Tips Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Tips Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar

tips-cara-memanaskan-mesin-mobil-yang-benar

tips-cara-memanaskan-mesin-mobil-yang-benar

Tips bagaimana cara memanaskan mesin mobil yang benar agar kendaraan Anda awet dan tahan lama. Mobil merupakan kendaraan yang banyak digunakan masyarakat. Pasalnya dengan mengendarai mobil, seseorang bisa menempuh jarak yang lebih jauh tanpa mudah kelelahan. Selain itu dengan menggunakan mobil, seseorang juga bisa mengangkut jumlah penumpang lebih banyak.

Sebelum Anda menggunakan mobil, tentunya Anda akan memanasi mesinnya terlebih dahulu bukan? Karena jika tidak dipanasi terlebih dahulu mesin mobil akan kurang maksimal kinerjanya pada saat dikendarai. Memanasi mesin mobil sebenarnya merupakan perkara yang sepele tetapi sayangnya tidak banyak orang tahu bagaimana cara yang tepat untuk memanaskan mesin mobil. Apakah Anda adalah salah satunya? Jika benar, ada baiknya Anda simak tips dan cara memanaskan mesin mobil yang benar berikut ini.

Sebelum mengulas tipsnya, apakah Anda sudah mengetahui tujuan memanaskan mobil sebelum digunakan? Jika belum Anda bisa membacanya pada ulasan ini sekaligus. Beberapa manfaat memanaskan mesin mobil adalah sebagai berikut:

  • Meminimalisir kerusakan pada komponen mobil. Ini bisa terjadi karena selama proses memanaskan mesin mobil, oli akan melumasi seluruh komponen mobil secara maksimal.
  • Meminimalisir terjadinya kebocoran pada kompresi.
  • Bisa menghemat bahan bakar mobil Anda. Karena setelah dipanaskan, mobil akan terasa lebih ringan dan tidak memerlukan tarikan yang terlalu banyak.

Itulah beberapa tujuan mengapa Anda harus memanaskan mobil sebelum menggunakannya.

Menyalakan mesin

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memanasi mobil secara benar dan tepat adalah dengan menghidupkannya selama kurang lebih lima menit. Dengan memanaskan mobil selama waktu tersebut, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Misalnya saja mesin mobil akan terasa lebih nyaman pada saat dikendarai. Tentu saja, karena panas mesin mobil sudah sesuai. Normal tidaknya panas mesin mobil bisa dilihat dari ampere seuhu yang terdapat pada mobil. Jika jarum ampere suhu sudah terletak pada ½ nya maka mobil sudah siap dikendarai.

Tempat

Tempat memanaskan mesin mobil ternyata juga harus diperhatikan. Usahakan Anda memanaskan mobil pada tempat yang terbuka. Sehingga asap yang keluar dari mobil bisa terbuang dengan maksimal dan tidak meracuni. Disarankan untuk tidak memanaskan mesin mobil di dalam garasi yang tertutup. Karena jika hal ini dilakukan bisa menimbulkan pengap pada ruang garasi Anda. Kepengapan yang diakibatkan oleh gas emisi ini ternyata juga bisa menyebabkan keracunan bagi siapa sjaa yang menghirup. Jadi mulai sekarang, panasi mesin mobil di ruangan terbuka saja.

Pantangan

Selain beberapa tips yang sudah disebutkan, ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan selama memanaskan mesin mobil Anda. Antara lain:

  • Tidak diperbolehkan menyalakan pendingin mobil selama proses pemanasan mesin. Jika dipaksakan untuk menyalakan pendingin mobil atau AC maka akibatnya adalah komponen dari pendingin tersebut akan mengalami kerusakan.
  • Saat proses pemanasan, Anda juga tidak perlu menginjak gas yang ada pada mobil. Lebih baik panaskan saja selama beberapa saat tanpa perlu menginjak apapun.

Itulah beberapa pantangan yang harus Anda lakukan selama proses pemanasan mesin mobil.

Jika memang selama pemanasan mesin mobil Anda merasakan hal yang tak beres pada mesin mobil, ada baiknya segera saja membawa mobil Anda ke bengkel Dokter Mobil. Disana mesin mobil Anda yang kurang beres bisa diselesaikan secara tuntas dalam waktu yang singkat. Selain itu untuk mendapatkan performa yang lebih, Anda juga bisa membeli aneka aksesoris dari bengkel yang satu ini. Demikian informasi ini dan semoga bisa memberi referensi terbaru bagi Anda pecinta otomotif.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , ,

About Author