Penyebab Mesin Mobil Ngelitik | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Penyebab Mesin Mobil Ngelitik

penyebab-mesin-mobil-ngelitik

penyebab-mesin-mobil-ngelitik

Untuk pengendara yang dapat merasakan karakter mesin mobil yang sedang di kendarai, biasanya dapat merasakan secara langsung jika mesin sedang ngelitik atau knocking saat pedal gas dipijak secara langsung. Mesin mengelitik mungkin masih bisa dipergunakan secara normal.

Tetapi kondisi ini sebenarnya adalah hal yang tidak normal dan tidak boleh dibiarkan berkepanjangan. Menurut beberapa montir mesin mobil, umunya penyebab mesin mobil ngelitik adalah karena campuran bahan bakar di ruang bakar yang tidak sempurna.

Kompresi Terlalu Tinggi

Selain karena bahan bakar, kompresi mesin yang terlalu tinggi melewati spesifikasi standar mesin juga bisa menjadi penyebab ngelitik. Hal ini bisa dikarenakan katup yang ada di mesin tidak terbuka sempurna. Bisa saja dikarenakan klep yang mulai berkerak atau lapisan karet yang sudah terlalu kotor dan harus dibersihkan.

Jenis Bahan Bakar Tidak Sesuai

Hal yang paling mudah dikenali adalah saat pengendara menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan jenis mesin mobil yang digunakan. Mobil keluaran baru kebanyakan sudah meminta bahan bakar dengan oktan minimal 92.

Saringan Fuel Pump Sudah Kotor

Saringan pompa bensin atau fuel pump yang sudah kotor juga bisa menjadi penyebabnya. Saringan yang kotor ini tidak dapat menyaring bensin dengan sempurna sehingga ada kotoran yang terbawa ke bagian dalam ruang pembakaran.

Kerja Sensor MAP Mulai Melemah

Untuk mobil-mobil keluaran baru, kerja sensor (MAP) Manifold Absolute Pressure yang berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang ada di intake manifold mempengaruhi sebagai penyebab kinerja mesin menjadi ngelitik. Sensor yang sudah tidak berfungsi dengan baik akan membuat pengukuran menjadi tidak akurat, sehingga komputer bisa mengurangi atau memperbanyak asupan bahan bakar. Terjadilah, pembakaran akan menjadi kurang sempurna.

Untuk mengatasi mesin ngelitik yang paling umum dengan dua cara.

  1. Dengan melakukan service carbon clean yang banyak disediakan di bengkel mobil. Metode ini bisa dipilih jika diperkirakan masalah mesin ngelitik adalah karena ruang mesin yang kotor dipenuhi karbon. Walaupun tidak semuanya membersihkan, tapi pembakaran dan kinerja mesin akan lebih baik dari sebelumnya.
  2. untuk mengatasi mesin ngelitik adalah melakukan top overhaul engine / lebih familiar dengan sebutan turun setengah mesin. Dengan metode ini, maka pembersihan dan perbaikan dilakukan secara optimal. Tentu saja beberapa part penting akan diganti yaitu seal klep, packing cylinder head dan packing water pump. Sisi lain, kondisi part lain juga perlu diperhatikan kondisinya. Jika memang sudah tidak baik, maka penggantian part dapat menjadi lebih banyak lagi.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *