Perawatan ala Bengkel AC Mobil Eropa | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil

Perawatan ala Bengkel AC Mobil Eropa

bengkel-eropa

bengkel-eropa

Perawatan ala bengkel AC mobil Eropa membutuhkan perawatan tidak sembarangan. Hingga saat ini volume mobil yang membanjiri jalanan mulai meningkat tajam. Sebagian besar mobil yang ada di jalan raya mayoritas merupakan produksi negara Jepang. Hal ini dipengaruhi desainnya yang modern dan harga yang dibanderol juga lebih terjangkau. Selain itu produsen Jepang juga memberikan kemudahan pada pelanggannya dengan membangun beberapa service center di berbagai kota yang tersebar ke seluruh Indonesia.

Jika Anda membeli mobil dari luar Jepang seperti mobil Eropa biasanya memang lebih sulit dalam mendapatkan bengkel. Perawatan khusus mobil Eropa memang tidak mudah karena mobil Eropa membutuhkan perawatan tidak sembarangan. Bahkan di negara asalnya saja servis dilakukan dengan teknologi yang super canggih.

Meskipun begitu tetap ada beberapa bengkel yang menerima perawatan khusus mobil Eropa. Seperti perawatan AC yang terdapat pada bagian dalam mobil, sebaiknya pilih bengkel yang memiliki beberapa kriteria berikut:

  • Memiliki teknisi terampil, handal dan teliti. Sebab perbaikan AC mobil Eropa berbeda dengan AC mobil biasa.
  • Waktu memperbaiki AC mobil bisa ditunggu. Jadi lebih cepat dan Anda bisa menggunakan AC mobil secara normal lagi.
  • Telah memiliki reputasi terbaik untuk memperbaiki segala kerusakan yang ada pada AC mobil.

Sistem AC mobil yang bermasalah tersebut bisa dikurangi hanya dengan beberapa pencegahan seperti:

Menjaga kebersihan kondensor.Langkah ini dapat dilakukan saat mencuci mobil ditempat-tempat pencucian mobil yang menggunakan pompa steam. Mika kondensor kotor, pendingin yang bersuhu dan temperatur tinggi itu akan mengakibatkan kerusakan pada karet-karet yang ada di berbagai sambungan, akibatnya terjadi kebocoran dan bahkan akan menimbulkan kerusakan pada mechanical seal terletak di kompresor.

Menjaga kebersihan evaporator tanpa membongkar AC dan membuang freon. Umumnya bagian dalam evaporator disemprot dengan air bertekanan tidak terlalu tinggi, supaya kotoran ikut larut dan terbuang keluar melalui selang pembuangan yang terhubung dengan evaporator. Jika evaporator berjenis built-in, mau tidak mau harus dibongkar dan membuang pendingin. Langkah ini berlaku untuk AC mobil yang telah berumur lebih dari 3 tahun atau lebih saja.

Jangan hidupkan AC dengan posisi jendela terbuka.Kebiasaan ini akan menyebabkan temperatur pendingin semakin tinggi, akibatnya akan merusak bagian utama sistem AC, yaitu gangguan pada mechanical seal di kompresor. Sebaiknya matikan AC jika memang ingin membuka jendela mobil.

Lakukan pengecekan dan perawatan dengan rutin ke bengkel AC mobil Eropa pilihan Anda. Segera hubungi teknisi jika memang merasakan ada gangguan pada sistem AC mobil.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author