Penyebab Bau Paling Umum pada AC Mobil Anda | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Penyebab Bau Paling Umum pada AC Mobil Anda

ac-mobil-bau

ac-mobil-bau

Cari tau apa penyebab bau paling umum pada AC mobil Anda. AC yang mengeluarkan bau tidak sebab bisa menjadi salah satu keluhan para pengendara mobil. Pada umumnya masalah tersebut ada kaitannya dengan kebersihan baik di dalam kabin mobil maupun bagian dalam AC itu sendiri.

Ruangan yang menggunakan AC lebih cenderung tertutup dan siklusnya akan terus berputar sehingga jika ada bau tercium di dalamnya, maka bau tersebut akan sulit sekali menghilang. Bau apek atau asam yang keluar pada saat Anda menghidupkan AC tentu sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara, oleh karena itu jangan meremehkan masalah bau pada AC mobil Anda walaupun hanya tercium samar-samar saja.

Membahas masalah AC mobil bau, maka ada hal lain juga yang mungkin menjadi penyebabnya. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Kabin yang kotor dan berdebu menjadi salah satu penyebab AC menjadi bau. Terlebih lagi jika ada sisa makanan atau bangkai binatang seperti kecoa, cicak dan lain sebagainya, maka bau tersebut akan semakin parah. Maka dari itu pastikan anda membersihkan secara rutin bagian kabin mobil Anda.
  • Evaporator yang bocor juga menjadi salah satu penyebab AC mobil bau tersebut. Akan tetapi bau yang keluar biasanya ialah bau freon dan ketajaman bau tergantung dengan seberapa parah kebocoran yang terjadi pada evaporator.
  • Evaporator yang kotor dan berlendir juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap muncul ketika Anda menyalakan AC mobil. Evaporator yang kotor bisa disebabkan karena ada kotoran dan debu yang terhisap ketika siklus pendinginan terjadi dan menempel pada evaporator. Sama seperti pula pada kabin, bangkai binatang kecil yang masuk ke dalam evaporator juga menjadi salah satu gangguan yang sering terjadi.

Lebih baik lakukan pengecekan di bengkel terhadap AC mobil Anda yang mengeluarkan bau. Setelah mengetahui penyebab mobil bau dan membersihkannya, maka tentunya perlu dilakukan pencegahan untuk menghindari masalah tersebut kembali mengganggu perjalanan Anda.

Dalam mencegah debu, kotoran atau bangkai binantang kecil masuk ke dalam evaporator AC mobil Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan filter kabin. Filter kabin adalah semacam saringan yang berguna untuk mencegah debu dan kotoran bahkan termasuk bangkai binatang kecil tersedot oleh kipas dan masuk ke dalam evaporator. Pemasangan filter kabin ini sudah terbukti efektif dalam menjaga kebersihan siklus pendinginan pada AC mobil. Filter kabin perlu dibersihkan secara berkala dan diganti jika memang masa pakainya telah habis.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author