC mobil bau yang paling sering ditemukan. Semoga bermanfaat.

Faktor Utama Penyebab AC Mobil Bau Tak Sedap

Ada beberapa hal yang seringkali jadi penyebab munculnya masalah ini. Beberapa dapat anda atasi sendiri. Namun beberapa lagi memerlukan penanganan lebih serius oleh teknisi profesional yang memiliki perlengkapan memadai.

Adapun penyebab masalah ini antara lain adalah:

Merokok di Dalam Mobil

Merokok di dalam mobil (entah AC posisi menyala ataupun off) dapat menyebabkan asap rokok masuk ke dalam saluran AC mobil. Asap rokok yang masuk dapat mengendap menjadi lendir yang berbau tak sedap. Dan lama-kelamaan lendir ini dapat masuk ke dalam kompresor AC mobil, atau bahkan masuk ke saluran freon.

Lendir dari asap rokok ini tak hanya dapat menjadi penyebab AC mobil bau tak sedap, namun juga menjadi penyebab kebocoran kompresor AC mobil. Dan akan jadi sumber masalah di mana AC mobil kurang dingin.

Lihat Juga: AC Mobil Panas Saat Siang

Evaporator AC Mobil Kotor

Seiring waktu, evaporator AC mobil pasti akan kotor. Dan hal tersebut akan menyebabkan angin yang berhembus akan tercampur dengan aroma-aroma tak sedap dari kotoran di evaporator AC mobil.

Selain menyebabkan bau tak sedap, evaporator yang kotor akan menjadi sarang kuman, bakteri, virus, dan berbagai organisme pembawa penyakit lainnya. Oleh sebab itu, evaporator harus selalu dalam keadaan bersih.

Kebiasaan Makan dan Minum di Dalam Mobil

Seperti halnya asap rokok, kebiasaan makan dan minum di dalam mobil juga jadi sumber bau tak sedap. Remah makanan dan cairan minuman yang tumpah dapat masuk ke saluran AC mobil dan mengendap menjadi asam. Nah, asam ini dapat menyebabkan bau tak sedap, dan menjadikan jebolnya kompresor AC mobil.

Kebiasaan Membuka Jendela Kaca Mobil

Sebaiknya anda tidak terlalu sering membukan jendela kaca mobil. Mengapa? Karena debu jalanan dapat masuk ke dalam mobil dan menjadi sumber penyakit yang dapat mengganggu kesehatan anda. Selain itu, tanpa anda sadari sebenarnya debu jalanan dapat masuk ke saluran AC mobil.

Debu jalanan yang masuk ini dapat masuk ke dalam kompresor AC mobil, mengendap di evaporator, ataupun masuk ke dashboard AC mobil.

Lantas apa solusi yang bisa anda pilih untuk mengatasi masalah ini?

Solusi Mengatasi AC Mobil Bau Tak Sedap

Ada beberapa solusi yang bisa anda pilih. Pilihan tersebut akan sangat bergantung terhadap penyebab utama AC mobil tidak sedap itu sendiri. Adapun beberapa solusi tersebut antara lain adalah:

  • Flushing AC Mobil

    Flushing adalah proses menyedot kotoran di dalam kompresor AC mobil, serta mengganti freon AC mobil dengan yang lebih bersih dan segar. Dengan flushing, kompresor AC mobil akan bersih dan kembali seperti baru.

  • Cuci AC Mobil

    Evaporator dan dashboard AC mobil yang kotor bagaimanapun harus dibersihkan. Dan pembersihan ini dapat dilakukan dengan cuci AC mobil.

  • Fogging Bau

    Fogging wajib dilakukan untuk memastikan bau hilang 100 persen. Selain itu, fogging juga dapat membantu membunuh bakteri, kuman, virus, dan jamur penyebab penyakit yang ada bersama dengan kotoran penyebab AC mobil bau tak sedap.

Nah itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini. Namun kita juga perlu mengetahui, bagaimana cara agar anda tak akan lagi mengalami masalah ini. Lantas bagaimana mencegah munculnya masalah AC mobil bau tak sedap ini?

Cara Mencegah Munculnya Bau Tak Sedap di Mobil Anda

Agar anda tak mengalami ancaman bahaya dari AC mobil yang bau tak sedap ini, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain adalah:

  • Jangan merokok, makan, dan minum di dalam mobil
  • Hindari pemakaian parfume di dalam mobil
  • Jangan terlalu sering membuka kaca jendela mobil
  • Lakukan perawatan flushing AC mobil secara berkala
  • Lakukan cuci AC mobil secara berkala
  • Lakukan fogging pada mobil secara berkala

Selain hal-hal di atas, anda juga dapat mencegah bau tak sedap dengan cara mengganti beberapa bagian AC mobil secara berkala, seperti filter AC mobil dan freon AC mobil.

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi penyebab AC mobil bau tak sedap serta cara mencegah munculnya masalah ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *