Solusi Memperbaiki AC Mobil dengan Mudah | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Solusi Memperbaiki AC Mobil dengan Mudah

perbaikan-ac-mobil

perbaikan-ac-mobil

Solusi memperbaiki AC mobil dengan mudah karena AC mobil sudah menjadi perangkat yang bukan hanya sebagai tambahan, tetapi juga berperan penting saat Anda berkendara. Apabila AC mobil Anda rusak kala terjebak macet, pasti akan sangat tidak nyaman dan serba salah. Udara di dalam kabin semakin pengap, sedangkan jika jendela dibuka akan banyak debu dan polusi. Tidak jarang pendingin mobil ini mengalami kendala saat penggunaannya. Sebelum mengetahui cara menangani bagian yang bermasalah tersebut, berikut ini komponen utama AC mobil yang perlu Anda ketahui: Kondensor – Radiator, Evaporator, Freon, Motor Fan / Kipas, Kompressor, Magnetic Clutch, serta komponen-komponen yang lain seperti selang, seal, swicthing, dan lain sebagainya.

Freon berkurang atau habis

Penyebab utama dari berkurangnya kerja dari AC mobil bisa disebabkan oleh kebocoran yang terjadi pada freon AC. Cara mengecek freon secara manual adalah dengan melihat kondisi freon melalui kaca pada filter AC dan mesin hidup. Bila setelah itu freon berbusa maka freon pada AC dalam kondisi habis karena bila masih ada akan tampak bening dari kaca.Apabila kondisi freon sudah diperhatikan maka perlu juga untuk memperhatikan kondisi atau ketersediaan dari oli kompresor, jika sudah habis maka harus diganti. Jangan lupa juga untuk membuang sisa dari freon dan menganti semuanya dengan freon yang baru.

AC mobil tidak dingin saat siang hari

Evaporator adalah komponen AC yang memiliki tugas menyerap udara dari luar dan mengubahnya menjadi udara dingin. Jika evaporator sudah tidak bekerja maksimal tentu dinginnya AC juga berkurang, sehingga udara yang lebih panas di siang hari tidak bisa diubah menjadi lebih dingin. Namun pada saat malam hari udaranya tidak begitu panas jadi AC masih lebih dingin daripada siang hari. Anda bisa membersihkan evaporator dengan menggunakan cairan pembersih yang dijual bebas di pasaran, penting untuk memilih kualitas yang baik. Cara lainnya adalah dengan pergi ke bengkel AC mobil memberikan tekanan freon atau mengecek sambungan pipa untuk melihat apakah ada kebocoranan.

AC mobil hanya dingin ketika mobil berjalan

Disaat mobil berjalan kencang embusan angin akan terasa, tapi saat berhenti atau berjalan lambat embusan angin menjadi kecil. Disinilah biasanya ada gangguan pada fungsi dan kegunaan motor fan AC (kipas), bisa jadi memang sudah lemah atau macet. Bisa juga adanya kemungkinan swicthing rusak dan thermostats tidak berfungsi. Bila sudah begini lebih baik ganti dengan satu paket karena lebih terjamin daripada rusak-rusak lagi dikemudian hari.

Demikian info singkat memperbaiki AC mobil. Segera pilih bengkel AC mobil terpercaya dalam memelihara AC mobil Anda.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author