New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Tanda Mesin Sudah Overhaul

Wajib Kenali Tanda-Tanda Mesin Mobil Anda Sudah Overhaul

Inilah tanda-tanda mesin sudah overhaul yang jarang disadari oelh pengguna mobil. Dalam istilah bahasa bengkel lebih dikenal turun mesin. Overhaul mesin dilakukan apabila mesin atau komponen transmisi mengalami kerusakan berat.

Tanda-Tanda Mesin Mobil Anda Sudah Overhaul

Gejala overhaul memang kerap menjadi momok bagi pengguna mobil. Wasapadai jika sudah muncul tanda-tandanya dibawah ini;

1. Keluar asap putih dari knalpot

Tanda pertama ini merupakan yang paling dapat terlihat oleh pemilik mobil atau biasa disebut dengan mesin jebol. Biasanya, knalpot akan mengeluarkan asap berwarna putih. Bau dari asap tersebut juga sangat tidak bersahabat, seperti bau besi terbakar.

Asap putih yang keluar itu rata-rata terjadi karena ada kerusakan di bagian piston dan akan disertai dengan penurunan kinerja mesin. Bahkan, mesin yang jebol tersebut dapat membuat mesin mati secara mendadak dan tidak dapat dihidupkan kembali. Biasanya, mobil tua paling sering mengalami hal ini namun tidak tertutup kemungkinan terjadi pada mobil baru apabila tidak melakukan perawatan berkala.

2. Suhu mesin meningkat

Tanda yang kedua adalah suhu mesin yang terus meningkat walaupun dipacu dalam kecepatan rendah. Dampak dari hal ini adalah overheat, yang akan membuat mesin mobil mati secara mendadak.

Bila ini terjadi pada mobil Anda, jangan langsung menyalakan mobil kembali karena akan membuatnya semakin panas. Lebih baik, perhatikan temperatur mesin terlebih dulu. Diamkan beberapa saat sampai suhu mobil turun ke kondisi normal. Lalu, perhatikan sistem pendingin mobil, overheat biasanya terjadi karena adanya kebocoran pada komponen radiator.

3. Air radiator berkurang

Dampak dari kejadian di atas adalah berkurangnya air radiator secara drastis dan akan menyembur ketika mesin mobil dinyalakan. Untuk mengetahui penyebabnya, Anda harus membawa mobil ke bengkel resmi.

Kurangnya air radiator atau cairan pendingin akan berdampak kepada komponen mesin. Setelah itu, biasanya terdengar suara menggelitik dari mesin yang diakibatkan oleh keausan beberapa komponen, seperti pada ring piston, kepala silinder, dan komponen lainnya.

4. Air radiator berminyak

Selain berkurang secara drastis, mobil yang membutuhkan overhaul juga ditandai dengan air radiator yang berminyak. Hal ini biasanya terjadi karena ada oli yang masuk ke saluran pendingin atau saluran air radiator, atau ada air yang masuk ke dalam ruang kompresi.

Air tersebut akan menimbulkan korosi di sekitar blok kepala silinder. Cara memperbaikinya adalah pemilik mobil harus mengganti silinder head dengan yang baru. Tetapi, jika oli sudah tercampur dengan air radiator, kemungkinan besar mobil harus mengalami overhaul.

5. Terdapat oli di kepala busi

Tanda terakhir adalah adanya oli di kepala busi yang membuatnya selalu basah. Ini menunjukkan bahwa oli sudah mulai masuk ke ruang kompresi sehingga membuatnya terbakar dan membuat kepala busi menjadi hitam.

Bukan hanya sektor mesin dan transmisi saja yang bisa mengalami overhaul, melainkan juga sektor lainnya, seperti gardan, sistem pengereman, dan lain-lain.

Oleh karena itu, biaya overhaul mobil tidak bisa diprediksi secara tepat, kisarannya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Begitu pun dengan pengukuran overhaul dan kapan waktu overhaul yang tepat, itu tergantung dari perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil.

Dimana saya bisa mendapatkan penanganan overhaul secara tepat?

Di Dokter Mobil sebelum melakukan turun mesin, anda dapat meminta estimasi biaya perkiraan, dan estimasi harga secara riil setelah pengecheckan kondisi mobil dilakukan. Anda juga bisa meminta list part-part apa saja di mobil anda yang perlu diganti. Dengan demikian, anda bisa mencocokkan harga service di Dokter Mobil dengan di bengkel lainnya.

Nah, itulah ulasan terkait tanda-tanda mesin overhaul. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!