Tips Jitu dari Bengkel AC Mobil Terbaik di Bali | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Tips Jitu dari Bengkel AC Mobil Terbaik di Bali

bengkel-mobil-bagus

bengkel-mobil-bagus

Dokter Mobil telepon aja (0361) 428 557 – Ini dia tips jitu dari bengkel AC mobil terbaik di Bali. Dalam kondisi terjebak macet selama belasan bahkan puluhan jam, perangkat air conditioning (AC) harus dalam kondisi prima. Jika tidak, bisa mandi keringat di mobil. Akan tetapi apa risikonya jika AC dipaksa bekerja nonstop selama itu? Percaya atau tidak, tak ada masalah berapa lama pun AC diaktifkan.

AC yang normal tidak ada masalah dinyalakan selama macet berjam-jam. Poin yang paling penting ialah kipas harus dalam keadaan hidup dan kompresor AC tidak ada bunyi. Jadi pemakaian nonstop pun tidak ada masalah. Tapi kalau memang electric fan terdapat masalah, setengah jam saja sudah membuatkompresor kepanasan atau overheat.

Secara umum perangkat AC sudah dirancang sedemikian rupa untuk bekerja secara otomatis, mengikuti kondisi mobil. AC mobil sudah memiliki sistem kerja yang pintar. Jadi suhu dingin ideal AC jika diukur dari kisi-kisi di dalam kabin menggunakan termometer ialah antara 3-8 derajat Celcius. Saat mencapai suhu tersebut, maka kompresor akan mati secara otomatis. Sistem kerja tersebut diatur oleh komponen termostat. Jadi jika hendak menggunakan AC tiga jam atau 20 jam perjalanan pun, komponen akan tetap bekerja. Jika suhu dinginnya sudah tercapai, maka sensor akan memutuskan kompresor supaya terhenti dan menyesuaikan. Kondisi ini tentu dengan catatan, kondisi termostatnya masih normal dan tidak mengalami masalah. Apabila komponen ini bermasalah maka AC mobil bisa jadi beku.

Kinerja komponen AC yang normal, dapat diketahui dari kondisi putaran mesin mobil (RPM) yang terasa normal, atau kadang sedikit lebih tinggi dalam kurun waktu tertentu. Termostat berfungsi menghidupkan kompresor, fan, dan idle-up. Misalnya saat Anda menyalakan AC mobil dari dalam, maka blower di bagian dalam menyala. Kedua, bersamaan menghidupkan kompresor, lalu fan bagian luar, dan iddle up. Hal inilah yang memengaruhi putaran mesin.

Lakukan hal-hal di bawah ini supaya menjaga berbagai komponen terutama termostat AC mobil agar tidak mudah rusak.

  • Jangan lupa untuk selalu memeriksa kipas yang terletak di depan kondesor pada saat kondisi AC dihidupkan. Bila tidak menyala, maka harus segera diganti karena dapat mengakibatkan kompreso rusak atau selang tekanan tinggi bisa meledak.
  • Ada baiknya jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya. Jika AC terlalu dibebani, akan menyebabkan komponennya cepat panas sehingga menyebabkan rusak.

Bawa mobil segera ke bengkel AC mobil untuk pemeliharaan rutin dan mengatasi masalah yang mengganggu.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author