Perawatan AC Mobil untuk Kesehatan Keluarga | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Perawatan AC Mobil untuk Kesehatan Keluarga

perawatan-ac-mobil-untuk-kesehatan-keluarga

perawatan-ac-mobil-untuk-kesehatan-keluarga

Telepon saja di (021) 4584 5268, Dokter Mobil melayani perawatan AC mobil untuk kesehatan keluarga. Apakah mobil Anda sudah Anda rawat dengan baik selama ini? Biasanya orang kadang terlalu berfokus pada bagian mesin mobil, sehingga melewatkan atau melupakan salah satu bagian yang lainnya. Salah satunya adalah soal perawatan untuk AC mobil. Padahal, AC mobil yang tidak terawat akan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga Anda yang naik di dalam mobil.

Bayangkan saja, AC mobil memegang peranan penting bagi Anda dan keluarga agar bisa tetap bernapas dengan lega selama di perjalanan, apalagi ketika udara sedang panas-panasnya di luar. Jika komponen di dalam AC mobil yang penting bagi pertukaran udara di kabin mobil kotor dan rusak, itu berarti keluarga Anda menghirup udara yang penuh dengan kotoran, debu, dan bahkan bisa jadi ada hewan-hewan kecil yang ikut masuk ke dalam tubuh.

Anak-anak Anda yang menghirup udara tak sehat dari AC tentu akan rentan mengalami masalah pernapasan yang akut, flu, kumat asmanya, dan masalah-masalah pernapasan yang lainnya. Oleh karena itu, cegah agar jangan sampai ini terjadi, bersihkan AC mobil Anda dan komponennya secara berkala.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar AC tetap terawat, dan tidak mengancam kesehatan Anda dan sekeluarga:

  1. Jaga kebersihan kabin mobil

Kabin mobil merupakan salah satu tempat penting yang harus dibersihkan dari debu dan kotoran-kotoran lainnya, terutama di bagian jok dan di karpet dasar. Vakumlah secara teratur.

  1. Ganti filter kabin secara berkala

Setiap 6 bulan atau setelah 10.000 km, Anda harus mengganti filter kabin AC. Ini untuk menjaga supaya hembusan anginnya tetap bersih. Ini karena blower, yang bertanggung jawab untuk hembusan angin tersebut, bisa menyedot segala macam partikel kecil. Debu, abu rokok, serangga, remah-remah makanan, dan polusi dari luar bisa masuk via blower. Udara yang dihembuskan ke dalam kabin pun akan ikut kotor, dan AC pun menjadi tak dingin.

  1. Membersihkan evaporator

Blower menghembuskan udara menuju evaporator ini, di mana semua panas dari udara luar akan diserap (karena evaporator adalah cooling unit). Sedikit demi sedikit, debu dan kotoran dari udara luar akan menumpuk pada permukaan atau di dalam kisi-kisi evaporator itu sendiri. Tak hanya kotoran, jamur pun bisa tumbuh di dalamnya, dan menjadi tempat untuk bersarang bagi hewan kecil. Selain itu, evaporator bisa bocor dan menjadikan AC tak dingin lagi.

  1. Bersihkan kondensor AC

Kondensor ini ada di depan radiator, dan punya fungsi untuk melepaskan panas yang berada pada sistem. Anda bisa membersihkannya sendiri (jika bisa), tapi sebaiknya bawalah ke spesialis untuk mobil. Dokter Mobil di Jakarta Utara menyediakan layanan pembersihan kondensor AC jika Anda memerlukannya.

  1. Kipas elektrik

Anda juga harus memastikan bahwa kipas AC tetap berputar dengan maksimal, sehingga bisa memberikan udara bersih ke kondensor dan mendinginkan refrigerant. Kipas AC yang putus akan memberikan efek negatif ke keseluruhan komponen AC mobil.

Ingatlah, bahwa AC dingin tidak sama dengan AC yang bersih dan sehat, namun AC yang bersih dari segala debu dan kotoran, yang memberikan udara bersih bagi keluarga Anda, adalah AC yang dingin.

Anda tentu bisa membersihkan AC dan komponen-komponen di dalamnya sendiri. Tapi untuk memastikan bahwa AC benar-benar higienis, Anda harus mencari ahlinya. Dokter Mobil bisa menjadi solusi Anda, tinggal hubungi workshop Dokter Mobil di (021) 4587 6874.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *