Penyebab Compressor dan Komponen AC Mobil Rusak | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Penyebab Compressor dan Komponen AC Mobil Rusak

penyebab-compressor-dan-komponen-ac-mobil-rusak

penyebab-compressor-dan-komponen-ac-mobil-rusak

Seperti yang kita tahu, ada banyak komponen penting yang dapat mempengaruhi kinerja AC mobil yang kita miliki. Beberapa penyebab compressor dan komponen AC mobil rusak akan dipaparkan di sini. Salah satunya yaitu compressor yang bertugas untuk memompa dan menunjang sirkulasi perpindahan freon ketika AC bekerja mendinginkan suhu di dalam mobil. Apabila compressor mengalami kerusakan dan mulai aus, maka sistem sirkulasi freon tersebut dapat terganggu dan menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen AC yang lain. Akibatnya, AC akan rusak dan tidak bekerja dengan baik.

Secara umum, compressor tersedia dalam beberapa jenis dengan berbagai sistem kerjanya masing-masing. Namun secara garis besar, setiap compressor memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yakni untuk menciptakan daya kompresi dalam katup tiup dan katup hisap dengan baik. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang dapat membuat kinerja compressor menurun dan tidak mampu menghasilkan daya kompresi. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuat kapasitas kerja compressor dan komponen AC menurun sehingga membuat AC mobil rusak dan tak berfungsi, yaitu:

  • Usia Compressor

Tak dapat dipungkiri bahwa faktor usia penggunaan komponen compressor sangat menentukan kualitas dan kinerja AC mobil Anda. Apalagi jika perawatan yang tepat tidak dilakukan secara berkala sebagaimana mestinya, tentu saja resiko kerusakan akan semakin meningkat.

  • Kurang pelumas

Kapasitas oli compressor yang kurang dapat menghambat perputaran piston sehingga membuat komponen tersebut mudah aus dan rusak. Padahal, pelumas sangat penting untuk menjaga pergerakan piston dan menciptakan suhu dingin yang lebih maksimal.

  • Kebocoran komponen

Adanya kebocoran yang terjadi pada beberapa bagian komponen dapat mengakibatkan compressor berhenti bekerja.

  • Kerusakan magnet clutch

Terjadinya kerusakan pada bagian magnet clutch dapat membuat compressor AC ikut rusak akibat panas yang dihasilkan.

  • Mesin panas

Temperatur mesin yang tidak normal dapat meningkatkan resiko kerusakan compressor dan komponen AC mobil lainnya.

Pada dasarnya kerusakan komponen dan compressor AC mobil sangatlah fatal bila tidak diantisipasi dengan segera. Perawatan yang tepat harus dilakukan agar kondisi komponen tersebut tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Beberapa jenis perawatan di bawah ini dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas kerja compressor dari berbagai macam resiko kerusakan, antara lain:

  1. Nyalakan AC mobil beberapa saat setiap kali mobil dipanaskan untuk memperlancar sirkulasi freon dan mengurangi resiko kebocoran.
  2. Lakukan pengecekan AC mobil secara berkala.
  3. Andalkan teknisi handal untuk menangani permasalahan AC mobil Anda.

Dalam urusan merawat AC mobil dengan baik dan maksimal, Anda bisa mempercayakan Dokter Mobil mulai sekarang. Sebab, Dokter Mobil menyediakan layanan spesialis AC mobil menggunakan teknologi yang canggih dan berkelas, tanpa bongkar mesin sehingga AC mobil yang Anda punya selalu berfungsi maksimal. Perawatan AC mobil bersama Dokter Mobil juga lengkap dan bisa diandalkan, terdiri dari fasilitas ganti oli compressor dan freon sampai fasilitas pembersihan evaporator dan juga fogging.

Setiap layanan perawatan AC mobil dari Dokter Mobil bisa dipercaya karena dilakukan oleh tim yang handal dan menggunakan mesin perawatan AC yang sangat berkualitas. Jadi, perawatan AC mobil kesayangan akan semakin terjamin berkat layanan dari Dokter Mobil yang Anda gunakan. Untuk memanfaatkan fasilitas perawatan AC yang ditawarkan, janganlah ragu untuk kunjungi alamat Dokter Mobil di Jalan Boulevard Raya Blok QJ3 No. 2 Kelapa Gading, Jakarta Utara atau hubungi kontaknya di (021) 4587 6874 untuk dapatkan layanan perawatan AC mobil yang profesional.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author