Tips Bengkel Cara Merawat AC Mobil agar Tahan Lama | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Tips Bengkel Cara Merawat AC Mobil agar Tahan Lama

tips-merawat-ac-mobil-tahan-lama

tips-merawat-ac-mobil-tahan-lama

Inilah tips bengkel cara merawat AC mobil agar tahan lama. Dokter Mobil akan memberikan informasi apa saja yang harus Anda perhatikan agar AC mobil awet. AC (air conditioner) pada sebuah kendaraan roda empat alias mobil memang sangat penting manfaatnya terutama di daerah perkotaan yang kondisi jalanannya sering macet dan cuaca juga sangat panas dan berdebu. Tentunya Anda tidak mau membuka jendela lebar yang justru akan membuat polusi memasuki kabin mobil.

Cara penggunaan AC pun perlu diperhatikan agar AC tersebut tidak mudah rusak hanya karena kurang perawatan, berikut ini dapat membantu anda melakukan perawatan AC agar lebih awet dan tahan lama.

Ini dia tips bengkel cara merawat AC mobil agar tahan lama

Pertama. Jagalah kebersihan kabin dari debu dan berbagai kotoran. Fokus kebersihan pada lembar karpet di kabin depan karena mudah tersedot kedalam evaporator, sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan. Jenis spora tersebut juga dapat menimbulkan bau yang tidak enak saat pertama kali AC dihidupkan.

Kedua.Pada saat mencuci mobil, diharuskan membuka kap mesin dan semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor AC yang biasanya terletak di depan radiator.Kotoran atau debu yang menempel jika dibiarkan akan mengeras bisa berakibat korosi atau keropos sehingga terjadi bocor pada bagian kondensor.

Ketiga. Usahakan selalu memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu cukup lama. Di tempat panas biasanya saat pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Tidak hanya itu, beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

Keempat.Jangan lupa untuk selalu memeriksa kipas yang terletak didepan kondesor pada saat kondisi AC dihidupkan. Bila tidak menyala, maka harus segera diganti karena dapat mengakibatkan kompreso rusak atau selang tekanan tinggi bisa meledak.

Kelima. Sebaiknya jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya. Jika AC terlalu dibebani, akan menyebabkan komponennya cepat panas sehingga menyebabkan rusak.

Keenam.Lakukan perawatan rutin maksimal sebulan sekali dengan cara membersihkan kerak, karat, debu, kotoran, serta minyak pada sirip-sirip AC dengan megunakan pembersih yang baik dan diformulasikan secara khusus.

Ketujuh. Biasakan sebelum menghidupkan mesin selalu matikan AC telebih dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitu juga sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu jika hendak mematikan mesin.

Selain melakukan perawatan sendiri, bawa kendaraan ke bengkel AC Mobil secara teratur. Hal tersebut bertujuan dalam pemeriksaan komponen AC lainnya sehingga lebih awet dan membuat udara di dalam mobil semakin segar.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author