New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
biaya service ecu mobil

Perkiraan Biaya Service ECU Mobil di Bengkel Terpercaya

Pemilik mobil wajib melakukan pengecekan rutin di bagian ECU mobil. Jika terjadi kerusakan, maka biaya service ECU mobil ini tidaklah murah. Sebab, ECU atau Electronic Control Unit ini menjadi “database sirkuit sistem mobil”. Sehingga, kerusakan-kerusakan pada mobil keluaran terbaru ini dapat diketahui dengan cara mengecek bagian ECU mobil.

Rata-rata, mobil keluaran terbaru ini telah dilengkapi dengan sistem ECU oleh produsen. Tujuannya tentu memudahkan montir bengkel dalam proses pengecekan terkait adanya kerusakan mobil di area tertentu. Jika ECU mobil rusak, maka pemilik harus segera mengambil tindakan service agar ECU mobil dapat kembali normal.

Ini Dia Beberapa Penyebab Utama ECU Mobil Mengalami Kerusakan

biaya service ecu mobil

Memang, Electronic Control Unit (ECU) ini menjadi komponen mobil paling penting. Sebab, tidak mudah bagi montir bengkel untuk mengetahui jenis kerusakan hanya dilihat dari gejalanya saja. Sehingga, butuh pengecekan pada komponen ECU agar kerusakan mobil dapat diketahui hanya dalam beberapa menit saja.

Namun akan timbul masalah apabila komponen ECU ini justru mengalami kerusakan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan komponen ECU mobil bermasalah hingga mengalami kerusakan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kerusakan Pada Rangkaian Listrik di Jalur Sensor Injeksi

Pertama, kerusakan ECU mobil ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada rangkaian listrik di jalur sensor injeksi. Hal ini tentu saja sangat berakibat fatal. Sebab ECU bisa mengalami gagal fungsi karena aliran listrik yang menyambar bagian ECU. Oleh sebab itu, segera cek kondisi mobil di bengkel terdekat. Dan jangan lupa, tanya kembali biaya service ECU mobil agar pengeluaran tidak membengkak.

  1. Kesalahan Pada Penggunaan Koil Motor Karburator

Kedua, terkadang pemilik tidak mengetahui bahwa setiap tipe dan jenis koil motor karburator ini sangat berbeda. Jika pemilik menggunakan koil motor yang tidak sesuai dengan tipe mobil miliknya, maka akan berdampak pada rusaknya bagian ECU mobil. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memasang koin motor karburator mobil Anda.

  1. Faktor Usia

Dan yang terakhir adalah faktor usia ECU mobil yang digunakan. Rata-rata, pemilik mobil wajib melakukan penggantian ECU yang telah memasuki usia 7 tahun hingga 10 tahun pemakaian. Sebab, jika tidak diganti maka ECU tidak mampu memberikan data pengecekan yang akurat. Oleh sebab itu, kunjungi bengkel mobil terpercaya untuk proses penggantian ECU mobil lama dengan ECU mobil yang baru.

Ini Dia Perkiraan Biaya Service ECU mobil di Bengkel Terpercaya

Sebagai pemilik mobil memang wajib mengganti komponen ECU yang telah rusak. Sebab, jika dibiarkan akan berakibat fatal. Salah satunya adalah montir bengkel tidak dapat mengetahui jenis kerusakan mobil Anda dan dapat menyebabkan komponen mobil lainnya turut mengalami kerusakan.

Namun sebelum itu, pemilik kendaraan juga berhak tahu berapa harga biaya untuk menservice komponen ECU mobil. Rata-rata, biaya untuk service ECU mobil ini berkisar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 1.00.000 (tergantung jenis ECU mobil dan tingkat kerusakan ECU).

Akan tetapi, untuk penggantian unit ECU mobil ini memakan biaya yang tidak sedikit. Rata-rata, harga ganti ECU mobil ini berkisar sekitar Rp. 700.000 hingga Rp. 3.500.000 (tergantung merk dan tipe mobil). Harga tersebut belum termasuk biaya service ECU mobil yang dikerjakan oleh montir bengkel.

Dokter Mobil, Pilihan Tepat untuk Mengatasi Kendala pada ECU Mobil

Jika mobil Anda mengalami masalah pada komponen ECU mobil, maka Anda tak perlu khawatir. Sebab, kami dari Dokter Mobil siap membantu Anda untuk mengatasi kendala tersebut.

Jika ECU mobil mengalami kerusakan, maka Anda hanya perlu melakukan Remap. Remap atau memprogram ulang ECU mobil ini menjadi langkah solutif. Sebab, biaya Remap sendiri cukup murah. Jadi, pemilik kendaraan tidak perlu membeli ECU mobil baru yang tentu saja beban biaya semakin mahal.

Anda tak perlu ragu memilih Dokter Mobil sebagai partner di bidang sevice mobil. Sebab, montir Dokter Mobil telah berpengalaman dalam menangani semua kendala atau masalah pada mobil untuk semua merk.

Baca Juga : Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Selain itu, biaya service ECU mobil di tempat kami pun terbilang cukup murah. Maka dari itu, kunjungi Dokter Mobil cabang terdekat guna memeriksakan kondisi mobil agar Anda tetap nyaman berkendara di jalan.

Komponen ECU mobil merupakan salah satu komponen terpenting. Sebab, ECU mobil dapat membantu montir bengkel dalam mengecek kondisi kendaraan. Jika ECU mobil rusak, maka pemilik wajib membawa ke bengkel. Salah satu bengkel terpercaya di Indonesia adalah Dokter Mobil. Karena dokter mobil mempunyai promo Biaya service ecu mobil.  Segera hubungi Dokter Mobil dan bertanya terkait perkiraan biaya service ECU mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4233

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya