Faktor Penyebab Suara Mesin Mobil Xenia Kasar dan Berisik
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil

Faktor Penyebab Suara Mesin Mobil Xenia Kasar dan Berisik

Mencari penyebab suara mesin mobil Xenia kasar belum tentu karena adanya kerusakan mesin mobil. Bisa jadi karena rusaknya komponen lain di dekat mesin. Lantas apa solusinya?

Sebagai suatu kesatuan, mesin mobil Xenia memiliki komponen rumit yang saling mempengaruhi. Dan tak dapat dihindari, beberapa komponen akan saling berputar dan bergesekan. Nah, 2 benda yang bergesekan akan menimbulkan bunyi. Ada yang bunyinya normal, namun ada juga yang bunyinya cukup kasar dan mengganggu.

Sumber dan Penyebab Suara Mesin Mobil Xenia Kasar

Untuk mobil Xenia sendiri, ada beberapa penyebab munculnya suara kasar ini. Pada beberapa kasus, mungkin kita mengira bahwa suara kasar berasal dari mesin mobil. Namun setelah diselidiki, yang bermasalah belum tentu mesin mobil anda.

Adapun beberapa penyebab adanya suara kasar di mobil Xenia tersebut antara lain adalah:

  • Kurangnya Oli pada Mesin Mobil

    Sebagai pelumas dan mengurangi dampak gesekan antar komponen di dalam mobil, pelumas sangatlah penting. Nah jika oli jumlahnya sudah berkurang, kemampuannya menangani gesekan pun akan berkurang. Hal inilah yang menjadi sumber adanya bunyi kasar di mobil.

    Ciri adanya bunyi kasar karena kurangnya oli pada mobil Xenia adalah sumber bunyi yang berasal dari atas bagian pengaturan katup (biasa disebut cam shaft). Biasanya terjadi  karena ada kebocoran oli, ataupun ring piston yang sudah aus.

    Membiarkan adanya bunyi kasar ini dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada mobil Xenia kesayangan anda.  Dari tak nyaman dikendarai, hingga jebolnya mesin mobil.

  • Belt atau Sabuk Bermasalah

    Belt atau yang oleh beberapa orang disebut dengan istilah sabuk ataupun tali kipas adalah komponen yang menghubungkan puli di komponen yang 1 dengan puli di komponen lainnya. Biasanya menghubungkan putaran kipas radiator dengan alternator dan kompresor AC.

    Nah, ada beberapa masalah yang kerap dialami oleh belt mobil Xenia sehingga menimbulkan bunyi kasar. Adapun beberapa masalah tersebut adalah kotornya tali kipas, keringnya tali kipas,  rusaknya tali kipas, dan tali kipas yang ukurannya kurang pass.

    Untuk tali kipas yang ukurannya kurang pas, atau terlalu keringnya tali kipas, indikator yang muncul adalah adanya bunyi mendecit. Masalah ini harus diselesaikan dengan segera karena jika dibiarkan, tali kipas dapat putus dan copot di tengah jalan. Dan beresiko mengakibatkan mogoknya mesin mobil anda.

  • Kompresor AC Mobil Bunyi Kasar

    Ciri bahwa bunyi kasar sebenarnya berasal dari AC mobil (dalam hal ini adalah kompresor AC mobil) paling mudah diidentifikasi. Cirinya adalah bunyi kasar hanya muncul ketika AC mobil dinyalakan.

    Ada beberapa penyebab munculnya masalah ini. Mulai dari oli kompressor AC mobil yang kurang, ataupun karena banyaknya gram-gram besi, dan kotoran di dalam kompresor AC mobil. Untuk mengatasi masalah ini relatif cukup mudah. Cukup melakukan flushing. Namun flushing saja tidak cukup. Diperlukan beberapa tindakan tambahan. Termasuk di dalamnya pergantian beberapa komponen mobil.

  • Masalah pada Bearing Mobil

    Jika mendengar suara berdengung dari mobil Xenia yang terjadi secara terus menerus, dan semakin kencang ketika RPM naik, ataupun ketika mesin panas, maka dapat dipastikan bearing mobil anda bermasalah. Adapun bearing mobil Xenia yang kerap bermasalah adalah tensioner, idler, alternator, kompresor, dan water pumpnya.

    Namun karena cukup banyaknya bearing di mobil, cukup sulit menentukan bearing mana yang bermasalah. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggunakan jasa bengkel mobil dengan peralatan lengkap yang bisa mencari sumber masalah secara tepat dan pasti. Biasanya bengkel akan menggunakan alat khusus bernama soundscope untuk mencari sumber masalah ini.

  • Penyebab Utama Suara Mesin Mobil Xenia Bunyi Kasar: Engine Knocking

    Beberapa orang menyebut masalah ini dengan istilah ngelitik. Merupakan penyebab suara mesin mobil Xenia kasar yang paling sering ditemukan. Ngelitik biasa terjadi karena adanya getaran piston yang menghantam dinding silinder.

    Ada beberapa hal yang menjadi penyebab ngelitik, di antaranya adalah:

    • Menggunakan bahan bakar yang tidak tepat
    • Lama tidak melakukan tune up
    • Dan adanya kerusakan sistem waktu pengapian

Solusi Mengatasi Suara pada Mobil Xenia yang Berbunyi Kasar

Bunyi kasar tersebut dapat diselesakan dengan beberapa cara. Baik itu perawatan sederhana, hingga perawatan besar seperti turun mesin.

Untuk solusi terbaik yang bisa anda lakukan antara lain adalah:

  1. Lakukan Tune UP Mobil

    Kapan terakhir kali mobil Xenia anda mendapatkan perawatan Tune Up? Dengan melakukan tune up, mesin mobil akan diberikan perawatan agar kondisinya kembali seperti baru.

    Namun bukan hanya mesin saja yang diberikan perawatan. Saluran bahan bakarpun perlu ditune up untuk memastikan Xenia anda mendapatkan kondisi terbaiknya.

  2. Lakukan Penggantian Oli dengan Cuci Darah

    Walaupun anda rutin melakukan ganti oli, namun jika cara ganti oli yang anda lakukan salah, maka masalah di mana mobil Xenia berbunyi kasar pasti tidak akan terelakkan. Oleh sebab itu, disarankan melakukan ganti oli dengan sistem Cuci Darah.

    Cuci darah adalah sistem ganti oli mobil dengan mesin berteknologi canggih untuk memastikan oli kotor dan sisa karbon di dalam mesin 100% terangkat.

  3. Ganti Komponen Mobil yang Rusak

    Bunyi kasar ini seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bisa terjadi karena adanya kerusakan pada 1 atau beberapa komponen mobil. Oleh sebab itu, penggantian komponen mobil yang tidak dapat diperbaiki perlu dilakukan.

  4. Lakukan Treatment AC Mobil

    Jika anda merasa bahwa bunyi kasar tersebut sebenarnya bukan dari mesin Xenia anda, melainkan dari kompresor AC, maka kompresor AC mobil anda perlu untuk diberikan treatment.

    Treatment terbaik untuk kompresor AC mobil adalah dengan memberikan flushing sehingga mesin kompresor dapat kembali bersih seperti baru.

Nah dengan melakukan hal-hal di atas, masalah mesin Xenia yang berbunyi kasar ini pasti akan terselesaikan. Namun jika anda tidak merawat mobil dengan baik, penyebab mesin Xenia mengeluarkan bunyi kasar akan muncul kembali. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah muncul kembalinya bunyi kasar ini.

Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Mesin Xenia Kembali Berbunyi Kasar

Service terbaik apapun tidak dapat mencegah bunyi kasar kembali muncul. Oleh sebab itu, setelah menyelesaikan masalah bunyi kasar ini, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Dengan demikian, bunyi kasar pada mesin tidak akan muncul kembali.

Nah, beberapa langkah pencegahan yang bisa anda lakukan antara lain adalah:

  • Rutin melakukan penggantian oli mesin
  • Melakukan tune up mobil, minimal 1 tahun sekali
  • Melakukan treatment AC mobil secara berkala, terutama flushing dan cuci AC
  • Melakukan check up kondisi mobil secara berkala, dan mengganti komponen yang sudah layak ganti

Dengan melakukan keempat hal tersebut, dijamin penyebab suara mesin mobil Xenia kasar tidak akan muncul menimpa anda.

Demikianlah beberapa informasi penyebab suara mesin mobil Xenia kasar dan berbunyi berisik. Semoga dengan informasi ini, anda menemukan langkah perbaikan apa yang seharusnya anda lakukan. Terimakasih sudah merawat mobil Xenia anda sebaik-baiknya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *