Fungsi Thermostat Pada Komponen dan Sistem Kerja AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Fungsi Thermostat Pada Komponen dan Sistem Kerja AC Mobil

fungsi-thermostat-pada-komponen-dan-sistem-kerja-ac-mobil

fungsi-thermostat-pada-komponen-dan-sistem-kerja-ac-mobil

Beberapa orang yang bekerja di industri tentu saja sudah tak heran denga istilah thermostat. Benda yang satu ini memiliki fungsi untuk mengatur dan menjaga temperatur sebuah mesin agar tetap stabil. Tidak hanya industri saja yang memiliki thermostat. Sistem kerja AC mobil ternyata juga memilikinya. Fungsi thermostat pada sistem kerja AC ini ternyata juga sama dengan fungsi thermostat pada mesin industri. Bedanya hanya terletak pada ukuran dan penempatan saja. Bagaimana cara kerja thermostat yang satu ini pada mobil?

Cara kerja thermostat ini sebenarnya sangat sederhana. Saat pertama kali mesin dinyalakan, thermostat bisa langsung mendeteksi panas yang ada pada mesin. Jika sudah terdeteksi oleh mesin, maka tak lama kemudian sirkulasi yang ada pada mesin bisa membuat pompa air menyemprotka air untuk menjaga kestabila suhu dari mesin tersebut. Sederhana sekali bukan? Akan tetapi sayangnya tak banyak orang mengetahui tentang cara kerja thermostat yang satu ini.

Thermostat pada mobil ini sering kali tidak menunjukkan tanda apabila mengalami kerusakan. Tetapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mendeteksi apakah thermostat tersebut masih bagus ataukah sudah rusak. Beberapa cara yang bisa digunakan antara lain:

  • Pertama, ikat thermostat dengan seutas benang terlebih dahulu.
  • Kemudian didihkan air pada sebuah panci. Volume air juga secukupnya saja. Tepenting adalah bisa merendam thermostat yang akan diperiksa fungsinya.
  • Setelah mendidih masukkan thermostat ke dalamnya. Lalu amati secara seksama.
  • Jika thermostat masih memiliki fungsi yang bagus, tutupnya akan membuka dengan sendirinya. Berbeda jika thermostat tersebut sudah rusak. Bisa dipastikan jika tutupnya tidak akan membuka kembali.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi apakah sebuah thermostat mobil masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Jadi dengan mengetahui cara diatas, Anda bisa lebih bisa membedakan apakah yang terjadi kerusakan adalah thermostat atau waterpump. Wajar saja karena keduanya menimbulkan tanda yang hampir sama. Jika yang mengalami kerusakan adalah waterpump, sering kali terdengar suara tertentu apabila mesin sedang dijalankan. Jika waterpump sudah menimbulkan bunyi yang demikian, solusinya tentu saja dengan melakukan penggantian waterpump. Perlu diketahui saja jika waterpump tidak dapat diperbaiki apabila sudah mengalami kerusakan.

Bagaimana jika thermostat dan keadaan waterpump masih baik-baik saja? Apakah ada kemungkinan jika komponen mobil yang lain mengalami kerusakan? Bisa jadi begitu. Jika kedua komponen ini masih baik, bisa diprediksi jika radiator pada mobil sudah tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Ketidakfungsian radiator mobil ini bisa disebabkan oleh penyumbatan saluran air yang terdapat pada radiator. Untuk mengatasi hal yang demikian tentu saja Anda harus membawanya ke bengkel mobil terbaik.

Untuk menemukan bengkel mobil terbaik sekarang ini juga mudah. Salah satu bengkel mobil terbaik yang direkomendasikan untuk Anda adalah Dokter Mobil. Bengkel yang memiliki lokasi di kawasan Jakarta Utara ini ternyata memiliki kemampuan yang sangat baik dalam memberikan pelayanan khususnya untuk perbaikan sistem AC pada mobil. Selain itu jika Anda memakan jasa Dokter Mobil, Anda juga tak perlu repot untuk mencari komponen yang hendak diganti. Biaya servis dan penggantian komponen di bengkel ini juga sangat terjangkau. Jadi segera saja ke Dokter Mobil agar segala kerusakan mobil kesayangan Anda bisa teratasi dengan baik. Demikian informasi ini dan semoga bisa membantu Anda yang sedang bingung untuk mencari bengkel mobil terbaik.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , ,

About Author