Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan dan Solusinya
 
Posted by dani nofianto Masalah dan Solusi Mobil, Tune Up Mobil, Upgrade Performance

Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan dan Solusinya

Panduan Meningkatkan Tenaga Mesin Diesel yang Kurang Tenaga saat Berada di Tanjakan

Mobil diesel dikenal karena memiliki tenaga yang tinggi. Namun tetap saja ada beberapa hal yang menjadi penyebab mobil diesel kurang tenaga saat berada di tanjakan. Lantas bagaimana mengatasinya?

Sebelum kita mencari cara mengatasi masalah ini, kita perlu mencari tahu penyebab mobil diesel mengalami hilang tenaga sehingga tak mampu melewati jalur menanjak. Dengan demikian, kita bisa mencari solusi perbaikan, dan solusi mencegah muncul kembalinya masalah ini.

Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan

Cukup banyak hal yang dapat mengakibatkan hilangnya tenaga mobil. Hilang tenaga ini meliputi hal-hal seperti mobil ndut-ndutan, ngempos, ngeloss, brebet, dan tidak kuat nanjak.

Nah, ternyata lebih dari 90 persen masalah ini disebabkan hanya oleh 4 hal yaitu:

  1. Ruang Mesin yang Kotor
    Pemakaian solar sebagai bahan bakar jauh lebih menyisakan karbon ketimbang penggunaan bahan bakar bensin. Oleh sebab itu, tidak heran mobil diesel jauh lebih cepat kotor.Karbon yang menumpuk di dalam mesin dapat menyebabkan kinerja mesin menjadi turun, akibatnya tenaga yang dihasilkan mobil menjadi drop.Untuk mengatasi masalah ini, tidak ada cara lain selain membersihkan ruang mesin dengan melakukan tune up. Sementara untuk meminimalisir masalah kurang tenaga muncul, anda dapat melakukan beberapa hal, diantaranya memilih penggunaan oli mobil yang tepat, dan melakukan tune up secara berkala.
  2. Ruang Pembakaran yang Bermasalah
    Ada beberapa masalah yang kerap terjadi di ruang pembakaran, di antaranya saluran bahan bakar tersumbat, injeksi dan kompresi mesin yang tak mencapai tekanan diperlukan untuk pembakaran yang optimal, dan masalah-masalah lainnya.Salah satu gejala adanya masalah di ruang pembakaran menjadi salah satu penyebab AC mobil bau bensin.
    Biasanya masalah pembakaran yang tak optimal ini juga terjadi karena adanya ada part yang bermasalah. Karena ada banyak sekali part yang ketika bermasalah akan menyebabkan mobil hilang tenaga, anda membutuhkan pengecheckan menyeluruh di bengkel mobil.
  3. Setting ECU yang Salah
    Kesalahan setting ECU mungkin saja terjadi. Biasanya karena terjadi kenaikan listrik yang tidak stabil sehingga membuat error sistem ECU mobil. Untuk mengatasi masalah ini sangat sederhana, cukup dengan melakukan remap ECU.REMAP dapat anda lakukan untuk meningkatkan tenaga mesin mobil diesel. Tak perlu menunggu penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan. Anda dapat meningkatkan tenaga mobil saat ini juga.
  4. Penggunaan Ban
    Menggunakan ban mobil yang terlalu besar, ataupun terlalu kecil dapat menyebabkan mobil diesel kurang tenaga saat berada di tanjakan. Untuk menyelesaikan masalah ini, anda dapat mengganti ban mobil dengan yang sesuai standart mobil.

Sebenarnya masih banyak faktor penyebab mesin mobil kurang tenaga. Namun keempat hal tersebut merupakan penyebab utama. Nah, sekarang bagaimana mencegah masalah kurang tenaga ini terjadi kembali?

Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil Diesel

Anda pasti ingin mobil dengan tenaga yang jauh lebih tinggi. Untuk mendapatkan mobil seperti itu, anda bisa mengupgrade performa mobil. Bagaimana caranya?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk upgrade performa mobil, di antaranya adalah:

  • Piggyback Pro

    Mobil diesel dapat dinaikkan performanya dengan setting bernama Piggyback Pro. Dengan setting ini, anda bisa mendapatkan kenaikan performa mobil yang meliputi naiknya tenaga mobil, meningkatnya akselerasi, dan lebih hematnya penggunaan bahan bakar.Satu-satunya bengkel yang bisa melakukan Piggyback Pro adalah Dokter Mobil.

  • Remap ECU Mobil

    Untuk meningkatkan tenaga mobil secara drastis, remap ECU adalah solusinya. Ada beberapa kelebihan dari melakukan remap, yaitu mampu menaikkan tenaga mobil hingga lebih dari 40%. Selain itu, remap juga mampu meningkatkan akselerasi mobil ke tingkat yang mungkin tidak anda bayangkan sebelumnya.

  • Tune UP

    Perawatan berkala ini dapat meningkatkan tenaga mobil karena dapat mengatasi penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan, seperti kerak karbon di dalam mesin, kotoran dan sumbatan di saluran bahan bakar, dan sebab-sebab lainnya.Dengan melakukan tune up, mobil diesel anda akan seperti baru, dan performanya akan jauh meningkat. Terutama jika mobil anda sudah lama tidak ditune up.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah kurang tenaga di tanjakan yang sering dialami oleh mobil diesel. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *