Bengkel Mobil Terbaik untuk Pemula | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil

Bengkel Mobil Terbaik untuk Pemula

bengkel-mobil-pemula

bengkel-mobil-pemula

Bengkel mobil terbaik untuk pemula sangat berguna bagi seseorang yang baru memiliki mobil tentunya masih sedikit bingung bagaimana seharusnya cara merawat mobil yang benar. Hal ini menyangkut tentang apa saja yang perlu diperhatikan, komponen mobil yang mesti diperiksa dan bagaimana memperbaiki kerusakan ringan yang terjadi.

Perawatan mobil secara rutin dapat meminimalisasi kerusakan, memperpanjang umur mobil, mencegah kerusakan yang lebih besar dan menghemat biaya merawat mobil. Pilihlah hanya bengkel mobil yang sudah dipercaya oleh banyak orang dalam memelihara kendaraan kesayangan Anda. Berikut ini adalah komponen-komponen mobil yang perlu dirawat rutin:

Perawatan Aki Mobil. Paling tidak ada 3 hal yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Ketinggian air aki: pastikan air aki berada pada level yang seharusnya diatas garis terendah dan dibawah garis tertinggi (tanda garis), jangan sampai kekurangan air dan jika kekurangan tambah volume air aki sampai level yang dianjurkan, gunakan air murni (suling) atau air aki
  2. Tegangan aki: pastikan tegangan aki adalah 12 volt, cara cek adalah dengan voltmeter
  3. Kebersihan kutub-kutub: kutub-kutup baik negatif maupun pisitif pada aki sering kotor akibat reaksi kimia, selalu bersihkan jika terlihat kotor agar arus listrik yang disalurkan oleh aki tidak tersendat (berkualitas baik)

Perawatan Oli. Oli mobil memiliki batas penggunaan tertentu, tiap berapa kilometer oli harus diganti. Secara umum oli mesin bisa bertahan sampai 5 ribu sampai 10 ribu kilometer tergantung rute yang dilalui, jika oli terlalu lama tidak diganti maka kotoran-kotoran yang terlarut dalam oli semakin banyak dan tidak ideal dalam melumasi mesin, selain itu jumlah oli juga harus selalu di cek agar mesin tidak kekurangan oli.

Perawatan Radiator. Radiator memiliki fungsi pernting yakni sebagai pendingin mesin mobil, kuantitas air pada radiator menentukan seberapa bagus radiator bisa mendinginkan mesin selain tentunya putaran kipas yang bagus. Air radiator yang kurang dapat menyebabkan pendinginan kurang bagus dan mesin menjadi cepat panas serta kinerja mesin menjadi berkurang. Sebelum perjalanan jauh cek apakah air berkurang, tambahkan sampai penuh.

Perawatan Ban. Perawatan ban mobil sebenarnya cukup mudah yakni dengan menjaga tekanan angin ban dan setelan kaki-kaki mobil yang tepat, ban yang terawat dengan baik bisa memperpanjang umur ban itu sendiri dan ban yang tidak dirawat akan mudah getas dan tidak bisa dipakai.

Lakukan konsultasi yang tepat dengan mekanik kepercayaan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan servis tune up mobil sekaligus pengecekan keseluruhan mesin mobil Anda.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags:

About Author