tips penggantian freon AC mobil
 
Posted by admin AC

Tips Penggantian Freon AC Mobil

Inilah tips penggantian freon AC mobil dimana perangkat penyejuk udara di sebuah mobil ialah salah satu fitur yang kerap digunakan selalu seiring mobil tersebut digunakan. Bayangkan jika mengemudi tanpa menggunakan penyejuk udart, sudah dapat dipastikan akan mengganggu perjalanan Anda apalagi dengan tingginya suhu di Indonesia.

Tetapi tahukah Anda bahwa zat yang bisa menjadikan AC memberikan udara sejuk di dalam kabin disebut dengan refrigerant atau sering dikenal sebagai freon.

Refrigrant adalah zat perantara untuk menyimpan panas yang dipakai dalam AC dengan fungsi memindahkan panas dari dalam kabin ke udara di luar kabin. Sehingga membuat kabin mobil memiliki udara yang sejuk. Jenis refrigerant yang sering digunakan oleh bengkel-bengkel AC pada umumnya ialah refrigerant dengan jenis R12 dan R134A.

Sayangnya, jenis refrigerant R12 saat ini sudah dihentikan produksinya, dengan alasan di tahun 1988 keluarnya aturan global yang menyatakan zat HFC yang terkandung dalam freon turut berperan dalam kerusakan lapisan ozon di bumi. Disebabkan keberadaan refrigerant R12 sudah tidak dijual lagi di pasaran, mau tidak mau refrigerant R134A solusinya. Tetapi tidak semudah membalikan tangan tentunya. Anda pun harus mengganti beberapa komponen AC agar bisa sesuai dengan refrigerant R134A.

Magnetic clutch

Hal pertama yang harus diganti ialah magnetic clutch. Tekanan suhu pada Freon R134a lebih tinggi dari R12, membuat kompresor butuh tenaga lebih besar untuk mengkompresi freon. Maka dari itu model magnetic Clutch yang berdaya kerja lebih baik dan kuat pun diperlukan. Kalau magnetic clutch tidak disesuaikan akan mengakibatkan sistem tidak akan bekerja dengan maksimal.

Dryer

Selain itu dryer juga perlu diperhatikan dalam penggatian komponen. Fungsi dryer sendiri ialah menyaring dan menghilangkan uap air dari freon. Karena pada Freon R134A memiliki lebih banyak uap air dibandingkan R12, sehingga Anda harus mengganti dengan dryer yang mampu mengghilangkan uap air lebih banyak tentunya.

Oli Kompresor

Tidak ketinggalan oli kompresor pun harus diganti untuk support menggunakan refrigrant R134A. Karena oli kompresor R12 tidak dapat larut dengan refrigrant R134a sehingga tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Ini akan menyebabkan kerja kompresor tidak maksimal dan akan mengakibatkan umur kompresor menjadi pendek.

Hubungi bengkel AC mobil terpercaya yang memahami kebutuhan freon pada AC mobil Anda serta pemeliharaan lain yang dibutuhkan. Dengan begitu, usia AC mobil akan lebih awet dan tidak cepat rusak.

Dokter Mobil,
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 08788088457

Tags: ,

About Author