komponen kaki kaki mobil

Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!

Memiliki mobil sendiri memang memberikan manfaat bagi pemiliknya, namun perlu diperhatikan juga untuk selalu merawat kendaraan tersebut. Salah satu yang perlu diperhatikan dan dirawat adalah komponen kaki kaki mobil.

Komponen kaki kaki kaki mobil memiliki beberapa terdiri dari bagian yang saling mendukung dan menopang untuk mendapatkan performa yang optimal. Beberapa komponen dan jenis-jenis kaki mobil tersebut diantaranya: Ban, suspensi, tie rod, ball joint, bushing, dan bearing.

Pada kesempatan ini kita akan membahas apa itu komponen kaki kaki mobil, fungsi, hingga tips merawatnya supaya tetap awet dan bisa digunakan dengan jangka waktu yang lebih lama.

Komponen kaki kaki Mobil

komponen kaki kaki mobil

Komponen kaki kaki mobil adalah komponen penting yang ada di bawah mobil. Adapun komponen dan jenis jenis kaki mobil tersebut adalah:

1. Ban Mobil

Salah satu komponen kaki kaki mobil yang utama adalah ban mobil. Ban berfungsi sebagai roda yang dapa t membantu mobil berjalan di atas tanah dengan nyaman. Ban menjadi komponen utama karena dapat membantu fungsi jalannya mobil dengan baik.

  •         Ada beberapa fungsi pada ban yang perlu Anda ketahui,
  •         Sebagai penahan seluruh berat kendaraan dan penumpangnya
  •         Menjadi bantalan yang memisahkan antara kendaraan dengan permukaan tanah.

Ada 2 jenis Ban Mobil:

  1.       Ban luar, ban dalam, ring velg dan Pentil
  2.       Tubeless

Sangat penting dalam mencari atau menggunakan ban yang empuk, baik kondisinya, dan tidak mudah slip. Jikalau ban mobil Anda  sudah terlihat mengalami kebotakkan, ada baiknya segera melakukan penggantian dengan ban mobil yang baru.

Jika hal ini tidak diperhatikan maka akan menyebabkan ban mobil mudah licin dan susah bermanuver. Akibat Dari ban mobil yang cepat botak adalah kurangnya tekanan angin pada ban, memuat banyak beban berat seperti penumpang dan barang-barang, dan bahkan juga bisa  dikarenakan oleh jarang dibersihkan atau cara berkendara yang ugal ugalan/kecepatan tinggi.

Baca Juga : Kriteria Bengkel Kaki Kaki Mobil Terbaik Untuk Anda 

2. Suspensi

Komponen kaki kaki mobil berikutnya adalah suspense. Suspensi berfungsi memberikan peredaman kejut atau getaran yang akan terjadi pada mobil Anda akibat jalanan yang tidak rata untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Letak suspense berada di roda dan bodi rangka mobil, yang dirancang khusus untuk membuat mobil jadi lebih stabil dan nyaman untuk pengemudi dan penumpangnya. Selain itu juga dapat  membuat roda mobil lebih mencengkram pada kondisi jalanan yang sedang dilalui.

Suspensi sendiri dibagi menjadi dua type yaitu tipe rigid dan type independent.

Type Rigid

Type rigid tidak dapat bergerak bebas disebabkan kondisi axle yang dihubungkan langsung ke body dan frame pegas. Di permukaan jalan yang kurang rata atau jalanan berlubang  kedua rod akan saling terpengaruh sehingga akan sangat tidak nyaman bagi penumpang mobil, khususnya mereka yang ada di bagian belakang.

Hal tersebut karena posisi suspensi rigid yang lebih dominan pada posisi rear atau belakang dari body mobil Anda, tepatnya di bawah kursi penumpang bagian belakang. Akan tetapi dari segi konstruksinya  yang terlihat sederhana dan kuat, sebagian besar memang diperuntukan untuk  mobil yang membawa beban berat seperti bus dan truk.

Tipe Independen Atau Bebas

Anda perlu tahu suspensi independen  yang memiliki perbedaan dengan suspense bertipe rigid.  Kondisi rodanya dapat bergerak bebas karena antara satu sama lain  tidak dihubungkan  ke axle sehingga roda tidaka akan saling mempengaruhi satu sama lain.

Tipe suspensi ini sendiri sudah digunakan banyak kendaraan atau mobil-mobil dengan keluaran terbaru. Namun dari segi harga memang lebih mahal  serta konstruksinya agak lebih rumit. Semua hal tersebut tentunya untuk membuat kenyamanan berkendara dan lebih stabil.

3. Tie Rod

Penghubung antara setir dan pengikat roda agar dapat berbelok ke kiri dan kanan dengan lebih leluasa adalah tie rod. Tie rod sendiri memiliki bentuk bundar yang ukurannya kurang lebih seperti kelereng.

Salah satu komponen kaki kaki mobil ini sama pentingnya untuk menjaga daya ikat karena apabila ada terjadi kelonggaran, akan mengakibatkan bunyi pada bagian roda serta menjadi tidak stabil.

Hal yang membuat tie rod ini menjadi longgar adalah benturan keras dan usia pakai yang lumayan lama.

Anda bisa mengetahui tanda kerusakan yanga terjadi apabila berjalan di permukaan atau jalan yang rusak dan beerlubang. Cara lainnya untuk mendeteksi kerusakannya, yaitu dengan menggunakan dongkrak pada mobil dan roda digoyangkan ke sisi kiri dan kanan,  jika road tersebut bergoyang , maka ada indikasi tie rod yang rusak.

4. Ball Joint

Berikutnya dari komponen kaki kaki mobil adalah ball joint. Ball joint memiliki bentuk seperti bola yang berfungsi untuk memudahkan suspense bergerak yang menahan roda agar tidak mudah lepas dari chassisnya. Jikalau Anda berkendara pada kecepatan 60 KM/Jam kemudian roda masuk ke lubang kecil atau langsung menabrak bebatuan kecil, ini akan membuat setir terasa sulit dikendalikan.

Dalam pengecekan kerusakan perlu adanya proses mendongkrak bagian depan mobil Lalu Anda Letakkan linggis antara Ball joint dan Sisi Lainnya yang menjadi dudukan Gerakan naik dan turun jika ada kelonggaran, sedangkan pada pengancing nya terasa keras maka hal ini akan memberikan tanda perlu untuk mengganti dengan yang lebih baru.

Selain itu pada kerusakan dapat mengakibatkan ban mobil anda menjadi aus, sering bergelombang, brintik atau terlihat keriting.

Bushing memiliki bentuk karet yang punya fungsi dalam meredam suara getaran supaya tidak memberikan gangguan pada komponen logam lain yang tersambung pada sebuah komponen kaki-kaki mobil. Dan memiliki pengaruh pada kenyamanan saat mengemudi.

Pada umumnya bushing memiliki 2 jenis yaitu berdasarkan tempatnya bushing stabilizer yang memiliki fungsi untuk mengikat ke chasis mobil, juga menyeimbangkan suspensi kiri dan kanan, sedangkan pada bushing swing arm memiliki fungsi meredam sebuah getaran pada mobil yang berjalan.

Anda bisa mengetahui kerusakan bushing yang disebabkan oleh suhu mesin yang teramat panas membuat kondisi karet menjadi getas, beratnya pun beban kerja yang diterima oleh sebuah komponen tersebut dan juga guncangan keras karena terlalu sering melalui permukaan jalan yang berlubang. Ada indikasi yang dapat dirasakan ketika saat Anda mengemudi di permukaan jalan yang tidak rata.

5. Bearing

Komponen kaki kaki mobil yang terakhir adalah bearing. Bearing berfungsi seperti bantalan rod agar bisa berputar dan bisa mereduksi atau memperkecil gaya gesek yang terjadi di sumbu putar, dan perputarannya pun menjadi lebih halus dan lancer.

Bearing juga memberikan manfaat pada kenyamanan dan keselamatan tan saat berkendara, karena sebagai komponen sentral, jika bearing ini tidak ada, maka roda akan cepat panas yang berlebih.

Produksi komponen ini memang menggunakan bahan dengan kualitas yang terbukti kuat, akan tetapi jika Anda berkendara dengan cara yang kurang baik maka dan terkesan ugal-ugalan, maka komponen ini bisa juga mengalami kerusakan. Untuk itu tetaplah berkendara dengan sewajarnya agar Komponen Kaki Kaki Mobil Anda tetap awet dan bisa digunakan tahan lama.

Itulah penjelasan tentang komponen kaki kaki mobil untuk Anda ketahui. Semoga artikel  di blogs ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Sampai  jumpa lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 45897

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Simaklah Cara Membersihkan Filter AC Mobil Agar AC Tidak Bau
Manfaat Cuci AC Mobil Untuk Kenyamanan Anda Saat Berkendara
Jadwal Cuci AC Mobil Kesayangan Anda
Memilih Oli Mobil Sport Terbaik
Kualitas Oli Mobil Jepang Terbaik