Tips Perawatan Berkala Agar Performa Mesin Mobil Terjaga | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Tips Perawatan Berkala Agar Performa Mesin Mobil Terjaga

tips-perawatan-berkala-agar-performa-mesin-mobil-terjaga

tips-perawatan-berkala-agar-performa-mesin-mobil-terjaga

Tips perawatan berkala agar performa mesin mobil terjaga. Mesin mobil merupakan komponen yang paling penting dalam sebuah mobil. Tak heran jika performanya harus terjaga sehingga tidak mudah aus. Bayangkan saja jika mesin mobil aus tentu saja akan kurang nyaman jika dikendarai. Agar mesin tidak mudah rusak, tentunya diperlukan perawatan khusus. Perawatan khusus mesin mobil ini juga harus dilakukan berkala. Umumnya perawatan mobil harus dilakukan oleh bengkel profesional, jadi mereka bisa mengerti dimana letak masalah pada mesin mobil. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui perawatan apa saja yang mesti dilakukan?

Tune up

Perawatan berkala yang mesti dilakukan untuk menjaga mesin adalah tune up. Melalui tune up mesin akan diteliti secara lengkap. Sehingga bisa mengetahui apabila mesin Anda mengalami kerusakan atau perlu penggantian pada komponennya. Biasanya yang diperiksa selama proses tune up ini adalah performa mesin. Selain itu keadaan busi, oli, saluran bahan bakar dan sebagainya juga akan diperiksa. Dalam proses tune up ini biasanya juga dilakukan pengaturan pada bagian katup serta platina mesin.

Cek air radiator

 

Perawatan berkala selanjutnya adalah dengan cek air radiator. Air radiator sendiri memiliki fungsi untuk menetralkan panas mesin. Jadi tanpa adanya air radiator, mesin mobil Anda akan mengalami overheating atau panas yang berlebihan. Dalam perawatan ini biasanya akan dilakukan pengisian ulang air radiator. Karena jika mesin mengalami air radiator tentu saja akibatnya sangat berbahaya dan bisa merusak mesin mobil. Selain itu ada tips agar air radiator mobil tidak cepat rusak. Diantaranya:

  • Jangan pernah membuka tutup yang ada pada radiator saat kondisi mesin masih panas. Jika memang ingin membuka, tunggu saja hingga mesin sedikit dingin.
  • Ada kalanya Anda mengecek kondisi air radiator, sehingga bisa mengetahui bagaimana keadaannya. Jika memang terdapat ketidakberesan pada radiator, maka bisa dilakukan penanganan sedini mungkin.

Mengganti oli

Mengganti oli mobil merupakan hal yang sangat wajib untuk dilakukan. Bahkan perawatan yang satu ini sangat disarankan dilakukan setiap beberapa bulan sekali. Karena dengan mengganti oli secara tidak langsung juga termasuk melindungi dan merawat mesin mobil. Bukan hanya itu saja, oli mobil juga memiliki fungsi utama untuk melumasi mesin mobil. Jika Anda terlambat melakukan penggantian oli maka efeknya memang tidak terlalu serius pada awalnya. Mungkin mesin mobil akan terasa berat gesekannya. Tetapi jika dibiarkan semakin lama mesin mobil akan cepat aus.

Membersihkan mobil

Membersihkan mobil ternyata juga salah satu langkah untuk merawat mesin dan performa mobil. Beberapa cara untuk membersihkan mobil adalah sebagai berikut:

  • Rutin mencucinya sehingga body mobil terkesan bersih.
  • Membersihkan permukaan mesin mobil dan cela-celanya dari debu atau kotoran. Karena sadar atau tidak kotoran tersebut juga bisa menyebabkan performa mobil menjadi menurun.
  • Membersihkan kerak yang ada pada mesin mobil. Memang cara yang satu ini terdengar sulit tapi sebenarnya Anda bisa melakukannya dengan cara memacu mobil. Dengan memacu mobil, kerak tersebut akan keluar sendirinya melalui lubang knalpot.

Jika semua perawatan rutin sudah Anda lakukan, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memberikan beberapa aksesoris pada mobil. Jadi selain terawat, performa mobil juga lebih optimal. Untuk mendapatkan aksesoris mobil yang berkualitas, Anda bisa datang ke bengkel Dokter mobil. Bengkel Dokter mobil menyediakan berbagai macam aksesoris dengan fungsi yang berbeda. Tentunya Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi tunggu apa lagi, segera saja ke bengkel Dokter mobil.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author