Tips Cara Merawat AC Agar Tahan Lama | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Tips Cara Merawat AC Agar Tahan Lama

skema-cara-kerja-ac-mobil

skema-cara-kerja-ac-mobil

Inilah tips cara merawat AC agar tahan lama. Dengan perawatan yang baik dan benar, selain menghemat bahan bakar juga mengurangi pencemaran lingkungan. Adanya gangguan pada sistem AC sudah lumrah dan bisa datang kapan saja, termasuk untuk jenis AC mobil. Salah satu fungsi utamanya dalam mendinginkan kabin mobil menjadikan komponen ini menjadi penting. Dilakukannya perawatan yang baik dan benar terhadap sistem AC, kenyamanan akan bertambah karena suhu yang sejuk, selain itu juga penghematan bahan bakar dan mengurangi pencemaran lingkungan.

Cara Kerja AC Mobil

Cara kerja AC mobil adalah pertama, kompresor merubah gas freon dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi dan di dalam kompresor tidak boleh ada unsur air. Freon yang seharusnya digunakan adalah R134a karena lebih aman untuk lingkungan dan menggunakan oli sintetik. 70% masalah pada sistem AC bisa disebabkan oleh kekurangan freon dan oli kompresor yang perlu diganti. Freon jenis R12 bisa merusak sistem AC karena menggunakan oli mineral dan merusak ozon.

Jika AC mobil dengan sistem R134a terkontaminasi dengan freon R12, R22 atau HC (Hydro Carbon) akan mengakibatkan korosi (keropos) dan kerusakan pada kompresor, kondensor, hingga evaporator. Sedangkan dryer berguna untuk mencegah air masuk ke kompresor dan memiliki filter untuk menyaring kotoran, bagian ini sebaiknya diganti setiap 2 tahun. Jika oli mesin perlu diganti setiap 5.000 km, maka oli kompresor AC juga perlu diganti setiap 20.000 km.Seiring berjalannya waktu dan pemakaian AC mobil, oli kompresor akan kehilangan daya pelumasnya dan berubah menjadi zat asam yang dapat mengakibatkan kerusakan hingga menimbulkan panas pada kompresor.

Bagi Anda pemilik mobil tua yang tidak pernah servis AC, kemungkinan besar evaporator sudah berkorosi dan kondisi kompresor yang sudah hampir rusak akan semakin memberikan masalah. Akan tetapi untuk mobil yang relatif baru, penggantian oli kompresor secara rutin akan memperpanjang umur kompresor itu sendiri.

Service AC Mobil

Ada dua jenis servis AC mobil yang biasa dilakukan secara berkala. Pertama untuk servis tahunan, tindakan yang dilakukan adalah servis ringan atau servis kecil. Pada jenis servis AC mobil semacam ini biasanya hanya dilakukan pembersihan evaporator dan filter supaya debu dan kotoran yang masuk dapat disaring dengan maksimal. Sementara itu untuk servis berat atau besar biasanya dilakukan pembersihan dengan cara menyeluruh. Contohnya mencuci evaporator serta mengisi ulang freon, melakukan servis besar ini waktu yang disarankan sebaiknya dua tahun sekali.

 Menjaga kondisi AC mobil juga mempengaruhi keoptimalan kendaraan Anda. Maka dari itu, selalu kontak mekanik kepercayaan Anda jika memang menemukan kejanggalan.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *