Masalah pada Blower AC Mobil dan Cara Penanganannya | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Masalah pada Blower AC Mobil dan Cara Penanganannya

fungsi-resistor-blower-ac-mobil

fungsi-resistor-blower-ac-mobil

AC atau pendingin tak hanya dipasang pada sebuah ruangan saja. Mobil juga membutuhkan alat yang satu ini. Wajar saja karena sering kali udara di dalam mobil cukup pengap dan panas. Sehingga jika tidak dipasangi dengan AC bisa membuat para penumpangnya menjadi kurang nyaman. Jika berbicara mengenai AC mobil tentu saja tak akan lepas kaitannya dengan resistor blower. Resistor yang satu ini berbeda jika dibandingkan dengan resistor pada umumnya. Bahkan fungsi resistor yang satu ini juga tidak sama dengan resistor yang ada pada komponen eletronika.

Apakah Anda sudah mengetahui tentang fungsi dari resistor blower ini? Resistor blower ini ternyata memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan angin yang mengalir di dalam sebauh AC mobil. Sehingga hal ini bisa memudahkan pemilik mobil untuk mengatur sesuai dengan seleranya. Bentuk blower resistor sendiri juga berbeda karena pada komponen yang satu ini terdapat kumparan. Dari kumparan inilah seorang pengguna mobil bisa mengatur alat pendingin ini. Umumnya para pengguna ini bisa mengatur kecepatan pendingin ini menjadi beberapa level. Pertama adalah level rendah, level sedang dan level tinggi. Tentunya dengan adanya beberapa pilihan tersebut Anda bisa menentukannya sesuai dengan selera bukan?

Blower AC Mobil
Konstruksi kipas / blower ac mobil

Sama seperti komponen elektronika pada umumnya, resistor blower ini ternyata juga bisa mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan dari resistor blower ini biasanya disebabkan beberapa faktor yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Evaporator pada alat pendingin kotor. 
  • Sekering atau rangkaian kabel ada yang putus
  • Motor dan relay motor blower rusak
  • Switch blower rusak
  • Penggunaan AC yang non stop
  • cacat produk

Itulah beberapa hal yang sering kali disinyalir sebagai penyebab rusaknya dari resistor blower dalam mobil.

Apakah ada efek jika resistor blower rusak? Tentu saja ada efeknya akan tetapi efek tersebut memang sering kali disepelekan oleh para pengguna mobil. Efek yang biasanya dirasakan apabila resistor blower ini rusak adalah keadaan temperatur udara mobil menjadi tidak terkontrol dan kadang bisa juga menyala pada posisi terdingin. Hal tersebut justru bisa menyebabkan para penumpang dan pengendara mobil menjadi tidak nyaman.

Jika dijelaskan secara sederhana, bila kipas ac tidak berputar maka dapat membuat ac tidak dingin, selain itu juga dapat membuat tekanan refrigerant terlalu tinggi. Sementara itu kipas ac yang tidak berputar dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti sekering putus, motor kipas ac rusak, pengkabelan putus atau konsleting dan lain sebagainya. Bila ditemukan kerusakan pada sistem ac, maka harus segera diperbaiki agar ac mobil dapat segera bekerja normal. 

Bagaimana cara memperbaiki dan mengatasi masalah pada blower ac yang rusak ? Anda bisa melakukan 3 cara :
– cara manual yaitu anda memperbaiki sendiri
– datang ke tempat service ac mobil yang terpercaya
– membeli baru

Sebelum mengeluarkan uang untuk perbaikan blower ac, anda tentu berharap dapat memperbaiki masalah ini sendiri kan? Lalu bagaimana cara memperbaiki blower ac sendiri ? Jika anda seorang awam, anda dapat melakukan hal-hal sederhana berikut secara urut :

– check sekering
Jika sekering rusak, ganti dengan yang baru
Namun bagaimana sekering dapat putus adalah sesuatu yang harus anda cari tahu, apakah telah terjadi korsleting. Jika iya, maka bawalah mobil anda ke bengkel

– check saklar, motor dan relay motor
Hubungkan kabel-kabel tanpa melalui saklar. Jika menyala berarti saklar harus diganti.

– check kabel
Periksa adakah kabel yang putus, terbakar, atau tidak tersambung dengan benar.

– check masa garansi produk
Ini adalah cara paling mudah karena jika blower anda bermasalah sebelum garansi habis, artinya blower anda sejak awal memiliki masalah bawaan.

Namun jika memang resistor blower Anda sudah rusak, lebih baik beli saja dengan yang baru. Apalagi jika anda tidak memiliki keahlian mekanik, memperbaiki sendiri memiliki resiko justru merusak ac mobil.

Lalu dimanakah tempat atau bengkel yang menyediakan aneka resistor blower lengkap?

Jawabannya tentu saja Dokter Mobil. Disana terdapat banyak sekali resistor blower dengan berbagai macam ukuran dan bentuk. Anda bisa memilih yang sesuai dengan keadaan mobil Anda.

Untuk harga sendiri, Dokter Mobil membanderol harga resistor blower ini dengan harga yang murah dan terjangkau. Bagaimana dengan yang tinggal di luar kota? Tak perlu khawatir karena di Dokter Mobil sudah memiliki jasa ekspedisi sendiri dan siap mengirim barang pesanan sampai ke tempat yang diinginkan. Jika Anda ingin mendapatkan komponen ini sedangkan Anda berlokasi diluar kota, maka lakukan pemesanan melalui nomor (021-4587 6874) atau melalui Blackberry Messenger yang ada.

Sedangkan untuk Anda yang berlokasi dekat dengan Dokter Mobil (Kelapa Gading, Cibubur, dan Bali), langsung saja datangi tempatnya. Selain untuk mengurangi biaya pengiriman,datang ke lokasi bengkel Dokter Mobil juga bisa membuat Anda lebih tahu bagaimana cara mengganti resistor blower. Bahkan jika Anda mau, mereka juga bisa melakukan pemasangan ulang pada mobil Anda. Demikian informasi ini dan semoga bisa memberikan inspirasi untuk Anda.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon Tunggu..

Subscribe Kami dan Dapatkan Info Menarik Lainnya

Halo, DomoLovers mau terus update mengenai tips & trick unik mengenai mobilmu ? Segera subscribe kami sekarang juga.