Solusi Tepat untuk Masalah AC Mobil Anda | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Solusi Tepat untuk Masalah AC Mobil Anda

solusi-ac-bermasalah

solusi-ac-bermasalah

Inilah solusi tepat untuk masalah AC mobil Anda karena AC mobil merupakan hal yang cukup esensial ketika berkendara, tidak hanya membantu menyejukkan udara tapi juga menjaga suhu kabin tetap stabil. Tetapi seberapa rutin Anda memelihara AC mobil? Bukan tidak mungkin peranti pendingin ini mengalami masalah ketika dipakai.

Cara kerja AC

Pada dasarnya AC bisa menjadi dingin akibat peristiwa berubahnya wujud refrigerant dari cair menjadi gas. Refrigerant  yang sudah berubah wujud menjadi gas dan mengalir di dalam evaporator inilah yang menyerap kalor, sehingga udara yang diembuskan melalui evaporator bisa menjadi dingin. Refrigerant  (freon) harus diberi tekanan oleh kompresor agar bisa berubah wujud, yang besarnya diatur oleh katup ekspansi. Saat sudah berbentuk gas, katup akan mengalirkan refrigerant  ke evaporator. Mekanismenya kurang lebih sama seperti semprotan pada kaleng aerosol. Untuk bisa mencapai keadaan ini, semua komponen AC bekerja secara terus-menerus.

Masalah umum pada AC mobil

Bengkel AC mobil terbaik memiliki penanganan terhadap masalah AC mobil Anda. Berikut ini sejumlah gangguan yang sangat mungkin menimpa, antara lain:

  • Saluran tekanan tinggi. Bertugas ebagai penyalur refrigerant antara kompresor, kondensor, dryer  sampai katup ekspansi. Saluran ini bisa dibuat dari pipa atau slang fleksibel. Di sini suhu refrigerant  panas, sehingga saluran terasa hangat setelah kondensor dengan tekanan tinggi. Cara mengetahui kerusakan dengan melihat fisik saluran, biasanya kebocoran terjadi di sambungan. Lihat juga kondisi karet slang, biasanya bocor akibat getas dimakan usia.
  • Saluran tekanan rendah. Bertugas sebagai penyalur refrigerant antara evaporator dan kompresor. Di saluran ini mengalir refrigerant  yang sudah berbentuk gas, bertekanan rendah dan bersuhu dingin, makanya saat AC hidup, saluran ini berembun. Cara mengetahui kerusakannya sama dengan saluran tekanan tinggi.
  • Freon tidak mau keluar. Pada dasarnya freon hanya melakukan sirkulasi dan tidak akan habis atau berkurang jika tidak terjadi kebocoran. Idealnya, freon bukan bahan yang habis karena pemakaian. Jika AC tidak dingin akibat freon habis, berarti ada kebocoran pada sistem AC Saat terjadi hal ini, diperlukan deteksi khusus oleh bengkel AC mobil yang handal dengan peralatan memadai.

Sebelum sistem AC diisi freon seusai perbaikan, sistem harus dalam keadaan vakum untuk mengeluarkan semua udara di dalam dengan menggunakan mesin vakum. Mintalah bengkel AC mobil Anda untuk melakukannya, seharusnya bengkel terbaik sudah memahami hal ini.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author