Service AC Mobil Panas

Alasan Harus Melakukan Service AC Mobil Panas

Service AC mobil panas sebaiknya langsung Anda lakukan ketika Anda mulai merasakan gejala AC mobil milik Anda yang udaranya mulai tidak dingin seperti biasanya, apalagi dengan iklim yang ada di Indonesia yang mana panas matahari terasa begitu menyengat sehingga keberadaan air conditioner mobil merupakan hal yang sangat diperlukan oleh pengendara maupun penumpang agar aktivitas berkendara bisa lebih nyaman. Akan tetapi, para pengguna mobil pasti pernah mengalami air conditioner mobil Anda yang hanya keluar angin saja walaupun Anda sudah menghidupkan air conditioner tersebut ke suhu yang paling dingin, ini merupakan gejala yang harus Anda waspadai dan sebaiknya segera Anda lakukan service ac mobil panas.

Bagaimana pun air conditioner mobil ini memiliki peran dalam mengatur sirkulasi oksigen yang ada di dalam mobil, sehingga hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa keberadaan air conditioner merupakan salah satu komponen dari mobil yang cukup vital keberadaannya.

Pentingnya Melakukan Service AC Mobil Panas

Service AC Mobil Panas

Lalu, kapan sebaiknya Anda melakukan service ac mobil panas? Sebenarnya, ada banyak sekali gejala gejala yang biasanya muncul ketika air conditioner mobil Anda mengalami masalah dan harus segera Anda perbaiki dengan melakukan service ac mobil panas. Salah satunya adalah ketika Anda sedang berkendara Ansa merasakan air conditioner mobil Anda hanya mengeluarkan angin, hal ini akan semakin parah jika udara yang keluar dari air conditioner mobil malah udara yang panas. Tentu, hal tersebut akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman ketika berkendara, apalagi jika cuaca saat itu sedang sangat terik pasti hal tersebut akan sangat menyebalkan.

Selain itu, tanda tanda lain yang bisa Anda ketahui untuk segera melakukan service ac mobil panas adalah walapun suhu air conditioner mobil yang sudah Anda atur berada pada suhu paling dingin sekalipun, tetapi udara dingin yang dikeluarkan tidak akan begitu terasa. Maka sebaiknya Anda patut untuk mecurigainya dan segera lakukan pengecekan dengan service ac mobil panas. Lalu, apakah yang menyebabkan air conditioner mobil Anda terasa panas? Berikut adalah beberapa gejala yang biasanya terjadi sehingga menyebabkan air conditioner mobil mengalami kerusakan sehingga harus melakukan service ac mobil panas, yaitu:

  1. Freon Mobil Habis

Ketika para pengguna kendaraan bermobil yang mengalami kondisi di mana air conditioner mobil mereka mengalami masalah seperti udara yang dikeluarkan air conditioner mobil terasa panas atau tidak dingin sehingga mobil Anda memerlukan service ac mobil panas, biasanya hal pertama yang terpikirkan ketika hal ini terjadi adalah adanya masalah pada freon mobil. Masalah pada freon tersebut biasanya terjadi karena freon mobil sudah habis. Mungkin untuk sebagian pengguna mobil ada yang beluk mengetahui secara pasti sebenarnya apa fungsi dari freon, sebenarnya freon merupakan sebuah bahan yang nantinya akan digunakan sebagai alat untuk memindahkan panas dari udara yang akan dihembuskan ke dalam kabil mobil, bisa dikatakan fungsi dari freon ini cukup vital untuk mobil dan membutuhkan akan sangat berbahaya jika service ac mobil panas.

Karena freon akan mendinginkan udara yang mana udara tersebut nantinya akan dihembuskan ke kabin mobil melalui suhu dingin yang dipunyai oleh freon. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa udara sejuk yang keluar dari air conditioner mobil itu karena freon yang memiliki temperatur dingin, maka dari itu kalau volume dari freon ini kurang dapat menyebabkan udara panas yang akan dihembuskan ke kabin akan mengalami penurunan juga. Hal ini lah yang menjadi alasan kenapa ketika melakukan service ac mobil panas biasanya mekanik akan melakukan pengecekan pada freon mobil Anda terlebih dahulu.

Kalau terjadi masalah pada freon dan Anda tidak segera melakukan service ac mobil panas, hal ini dapat mengakibatkan freon mobil lama kelamaan bisa habis karena freon merupakan gas yang dapat menguap dengan mudah. Maka dari itu, kalau ada kebocoran disaluran air conditioner mobil Anda walau hanya sedikit saja, hal ini bisa membuat freon yang ada di dalam sistem ac mobil menguap dengan cepat. Ketika freon yang ada pada sistem air conditioner mobil ini sudah habis, ini akan membuat tidak adanya lagi yang akan menyerap panas sehingga ketika Anda menyalakan ac mobil Anda hanya akan merasakan panas karena blower mobil hanya menghembuskan udara yang ada di luar mobil masuk ke dalam kabin tanpa proses pendinginan terlebih dahulu.

Tentu, hal ini akan sangat menyebalkan apalagi terjadi saat cuaca sedang sangat panas. Oleh karena itu segera lakukan service ac mobil panas jika hal ini terjadi.

  1. Kondresor Mobil yang Kotor

Ketika Anda melakukan service ac mobil panas, salah satu komponen yang tidak akan dilewatkan saat pengecekan adalah kondresor. Akan tetapi, Anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja dari komponen dalam sistem air conditioner mobil ini sebelum Anda akan membersihkannya. Secara umum, kondresor merupakan salah satu bagian dari sistem air conditioner mobil yang memiliki tugas untuk membuang suhu panas yang mana suhu ini di lepaskan oleh kompresor.

Oleh karena itu, kalau sampai bagian komponen dari sistem air conditioner mobil ini kotor maka hal ini bisa membuat udara yang dihasilkan oleh air conditioner mobil tidak akan dingin dan hanya keluar angin saja. Untuk mengatasi hal ini, Anda sebagai pemilik mobil harus rutin membersihkan kotoran menumpuk yang ada dikondresor supaya hal tersebut tidak membuat kondresor mengalami penyumbatan. Tetapi, Anda juga bisa melakukan pembersihkan kotoran yang menyumbat kondresor ini dengan melakukan service ac mobil panas di bengkel kepercayaan Anda, salah satunya di bengkel dokter mobil.

Dibaca Juga:Service Freon AC Mobil Terbaik dan Terpercaya

  1. Kompresor Mobil Rusak

Ketika Anda sudah melakukan pengecekan air conditioner pada mobil dengan melakukan service ac mobil panas dan ternyata kondresor mobil Anda masih bersih, tetapi Anda merasa air conditioner mobil Anda dinginnya masih tidak terasa, maka hal tersebut juga bisa disebabkan karena kompresor. Komponen sistem air conditioner mobil yang satu ini bisa menyebabkan rusaknya pendingin mobil karena kompresor sudah aus maupun rusak. Kalau Anda ingin mengetahui apakah kompresor mobil Anda sudah aus atau mengalami kerusakan, Anda bisa melihat dari ciri sight glass yang memiliki warna hitam.

Kalau ciri tersebut muncul, hal itu berati receiver dryer ataupun expansion valve telah tersumbat oleh kotoran.

Demikianlah ulasan mengenai service ac mobil panas yang harus segera Anda lakukan jika Anda merasa sistem pendingin di dalam mobil Anda sudah tidak terasa dinginnya atau malah cenderung terasa panas. Untuk melakukan service ac mobil panas ini, cobalah untuk memperbaiki sistem air conditioner mobil Anda di bengkel yang memiliki fasilitas baik dan lengkap, salah satunya adalah di bengkel dokter mobil yang mana bengkel mobil ini merupakan salah satu bengkel mobil terbaik yang sudah banyak dipercaya oleh para pengguna mobil. Selain itu, para teknisi yang ada di bengkel dokter mobil ini merupakan teknisi yang memang sudah memiliki banyak pengalaman serta handal, sehingga Anda tidak perlu ragu ketika melakukan perbaikan mobil disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Simaklah Cara Membersihkan Filter AC Mobil Agar AC Tidak Bau
Manfaat Cuci AC Mobil Untuk Kenyamanan Anda Saat Berkendara
Jadwal Cuci AC Mobil Kesayangan Anda
Memilih Oli Mobil Sport Terbaik
Kualitas Oli Mobil Jepang Terbaik