Perhatikan Hal Berikut Sebelum ke Bengkel AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Perhatikan Hal Berikut Sebelum ke Bengkel AC Mobil

perhatikan-hal-berikut-sebelum-ke-bengkel-ac-mobil

perhatikan-hal-berikut-sebelum-ke-bengkel-ac-mobil

Inilah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum ke bengkel AC mobil. Simak tips berguna dari Dokter Mobil, bengkel service AC tanpa bongkar. AC mobil memang dibuat sebagai komponen penting memenuhi fitur kenyamanan pengemudi dan penumpang. Berkat AC kabin akan terasa lebih sejuk ketika suhu udara di luar kendaraan meningkat. Bahkan ketika di luar kendaraan turun hujan, AC tidak kalah penting berguna untuk membuat kaca tetap jelas tidak berkabut.

Beberapa pengendara mungkin sering mengeluhkan AC mobil yang bermasalah misalnya mengeluarkan bau apek kurang sedap, atau masalah paling umum yaitu udara dari AC kurang dingin. Sebelum membawa ke bengkel AC mobil, simak sejumlah masalah penyebab AC mobil yang kurang dingin sebagai berikut:

  • Kerusakan pada komponen kompresor. Umumnya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin dimana terletak kompresor AC.
  • Kebocoran pada selang atau pipa AC, evaporator, ataupun kondensor yang biasanya disebabkan oleh usia, pemakaian suku cadang yang kurang baik atau tidak original.

AC Mobil Mengeluarkan Bau

Jika memang Anda mendapati AC mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap, mungkin ada beberapa hal di bawah ini sebagai penyebabnya.

  • Penggunaan produk pengharum mobil yang asal-asalan. Bahan yang digunakan pengharum yang tersebut cenderung berkualitas rendah, sehingga justru dapat mengotori evaporator dan sulit untuk dibersihkan.
  • Sering berkendara dengan kondisi jendela terbuka, penggunaan sendal dan sepatu yang kotor saat naik mobil dan sebagainya dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan debu yang terdapat dalam kabin. Kotoran dan debu tersebut yang kemudian menempel di evaporator dan menjadi penyebab tumbuh suburnya jamur penyebab bau apek dan kurang sedap.
  • Asap rokok yang mengandung nikotin dapat menjadi lengket pada evaporator hingga menimbulkan lendir.

AC Mobil Tidak Dingin

Kemungkinan masalah yang paling banyak dikeluhkan pemilik mobil. Sebenarnya, yang perlu Anda ketahui freon tidak akan habis untuk waktu yang lama. Jika sampai freon habis, itu berarti terdapat kerusakan atau kebocoran pada sistem pendingin kendaraan. Perlu diperiksa lebih lanjut masalah atau kerusakan sebelum mengisi ulang freon.

  • Rutin bersihkan kabin dari kotoran dan debu, khususnya pada karpet bagian depan
  • Jangan merokok atauun mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi dalam kondisi AC mobil menyala
  • Apabila menyalakan mobil pastikan posisi AC dalam kondisi mati. Tunggu hingga kerja mesin stabil baru kemudian menyalakan AC
  • Rutin bersihkan kondensor saat Anda mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan karat dan kebocoran.

Itulah sedikit tips yang perlu diperhatikan sebelum membawa kendaraan Anda ke bengkel AC mobil. Jika keadaan AC sudah tidak baik memang sebaiknya langsung diperbaiki oleh mekanik terpercaya.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author