📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Catalytic Converter Bau Gosong, Apa Sebabnya?

Penyebab Catalytic Converter Bau Gosong

Catalytic converter adalah komponen krusial dalam sistem knalpot mobil modern yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh mesin mobil, sehingga mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Namun, terkadang pengguna mobil mengalami masalah dengan catalytic converter bau gosong.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang penyebab catalytic converter bau gosong di mobil dan memberikan berbagai cara efektif untuk mengatasi masalah ini.

Apa itu Catalytic Converter?

Catalytic converter merupakan sebuah perangkat penting yang terletak di dalam sistem knalpot mobil.

Fungsinya adalah untuk mengubah gas-gas berbahaya yang dihasilkan oleh mesin mobil menjadi gas yang lebih aman bagi lingkungan sebelum dilepaskan ke atmosfer.

Catalytic converter bekerja dengan menggunakan bahan kimia katalis untuk mempercepat reaksi kimia yang terjadi di dalamnya, seperti reaksi oksidasi, reduksi, dan hidrolisis.

Penyebab Catalytic Converter Bau Gosong

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan catalytic converter bau gosong di mobil.

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang perlu Anda ketahui:

  1. Overheating

Overheating atau panas berlebih pada catalytic converter dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internalnya dan berkontribusi terhadap bau gosong yang tercium. Overheating dapat terjadi karena beberapa alasan, antara lain:

  • Masalah pada sistem pendingin mesin seperti kebocoran atau kerusakan pada radiator, kipas pendingin, atau termostat.
  • Sensor suhu yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak dapat mengatur suhu secara optimal.
  • Penggunaan bahan bakar berkualitas rendah atau campuran bahan bakar yang tidak tepat.
  1. Kelebihan Bahan Bakar dan Pembakarannya Tidak Sempurna

Penggunaan bahan bakar yang berlebihan atau tidak terbakar sepenuhnya dapat menjadi penyebab lain dari catalytic converter bau gosong.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ketika mesin mobil tidak dapat membakar bahan bakar secara sempurna, maka terjadi pembakaran yang tidak lengkap, menghasilkan emisi berlebih dan bau yang tidak sedap.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Sistem injeksi bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik, seperti injektor yang tersumbat atau tekanan bahan bakar yang tidak optimal.
  • Penggunaan bahan bakar berkualitas rendah atau bahan bakar yang sudah kadaluwarsa.
  • Masalah pada sistem pengapian, seperti busi yang rusak atau jarang diganti.
  1. Kerusakan pada Catalytic Converter

Kerusakan fisik pada catalytic converter juga dapat menjadi penyebab utama catalytic converter bau gosong yang tercium. Beberapa jenis kerusakan yang dapat terjadi meliputi:

  • Retakan atau kerusakan pada monolit (struktur internal) catalytic converter. Monolit yang retak atau rusak dapat menghambat aliran gas dan mengganggu proses katalitik yang seharusnya terjadi, menghasilkan bau gosong.
  • Kontaminasi pada bahan kimia katalis dalam catalytic converter. Jika bahan kimia katalis terkontaminasi oleh bahan bakar atau zat asing lainnya, maka efisiensi kinerja catalytic converter akan menurun, dan catalytic converter bau gosong dapat terjadi.

Baca Juga: Solusi Atasi Catalytic Converter Bermasalah

Cara Mengatasi Bau Gosong pada Catalytic Converter

Jika Anda mengalami masalah dengan catalytic converter bau gosong di mobil, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

  1. Perawatan dan Pemeriksaan Rutin

Melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin pada mobil Anda sangat penting untuk menjaga kinerja optimal catalytic converter.

Pastikan untuk memeriksa sistem knalpot secara berkala, termasuk catalytic converter, dan pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan yang dapat mempengaruhi kinerjanya.

Jika ditemukan kerusakan, segera lakukan perbaikan atau penggantian yang diperlukan.

  1. Penggunaan Bahan Bakar Berkualitas

Gunakanlah bahan bakar berkualitas baik dan pastikan untuk mengisi tangki mobil Anda di tempat yang terpercaya.

Hindari menggunakan bahan bakar yang sudah kadaluwarsa atau mengandung kotoran. Bahan bakar berkualitas rendah dapat meningkatkan risiko pembakaran tidak sempurna, menghasilkan emisi berlebih, dan menyebabkan bau gosong pada catalytic converter.

  1. Perbaikan atau Penggantian Catalytic Converter yang Rusak

Jika catalytic converter mengalami kerusakan fisik yang parah, seperti retakan atau kerusakan pada monolit, sebaiknya lakukan perbaikan atau penggantian segera.

Dalam hal ini, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik terpercaya yang memiliki pengalaman dalam menangani catalytic converter.

Mereka dapat memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi dan jenis kerusakan yang terjadi.

  1. Perhatikan Sistem Pendingin Mesin

Pastikan sistem pendingin mesin berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah yang dapat menyebabkan overheating pada catalytic converter.

Periksa keadaan radiator, kipas pendingin, termostat, dan cairan pendingin secara berkala.

Jika ditemukan masalah, segera lakukan perbaikan atau penggantian yang diperlukan untuk mencegah overheating dan catalytic converter bau gosong.

  1. Mengurangi Emisi Gas Buang

Untuk mencegah catalytic converter bau gosong, penting untuk mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh mesin mobil.

Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan meliputi:

  • Mengemudi secara efisien dengan menjaga kecepatan konstan dan menghindari akselerasi dan pengereman yang tiba-tiba.
  • Rutin melakukan servis mesin untuk memastikan semua komponen bekerja dengan baik, seperti sistem pengapian, sistem injeksi bahan bakar, dan sistem kontrol emisi.
  • Pastikan mobil Anda dalam kondisi baik dengan melakukan perawatan berkala, termasuk penggantian busi, filter udara, dan filter bahan bakar.

Endapan kerak karbon di berbagai komponen yang terhubung dengan proses pembakaran mesin juga jadi satu penyebab emisi gas buang lebih kotor, menyebabkan muncul bau tak sedap seperti catalytic converter bau gosong.

Nah, salah satu layanan yang cukup ampuh untuk cegah catalytic converter bau gosong karene kerak karbon adalah tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Layanan tune up Jet Clean akan membersihkan seluruh komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, mulai dari tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, hingga catalytic converter.

Seringkali performanya terganggu akibat tumpukan kerak karbon sisa pembakaran, kerak karbon ini akan dibersihkan dan disedot hingga bersih sehingga aktivitas pengapian di ruang mesin jadi lebih lancar dan performa mobil pun semakin optimal.

Soal kualitas tak perlu khawatir, karena Dokter Mobil memiliki peralatan canggih berteknologi tinggi, teknisi yang ahli, serta SOP yang sistematis, sehingga penanganannya bisa sesuai dengan standar.

Kesimpulan

Catalytic converter adalah komponen penting dalam sistem knalpot mobil yang berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang.

Catalytic converter bau gosong dapat disebabkan oleh overheating, kelebihan bahan bakar, atau kerusakan fisik pada komponen tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, perawatan rutin, penggunaan bahan bakar berkualitas, perbaikan catalytic converter yang rusak, dan pengurangan emisi gas buang diperlukan, salah satunya dengan percayakan pada layanan tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Karena apapun masalah mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form