Penyebab Tenaga Mesin Mobil Berkurang | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Penyebab Tenaga Mesin Mobil Berkurang

Penyebab Tenaga Mesin Mobil Berkurang

Penyebab tarikan mobil berat | Dokter Mobil
Ilustrasi Penyebab tarikan mobil berat

Pernah kah anda mengalami pada saat kondisi tertentu ketika anda sedang berkendara tiba tiba tenaga mesin mobil anda hilang.
Sebelum anda mengalami hal ini, tidak ada salahnya anda mengenal dan mengetahui dahulu penyebab yang umum nya terjadi. Kami akan bagikan informasi mengenai masalah hilangnya tenaga pada mobil

1. Mesin Overheat : Penyebab mesin mobil mengalami overheat yaitu system pendingin mesin yang kurang baik. penyebab umum nya yaitu, kipas radiator yang sudah lemah, radiator mampet, air radiator yang tidak mengandung coolant yang cukup dan radiator bocor. Overheating mesin ini menyebabkan komponen-komponen dalam mesin yang terbuat dari metal memuai secara ekstrim, terutama pada bagian pistonnya (Silinder). Bila piston memuai secara berlebihan, maka gesekan piston dengan dinding silinder akan semakin besar sehingga gerakannya menjadi lebih berat dan secara otomatis tenaga mesinpun jadi berkurang.
Untuk itu pengemudi harus selalu mengecek temperatur mesin lewat indicator dashboard, jika indikator penunjuk temperatur mesin sudah mulai meningkat melebihi batas normalnya, maka segera berhenti berkendara dan mematikan mesinnya agar temperatur mesin menurun. Buka kap mesin agar pendinginan mesin terbantu oleh udara luar. Jangan paksa berkendara dalam keadaan mesin mulai overheating, karena bisa menyebabkan mogok dan kerusakan yang fatal pada mesin, seperti piston pecah.

2. Pengapian Bermasalah : Pengapian jelas menentukan tenaga mesin, karena hal ini behubungan dengan kinerja pembakaran pada mesin, jadi jika sistem pengapian mesin bermasalah tentunya power mesin juga akan menurun. Masalah pada sistem pengapian bisa disebabkan oleh rusaknya koil, kabel busi ataupun businya.Panasnya mesin yang terus menerus dapat mempengaruhi komponen dari sistem pengapian yang kondisinya kurang baik, seperti misalnya lapisan luar kabel busi yang sudah mulai mengeras, maka saat terkena panas dari mesin secara terus menerus, maka kemungkinan lapisannya akan retak sehingga pengapian menjadi bocor. Akibat dari ini percikan api ke busi akan mengecil dan tidak fokus sehingga pembakaran tidak sempurna dan pastinya tenaga mesin juga jadi kecil.

3. Filter Udara Kotor: Pada mesin peranan Filter Udara sangat penting untuk menyaring kotoran saat mesin membutuhkan oksigen dari udara untuk proses pembakaran. Maka apabila komponen air filter sudah dipenuhi oleh kotoran, otomatis oksigen yang terhirup oleh mesin pun menjadi sedikit karena aliran udaranya tersumbat. Biasanya hal ini paling sering terjadi saat dalam perjalanan jauh, karena sering melalui jalan yang sangat berdebu.
Jika hal ini terjadi kebanyakan pengemudi mengakalinya dengan melepaskan intake Filter Udara sehingga udara masuk dengan lancar, namun cara ini adalah salah, karena justru ini bisa memperburuk keadaan akibat saluran bensin tersumbat kotoran dan menghambat aliran bensin.

Pencegahan
Jadi agar dapat terhindar dari masalah ini, sebelum melakukan perjalanan, pertama yang dilakukan adalah pengemudi harus memastikan sistem pendingin mobilnya masih bekerja dengan baik, periksalah kualitas air radiator, sirkulasi air, radiator, selang-selang penghubung radiator ke mesin dan kinerja kipas pendingin serta pastikan juga kualitas oli mesin masih sangat baik.
Setelah memastikan semua dalam kondisi baik-baik, selanjutnya adalah cek komponen pada sistem pengapian agar dapat dipastikan setiap komponennya masih layak pakai dan berfungsi sempurna. Keseluruhan pemerikasaan ini sudah semestinya dapat dilakukan saat mobil sedang di tune up atau servis berkala.

Tags: , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *