Penyebab Bunyi Misterius Pada Mesin Mobil Anda | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Penyebab Bunyi Misterius Pada Mesin Mobil Anda

penyebab-bunyi-misterius-pada-mesin-mobil-anda

penyebab-bunyi-misterius-pada-mesin-mobil-anda

Cari tahu di sini apa sumber dan penyebab bunyi Misterius pada mesin mobil Anda. Kenali masalahnya berdasarkan bunyinya. Ketika Anda mengendarai mobil, mungkin saja Anda pernah menemukan bunyi tidak biasa yang berada di mesin. Masalah ini terkadang dianggap remeh oleh banyak orang namun, Anda sebenarnya tidak boleh meremehkan bunyi misterius seperti ini. Bunyi misterius ini biasanya dikarenakan ada sesuatu yang kurang tepat yang berada di mobil Anda, tidak menutup kemungkinan jika nantinya hal tersebut dibiarkan, bisa menjadi penyebab kecelakaan bagi Anda. Namun, sebelum Anda membawanya ke bengkel, lebih baik Anda mengenali darimana asal bunyi tersebut.

Ketika mobil berada di kondisi sehat atau fit, dapat dipastikan jika ia mengeluarkan bunyi mesin yang relatif normal serta stabil. Namun bila suatu saat mobil Anda mengeluarkan bunyi yang sedikit aneh dan terkesan misterius, lebih baik Anda mengetahui dari mana asal dari bunyi tersebut. Siapa tau bunyi tersebut dapat menjadi penunjuk bagi Anda untuk mengenali kurangnya kestabilan yang berada di mobil.

Saat Anda menghidupkan mobil sesudah ia tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, pasti ketika terjadi putaran mesin akan keluar bunyi seperti mendecit. Bunyi ini sebenarnya berasal dari tali penggerak kipas atau fan belt yang menyelip. Dikarenakan ketegangan dari tali penggerak kipas berkurang, bunyi tersebut muncul. Anda dapat mencoba untuk menyetel kembali serta memperhatikan bidang gesek yang berada di sana. Jika permukaannya mengkilap dan licin, ini berarti fan belt sudah kehilangan cengkeraman oleh sebab itu segeralah untuk mengganti fan belt lama Anda dengan fan belt yang baru.

Ada pula masalah seperti knocking. Istilah ini memang sering sekali digunakan untuk jenis bunyi yang lebih menggelitik. Bunyi ini dapat timbul dikarenakan proses pembakaran yang kurang sempurna. Umumnya ia timbul dikarenakan rendahnya oktan yang berasal dari bahan bakar yang digunakan ketika mesin mengalami overheating. Gejala yang berlebihan ini dapat mengakibatkan kerusakan piston. Jika suara ini timbul saat berakselerasi mungkin dapat diabaikan, namun bagaimana jika mesin tersebut semakin lama menjadi semakin parah?

Selain berbagai bunyi di atas, ada pula bunyi misterius yang lainnya, seperti:

  • Bunyi ketukan berat. Jika mesin menimbulkan suara seperti suara ketukan orang yang sedang memukul besi, dapat dipastikan jika mesin Anda mengalami kerusakan yang parah. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh setang piston yang rusak. Saat berada dalam kondisi ini hindari untuk memaksa mobil berjalan,
  • Suara mendecit saat mobil di rem. Walaupun rem bekerja dengan sempurna serta kanvas rem Anda masih baru, bisa saja Anda menemukan suara yang mendecit. Suara ini biasanya dikarenakan oleh permukaan gesek yang kotor. Anda dapat mencoba membersihkan atau pun mengganti kanvas dengan kanvas yang mengelimir bunyi,
  • Suara yang mendesis. Ketika salah satu selang vacuum terlepas, biasanya akan diikuti dengan tersendatnya perputaran dari mesin. Untuk mendeteksi suara ini memang lebih sulit sehingga Anda memerlukan ketelitian. Anda dapat melihat selang yang terlepas dan menggantinya dengan yang baru.

Sebagai seseorang yang masih awam dalam dunia otomotif, tentu saja kita tidak dapat memastikan secara tepat sebenarnya apa yang terjadi dengan mobil kesayangan kita. Bila Anda tidak dapat mengatasi masalah pada mobil ini sendirian, Anda dapat memanggil Dokter Mobil. Dokter Mobil berada di Jl Boulevard Raya QJ3 2 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Telepon 021 4587 6874. Anda bisa segera menghubungi dan menanyakan apa yang sebenarnya terjadi.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author