Penyebab AC Mobil Hanya Keluar Angin | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Penyebab AC Mobil Hanya Keluar Angin

penyebab-ac-mobil-hanya-keluar-angin

penyebab-ac-mobil-hanya-keluar-angin

Mengendarai mobil kesayangan di jalanan kota sangat menyenangkan apalagi bila cuaca diluar begitu panas maka ac lah yang menjadi sarana utama untuk mendinginkan ruangan dalam mobil. Namun apa jadinya bila AC Mobil sudah di setel ke batas maksimum namun masih terasa kurang begitu dingin.serasa hanya seperti angin saja yang keluar dan bukan hawa dingin dari Ac Mobil

Sistem kerja mesin pendingin semuanya sama, yang berbeda hanya alat spare-part dan freonnya saja, pada AC mobil menggunakan compressor yang digerakkan oleh sebuah vanbelt melalui putaran mesin. compressor AC mobil menggunakan clutch/kopling untuk menggerakan piston di bagian compressor, pipa pengeluarannya berbentuk drat luar memiliki tulisan S untuk suction/hisap D untuk discharge/tekan.

 

Ada dua penyebab yang pasti bila anda merasakan udara ac mobil anda tidak lagi dingin seperti pada umumnya. Yang pertama adalah menumpuknya kotoran berupa debu yang ada di dalam cabin air filter / saringan ac mobil sehingga hawa dingin terhalang debu. Untuk itu sering-seringlah membersihkan cabin air filter yang posisinya di bagian dalam laci depan kiri. Cabut saja laci tersebut dan nanti disana anda akan menemukan saringan udara blower AC. Silahkan anda bersihkan dengan cara menyemprotkan angin yang memiliki tekanan tinggi atau sekedar memukulkan saringan ke lantai.

lalu yang kedua adalah cairan freon yang memang sudah habis dan saatnya untuk di refill dengan cairan freon yang baru. Untuk melihat apabila cairan freon masih ada ataukah sudah habis anda bisa melakukan pengecekan simple  dengan cara membuka penutup freon yang ada di sekitar ruang mesin lalu anda tusuk dengan lidi dan sebagainya. Apabila timbul suara cesss berarti cairan masih ada. Namun apabila anda tidak mendengar suara apapun hal ini membuktikan bahwa freon benar benar habis. silahkan anda isi ulang di tempat yang menyediakan jasa isi ulang freon.

coba anda periksa selang karet bernepel dari compressor drat D (discharge/tekan) pasti ke condenser yang berada didepan radiator mobil anda, dari condenser disambungkan pada strainer yang mempunyai sight glass lalu dari strainer menuju Expansion valve (pengganti pipa kapiler) baru masuk ke bagian evaporator dan kembali kepada compressor drat S (suction/hisap).

Evaporator dan condensor pada AC mobil model saat ini terbuat dari almunium, jadi bila terjadi kebocoran anda bisa membeli yang baru atau memilih untuk dilas.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *