AC Mobil Gak Dingin dan Solusi Tepat untuk Mengatasinya
 
Posted by Roy Ivan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

AC Mobil Gak Dingin dan Solusi Tepat untuk Mengatasinya

AC Mobil Gak Dingin dan Bau

Solusi Setiap Masalah AC Mobil – Ketika masalah AC mobil gak dingin muncul, rasa gerah dan mual di dalam mobil pasti muncul. Apa solusinya?

Penyebab AC Mobil Gak Dingin

Untuk mengetahui solusinya, pertama-tama kita perlu mengetahui apa saja penyebab AC mobil mengalamai masalah tersebut. Adapun penyebab masalah AC mobil gak dingin antara lain :

1. Berkurang atau Habisnya Freon
Kebanyakan penyebab habis atau berkurangnya freon adalah adanya kebocoran freon, baik itu melalui seal-seal, ataupun karena selang yang retak atau bocor.

Untuk solusinya, anda dapat menambah atau mengisi ulang freon AC mobil. Namun untuk memastikan masalah AC mobil gak dingin ini muncul lagi, sangat penting untuk :

– mengecheck titik kebocoran dan menambalnya
– jika tidak bisa ditambal, sangat penting untuk mengganti bagian AC mobil yang bocor tersebut
– pastikan mengecheck dengan teliti apakah ada titik lain yang menjadi sumber kebocoran.

2. Tidak Berfungsi Normalnya Kompresor AC Mobil
Penyebab tidak berfungsinya kompresor AC mobil sangatlah banyak. Namun akibatnya tetaplah sama, yaitu :

  • AC mobil gak dingin (sering juga disebut dengan masalah AC mobil tidak dingin)
  • AC mobil mati
  • AC mobil lama untuk dingin
  • AC mobil dingin atau cuma sebentar

Beberapa bagian AC mobil yang rusak dan menjadi penyebab masalah ini antara lain adalah Fan Belt AC yang putus, dan magnetic clutch AC mobil mengalami kerusakan. Untuk kedua spare part yang rusak ini, solusi terbaiknya adalah dengan mengganti dengan spare part baru dengan bahan dan kualitas yang lebih baik. 

Beberapa masalah lain yang menyebabkan AC mobil mengalami masalah gak dingin ini adalah oli kompresor AC. Ya! Oli kompresor yang kehabisan oli atau kekurangan oli dapat membuat AC mobil gak dingin karena tidak mampu memompa AC mobil dengan sebaik-baiknya. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengisi oli kompresor AC mobil adalah :

  • pastikan kualitas dan spesifikasi oli kompresor sesuai atau cocok dengan jenis kompresor
  • pastikan volume oli kompresor takarannya sesuai dengan jumlah yang seharusnya
  • selalu check kapan oli kompresor sudah harus diganti

Penyebab Lain AC Mobil Gak Dingin

Jika anda sudah melakukan 2 hal di atas, masalah AC mobil gak dingin seharusnya sudah teratasi. Namun masih ada beberapa sebab lain yang menjadi alasan mengapa AC mobil anda mengalami masalah ini, yaitu :

Mesin Mobil Panas
Panasnya mesin mobil dapat menyebar dan “menginfeksi” freon AC mobil anda. Akibatnya freon akan mengalami kehilangan kualitas pendinginan. Freon AC yang kehilangan kemampuan pendinginannya akan menyebabkan udara yang dihasilkan tidak dingin, atau bahkan justru menghasilkan hawa panas.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini antara lain adalah :

– Mengecheck dan memperbaiki penyebab mesin mobil panas
Beberapa penyebabnya antara lain adalah mesin mobil yang kekurangan oli, radiator mesin mobil rusak, atau kipas mesin mengalami kerusakan.

Selain itu, penyebab mesin mobil panas lainnya adalah kotornya sekitar mesin mobil anda. Untuk mengatasinya tentu dengan membersihkan area kap mesin mobil anda.

– Mengganti mesin mobil anda
Bukan merupakan solusi alternatif. Namun jika kerusakan sudah cukup parah, mesin mobil memang sudah harus diganti. Memang harganya akan sangat mahal, namun ini akan jauh lebih baik daripada harus mengalami resiko mobil mogok mendadak, atau AC mobil gak dingin dan perjalanan anda menjadi tidak nyaman

Evaporator AC Mobil Kotor
Evaporator yang kotor dapat menyebabkan hawa dingin yang keluar tidak mampu untuk melewati debu dan kotoran di evaporator. Akibatnya, yang keluar dari evaporator hanyalah angin yang tidak membawa hawa dingin. 

Selain menyebabkan masalah AC mobil gak dingin, evaporator AC mobil yang kotor (apalagi bau) dapat menyebabkan masalah-masalah lainnya seperti :

  • AC mobil bau
  • AC mobil membawa penyakit
  • AC mobil mengeluarkan hawa panas
  • dan masalah-masalah lainnya.

AC Mobil Gak Dingin

Pada dasarnya, anda dapat mencegah timbulnya masalah AC mobil tidak dingin ini. Namun jika masalah ini sudah terjadi pada kendaraan anda, beberapa hal yang dapat anda lakukan adalah membawanya ke bengkel AC mobil yang memang berkompeten menangani AC mobil.

Kompetensi di sini sangatlah penting agar :

  • tidak ada komponen AC mobil yang rusak saat proses bongkar pasang AC
  • ketepatan dan efisiensi perbaikan AC mobil sehingga kendaraan dapat anda pakai segera

Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Gak Dingin

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil terbaik dengan berbagai fasilitas sepert montir-montir ahli dan berpengalaman di bidangnya. Selain itu, dengan menggunakan perlengkapan-perlengkapan dan ditunjang peralatan yang memadai, proses service AC mobil gak dingin dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Jika anda ingin merasakan service AC mobil di Dokter Mobil, anda dapat mengunjungi Dokter Mobil di alamat :

Jalan Boulevard Raya, Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading, Jakarta Utara

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *