Tanda Tanda AC Mobil Rusak dan Harus Diperbaiki | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Tanda Tanda AC Mobil Rusak dan Harus Diperbaiki

tanda-tanda-ac-mobil-rusak

tanda-tanda-ac-mobil-rusak

Inilah tanda tanda ac mobil rusak dan harus diperbaiki. Mengendarai mobil dengan AC yang tidak dingin akan membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman. Apalagi jika berada di jalanan padat dan penuh polusi. Perangkat pendingin kabin dalam mobil tersebut sebenarnya memiliki umur panjang jika memang dipelihara dengan baik. Akan tetapi kendala tidak jarang ditemukan jika Anda mengabaikan kondisinya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai beberapa penyebab AC mobil tidak dingin, berikut tanda-tanda AC mobil perlu diperbaiki.

  • Overheat pada Sistem AC

Overheat dapat terjadi apabila tekanan dalam sistem AC terlalu besar. Tekanan yang besar dapat menyebabkan terputusnya magnetic clutch atau bisa juga menyebabkan terputusnya arus listrik menuju field coil sehingga bodi kompresor tidak bisa bekerja dengan maksimal.

  • Kurangnya freon yang masuk ke sistem AC

Sebuah mobil membutuhkan kapasitas freon yang berbeda-beda. Apabila ruang untuk freon tersebut tidak cukup atau terlalu kecil, maka akan menyebabkan tekanan berlebihan yang ujung-ujungnya lalu menyebabkan jumlah freon yang masuk ke sistem AC berkurang. Penyebab masalah ini biasanya adalah karena adanya kelebihan oli kompresor. Kelebihan oli kompresor tersebut memakan banyak tempat hingga ruangan untuk freon otomatis berkurang.

  • Evaporator tidak pernah dibersihkan

Komponen blower pada permukaan evaporator biasanya menyebabkan debu dan kotoran terhisap dan masuk kemudian menempel di permukaan. Keadaan ini akan menyebabkan penumpukan debu dan lambat laun menyebabkan terputusnya aliran udara. Sumbatan tersebut kemudian akan berakibat pada angin AC yang tidak kencang. Atasi dengan membersihkan evaporator dari kotoran dan sumbatan.

  • Kompresor AC aus

Lamanya masa penggunaan AC mobil juga harus diimbangi dengan servis, pembersihan, dan kontrol. Jika terus-menerus digunakan, kompresor AC juga bisa terkikis dan aus. Kerusakan ini akan menyebabkan tekanan pada kompresor AC menjadi tidak maksimal dan seringkali menghasilkan bunyi yang berisik.

  • Saluran pembuangan tidak lancar

Saluran pembuangan air bisa juga tersumbat karena penumpukan kotoran, biasa ditandai dengan menetesnya air di bawah dashboard. Selain itu, Anda juga perlu mengetahuipenyebab saluran pembuangan tidak lancar bisa karena adanya air kondensasi yang memenuhi evaporator

  • Kelebihan penumpang

Ternyata jumlah penumpang mobil juga sangat berpengaruh terhadap dinginnya AC. Apabila kapasitas penumpang full terutama bila diisi dengan orang dewasa, maka tentunya kemampuan AC akan berkurang.

 Jangan tunda dan segera perbaiki AC mobil jika memang menemukan gangguan yang tidak biasa apalagi bisa mengganggu saat berkendara. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author