4 Cara Mengatasi AC Mobil Bermasalah | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

4 Cara Mengatasi AC Mobil Bermasalah

tips-mengenali-kerusakan-pada-ac-mobil

tips-mengenali-kerusakan-pada-ac-mobil

Inilah 4 cara mengatasi AC mobil bermasalah. Kebanyakan pemilik mobil tidak terlalu mengetahui penyebab AC mobil menjadi tidak dingin lagi terutama ketika dinyalakan pada siang hari. AC mobil memang terkadang mengalami kendala, meski penggunaannya sudah sesuai menurut Anda. Padahal, AC mobil terbilang penting untuk digunakan baik cuaca panas ataupun dingin sebagai pengatur suhu. Sebelum dibawa ke bengkel, ketahui cara mengatasi AC mobil tidak dingin berikut ini.

Berikut ini beberapa jenis kerusakan dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin yang patut Anda ketahui di antaranya:

  1. AC dinyalakan tapi tidak dingin

Penyebab AC tidak dingin sendiri memiliki berbagai kemungkinan seperti adanya kerusakan pada kompresor, magnetic clutch, sekring, penyumbatan pada filter dryer, dan evaporator. Cobalah untuk periksa bagian sekring atau fuse, kemudian periksa tekanan bagian pendingin atau refigerant untuk mengecek kebocoran. Jika terjadi kebocoran, maka Anda bisa mengetahui lokasi kebocoran dan segera diperbaiki. Kemudian Anda bisa melakukan vacuum kemudian tambah oli, lalu isi lagi menggunakan refrigerant baru.

  1. Switch AC dengan kondisi ON, blower tidak hidup

Jika Anda menjumpai kasus switch AC ON tapi blower tidak hidup, maka Anda bisa melakukan perbaikan pada AC mobil tidak dingin di siang hari dengan memeriksa bagian komponen dari motor blower yang terdapat pada evaporator. Apabila terjadi kerusakan maka Anda bisa memperbaiki atau mengganti bagian motor blower evaporator tersebut di bengkel AC mobil langganan.

  1. Udara yang dikeluarkan AC Mobil kurang dingin

Perkiraan penyebabnya ada pada kondensor, thermostat, maupun evaporator yang mengalami kebocoran. Segera periksa kondisi thermostat dan memeriksa bagian stelat. Apabila tidak berfungsi, maka Anda bisa mengganti bagian ini. Di samping itu, lihat bagian kondensor apakah tertutup oleh benda lain ataukah tidak. Hal ini bisa saja terjadi karena benda lain seperti plastik bisa menyebabkan kondensor tidak maksimal melepaskan kalor pendingin berasal dari kompresor.

  1. Kipas kondensor tidak berfungsi

Kondensor AC pada mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya akan mengakibatkan AC mobil menjadi tidak dingin. Cobalah untuk periksa bagian memeriksa bagian sekring, kabel, konektor elektrik blower, dan socket kabel. Apabila ada yang rusak maka harus segera memperbaikinya. Selain itu Anda juga bisa memeriksa bagian relay pada motor kipas, jika ada kerusakan maka Anda harus mengganti komponen tersebut.

Pastikan jika memang Anda ingin mengecek peranti AC, selalu pahami petunjuk berdasarkan buku manual kendaraan karena masing-masing jenis tentunya memiliki susunan yang berbeda. Ada baiknya untuk percayakan pada ahlinya saja, Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil terpercaya yang direkomendasikan oleh banyak orang. Info lengkap bisa menghubungi (021) 4584 5268.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author