Siapa Bilang Service AC Mobil Mahal? | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Siapa Bilang Service AC Mobil Mahal?

service-ac-mobil-mahal

service-ac-mobil-mahal

Siapa Bilang Service AC Mobil Mahal? Cuma Dokter Mobil yang memberikan harga yang transparan karena pemeriksaan bisa dilakukan tanpa bongkar. Peran AC di dalam mobil menjadi hal yang cukup penting, apalagi bagi masyarakat perkotaan yang kondisi cuaca panas serta jalanan berdebu. Daripada harus berkeringat ataupun menghirup debu, pasti semua memilih untuk menyejukkan diri dengan AC. Satu hal yang sering Anda lupa, sistem penyejuk ruang kabin ini sama halnya dengan mesin mobil lainnya. AC juga butuh perawatan teliti dan rutin agar kinerja maksimal dan selalu awet.

Jadwal perawatan AC mobil memang tidak secepat mesin lain, kalau batas pacu mobil umumnya setiap jarak tempuh 5.000 km atau kurang lebih sebulan sekali, sementara untuk AC minimal setiap satu tahun sekali. Jika mobil sering dipakai jarak jauh setiap hari, disarankan enam bulan sekali untuk servis. Pemakaian yang sering menjadi kemungkinan besar akan membuat banyak debu atau kotoran bersarang di beberapa komponen AC.

Selain membuat udara dingin mejadi terhambat akhirnya berakibat pada tingkat kedinginan AC berkurang, angin yang dihasilkan juga mengecil serta bisa muncul bau tak sedap dari udara AC yang keluar. Tujuan perawatan rutin tersebut tak hanya memperpanjang fungsi serta umur komponen AC, tapi juga membuat udara dingin yang berembus selalu segar.

Berapa biaya yang perlu dikeluarkan?

Secara umum hampir semua bengkel AC menerapkan sistem paket. Sistem ini maksudya biaya yang ditawarkan sudah termasuk jasa berikut penggantian freon, penambahan oli kompresor serta pengecekan kebocoran pada evaporator dan kondensor. Harga yang dipatok mulai 200 – 500┬áribu untuk mobil ber-AC single blower (SB). Sedangkan yang double blower (DB) biasanya lebih mahal.

Khusus sedan BMW dan Mercedes Benz, tarifnya hampir sama dengan mobil ber-AC DB, sebab kedua mobil ini memiliki sistem AC yang cukup rumit. Bahkan KIA Karnival bisa lebih mahal lagi, sebab kapasitas freonnya lebih besar daripada mobil lainnya.

Biasanya bengkel AC yang menerapkan tarif paket, freon serta oli yang digunakan merupakan produk second layer. Sementara yang lebih mahal, biasanya menjamin freon serta oli yang digunakan adalah dari merek telah direkomendasi oleh sistem AC yang dipakai mobil tersebut alias asli.

Pengeluaran biaya untuk AC memang perlu dikeluarkan karena Anda sendiri yang akan menikmati hasilnya. Tentunya Anda tidak ingin kan mengeluarkan biaya tambahan di waktu mendatang hanya karena tergiur harga lebih murah di awal. Jadi, siapa bilang service AC mobil itu mahal? Makanya ke Dokter Mobil, bengkel service AC terpercaya.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *