Teknologi AC Mobil Ramah Lingkungan yang bagus | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Teknologi AC Mobil Ramah Lingkungan yang bagus

ac-mobil-ramah-lingkungan

ac-mobil-ramah-lingkungan

Teknologi AC mobil ramah lingkungan yang bagus tanpa mengeluarkan polusi yang tidak baik bagi kesehatan dan keseimbangan bumi. AC mobil di era modern ini sama dengannya AC yang ada di rumah Anda, semakin maju teknologi kini juga ada versi ramah lingkungan. Kenyamanan dalam kendaraan semakin terjaga tanpa harus mengeluarkan polusi yang tidak baik bagi kesehatan dan keseimbangan bumi. Di Indonesia tahun 2015 sudah diberlakukan implementasi HPMP (HCFC atau Hidroklorofluorokarbon Phase-Out Management Plan). Dalam peraturan tersebut juga dituliskan untuk penghapusan HCFC-22 atau lebih dikenal dengan Freon R22 pada sektor refrigerasi.

Singkatnya, semua produsen AC di Indonesia dilarang memproduksi, mengimpor ataupun menjual produk AC yang masih menggunakan Refrigerant atau Freon R22 mulai Januari 2015. Namun pihak dealer atau toko AC masih boleh menjual semua stok produk mereka sampai habis. Sedangkan untuk keperluan servs dan suku cadang Freon R22 masih boleh digunakan sampai tahun 2030, batas pada tahun tersebut pemerintah menetapkan penghapusan R22 dari Indonesia.

Hingga tahun 2014 lalu, AC mobil yang beredar di Indonesia menggunakan 2 macam refrigerantyaitu R22 dan R410A. Freon R22 biasanya digunakan di semua lini AC non-inverter sedangkan Freon R410A digunakan di tipe AC Inverter.

Berikut keunggulan dari freon R2, antara lain:

  • Freon R32 memiliki angka index dingin yang jauh lebih tinggi bahkan dari R22, jadi tidak akan ada lagi komplain bahwa menggunakan AC Inverter jadi tidak dingin.
  • Freon R32 lebih ramah lingkungan dibandingkan R410A sekalipun karena memiliki GWP yang lebih rendah dibanding R22 dan R410A
  • Memang Freon R32 memang memiliki potensi mudah terbakar yang lebih tinggi dari R22 dan R410A namun jangan takut karena tidak dapat membuat AC meledak bahkan ketika rumah Anda kebakaran.
  • Jenis Freon R290 sebenarnya adalah yang paling ramah lingkungan, namun karena angka index dingin yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakar yang cukup tinggi, penggunaannya masih dihindari.

Maka seharusnya Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih menggunakan AC yang memanfaatkan Freon R32 ataupun R410A sesuai peraturan pemerintah. Selain membuat AC lebih dingin, kendaraan Anda tidak mengeluarkan buangan yang bisa mencemari lingkungan. Terlebih lagi perawatan AC semakin ringan karena membuat kerja mesin semakin handal dan tahan lama.

Berikan perawatan AC mobil ramah lingkungan Anda setidaknya 6 bulan sekali. Lakukan pengecekan terhadap bagian seperti freon dan kipas secara seksama di bengkel kepercayaan seperti Dokter Mobil. Mobil pun semakin awet tidak cepat rusak.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *