Cara merawat AC mobil honda anda | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cara merawat AC mobil honda anda

manfaat-service-ac-mobil-secara-berkala

Honda merupakan merk kendaraan asal Jepang yang sekarang ini sudah sangat merakyat di Indonesia. Anda akan melihat produk Honda di motor dan mobil, dengan berbagai variasi jenis produk yang ada. Banyaknya tempat servis dan penjualan spare part juga menjadi alasan kenapa brand ini sangatlah populer.

cara merawat ac mobil honda

Mobil Honda terutama, juga terkenal dengan penggunaan bensinnya yang hemat dan kenyamanannya ketika dikendarai. Apalagi ada jadwal servis ketat yang harus dipatuhi, yang akan membuat kendaraan ini bertahan lama.

Namun tak ada salahnya juga kalau Anda merawat mobil Honda Anda sendiri selain mengandalkan tune up rutin dari bengkel resminya. Apalagi kalau perawatan tersebut berkaitan dengan perawatan untuk AC mobil. Seperti yang Anda tahu, sistem pendingin mobil adalah sistem yang sangat berguna, tapi juga sering mengalami masalah.

Makanya, daripada Anda mengalami kesulitan nantinya dan harus berkendara dengan kondisi mobil yang panas, sebaiknya rawat AC mobil Honda Anda dulu dengan cara berikut ini:

 

  1. Selalu jaga kebersihan di dalam kabin mobil

Unit evaporator untuk AC mobil biasanya ada di bagian bawah dashboard. Unit ini yang fungsinya menghisap udara mobil dan didinginkan. Makanya, evaporator sangat riskan menjadi kotor karena debu dan kotoran di dalam kabin. Rajin-rajinlah bersihkan kabin dan hindari merokok di dalamnya.

  1. Selalu tutup kaca mobil saat AC menyala

Hal ini akan membuat AC Anda jadi lebih efisien dalam bekerja karena tak ada udara panas tambahan yang masuk mobil. Kompresor jadi tak perlu bekerja terlalu keras mempertahankan suhu mobil, dan bensin pun jadi lebih hemat.

  1. Bersihkan kondensor

Kondensor ada di depan radiator persis. Kondensor inilah yang bakal membuang panas ke luar. Kalau kotor, maka proses ini akan terhambat. Jadi semprotkan air sesekali saat mencuci mobil ke permukaan kondensor.

  1. Cari parkiran di tempat teduh

Parkir di tempat teduh mencegah kabin mobil jadi kepanasan, sehingga kompresor tak perlu bekerja lebih lama. Karena tak perlu bekerja terlalu keras, maka umur sistem AC juga jadi lebih panjang.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan AC saat Anda tune up atau servis rutin.

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *