Upgrade Performa Kijang Innova Diesel | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Upgrade Performa Kijang Innova Diesel

upgrade-performa-kijang-innova-diesel

upgrade-performa-kijang-innova-diesel

Simak tips bagaimana cara melakukan upgrade performa Kijang Innova diesel agar potensi mesin diesel milik Kijang Innova ini bisa sangat dahsyat. Kijang Innova adalah salah satu seri MPV (Multi Purpose Vehicle) yang banyak dimiliki oleh orang Indonesia. Dari sekian banyak seri Kijang Innova di Indonesia, salah satunya adalah Innova Diesel yang laris di pasaran.

Namun banyak pula keluhan tentang Innova Diesel ini, karena meskipun mesinnya super canggih dengan menggunakan Common Rail serta Turbo, namun tetap saja tarikannya kurang mantap dan larinya kurang kencang.

Padahal, kalau mau Anda mau sedikit melakukan upgrade dan memodifikasi mesinnya, potensi dari mesin diesel milik Kijang Innova ini bisa sangat dahsyat, melebihi mobil-mobil yang lainnya. Mau tahu caranya? Perhatikan hal berikut ini:

  1. Pilih bahan bakar berkualitas

Salah satu keluhan tentang kurang efektifnya mesin diesel Innova bekerja bisa langsung diatasi dengan mengganti bahan bakar yang dipakai dengan solar yang memenuhi standar, yaitu sulfur yang rendah, angka cetane tinggi, dan particulate yang rendah. Dengan itu saja, pembakaran akan menjadi lebih optimal, tarikan lebih ringan, dan mesin pun jadi lebih mantap kerjanya.

  1. Pembersihan sumbatan di lubang injector

Bisa jadi, lubang injector mobil Anda juga mengalami sumbatan karena adanya tumpukan kotoran atau deposit, membuat aliran bahan bakar yang seharusnya masuk ke ruang bakar lewat saluran ini jadi terhambat. Akibatnya, pembakaran pun tak optimal, membuat performa menurun dan tenaga berkurang.

  1. Perawatan saringan udara

Agar napas mesin menjadi lebih lega, maka saringan udaranya harus dibersihkan, terutama saringan yang mempunyai flow tinggi agar mesin lebih baik performanya. Selain itu, tentu saja pembersihan teratur tiap 20.000 km juga harus dilakukan agar saringan tetap berfungsi dengan baik.

  1. Intercooler

Meskipun resminya Innova belum menggunakan intercooler, namun alat ini bisa berguna ketika di perjalanan panjang yang lancar. Anda bisa mencari intercooler jenis mobil lain yang dipasang ke Innova untuk menambah performanya.

  1. Sistem exhaust

Alias sistem pembuangan gas atau knalpot di Innova. Desainnya bisa disempurnakan kalau Anda ingin performa yang lebih baik. Bisa dengan mengubah down pipe agar tekukannya tak terlalu berkelok dan kemudian diperbesar, membuka saluran yang tertutup, dan pemasangan pipa di bagian tengah.

  1. Injeksi air/methanol

Air atau methanol yang di semprotkan ke ruang bakar dengan tekanan yang tinggi ternyata bisa memberikan dampak cukup signifikan pada performa mesin diesel yang dimiliki Innova. Ada banyak peralatan yang bisa melakukan hal ini untuk mobil Anda. Biasanya, di alat injeksi ini ada motor kecil yang akan memompa methanol dari penampungnya ke nosel, lalu diukur agar sesuai dengan kapasitas mesin, baru kemudian injeksi dilakukan sesuai dengan modulnya. Alat ini terutama berguna saat kendaraan naik menanjak atau membawa beban yang berat.

  1. Piggyback

Teknologi mesin Common Rail yang digunakan oleh Innova sebenarnya diatur manajemennya oleh Electronic Control Unit atau ECU. Bagian inilah yang sebenarnya bisa diatur ulang menggunakan piggyback ini, sehingga performa dari mesin bisa dinaikkan. Ini sangat mudah dilakukan karena Anda tinggal memasangnya saja.

Tapi ingat, modifikasi untuk membuat Kijang Innova mesin diesel Anda menjadi lebih galak tidak selalu berefek baik bagi mobil sendiri, belum lagi resiko garansi yang hilang. Akan lebih baik jika Anda meminta performa di-upgrade lewat bengkel resmi berpengalaman.

Anda yang di Jakarta selalu bisa menghubungi Dokter Mobil untuk melakukan upgrade pada mobil Anda tersebut. Silahkan hubungi (021) 4587 6874 atau datang ke workshop di Boulevard Raya Blok QJ3 No.2, Kelapa Gading, Jakarta.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , ,

About Author